Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 12 Oktober 2018

Manfaat Tak Terduga Air Kayu Manis, Sebagai Imunitas Sampai Sakit Nyeri Sendi

Sehat - Kayu Manis adalah tumbuhan berbentuk pohon yang sering dijadikan sumber rempah-rempah dalam keseharian. Dengan aroma yang khas dan rasa manis bercampur pedas, banyak orang yang menggunakan kayu manis untuk dicampurkan dengan makan untuk mendapatkan tambahan aroma.

Secara umum, daerah Indonesia sangat potensial menghasilkan bermacam-macam jenis pohon dan tanaman, selain itu juga pengaruh iklim tropis di Indonesia, membuat pohon kayu manis dapat tumbuh dengan subur.

Kayu manis diperoleh dengan cara mengelupas kulit yang ada dibagian luarnya serta bagian dalam, selanjutnya akan diproses dengan pengeringan. Bentuk kayu manis saat sudah menjadi kering akan berbentuk bulat dan melingkar.

Diperkirakan pasokan dunia untuk komoditi kayu manis dihasilkan dari Indonesia yang dihasilkan dari propinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Beberapa negara yang rutin menggunakan kayu manis seperti Amerika, Kanada dan Jerman. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam kayu manis dalam kesehatan, diantara untuk  mengobati penyakit radang sendi, gangguan kulit, jantung dan mengatasi perut kembung.

Beberapa masyarakat sering menggunakan kayu manis untuk menghalau semut, sebab aroma yang tersebar dari pohon ini tidak disukai oleh semut. Cara penggunaan kayu manis untuk mengusir semut sangat mudah, cukup taburkan bubuk kayu manis ke tempat masuknya semut, seperti pintu, jendela dan lokasi yang diperkirakan menjadi sumber semut untuk datang.

Beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan


1. Mengatasi gangguan hormonal

Gangguan hormonal yang memicu pembesar ovarium dan kista kecil di tepi luar, dapat diatasi dengan kayu manis. Menurut penelitian yang diterbitkan Jornal Fertility and Sterility, kayu manis berfungsi untuk meredakan resistensi insulin pada wanita.

2.Memperkuat imunitas

Imunitas adalah kemampuan sistem tubuh untuk melawan kuman yang menginfeksi saat masuk pada diri manusia. Manfaat kayu manis yang memiliki kandungan polifenol antioksidan akan memperkuat kesehatan untuk mengatasi gangguan pernapasan dan masalah jantung.

3. Sirklus Bulanan dengan efek kram
Sirklus bulanan yang dialami wanita dengan rasa kram, dapat diatasi dengan kayu manis. Penelitian Pusat Nasional Informatika Bioteknologi menjelaskan minum satu cangkir air kayu manis hangat secara rutin setiap hari, akan meredakan efek kram yang sering terasa saat sirklus.

4. Diet sehat
Kehidupan masyarakat modern yang dipengaruhi dari gaya hidup tidak sehat, dapat memicu kelebihan berat badan berlebihan. Untuk menggurangi peningkatan berat badan yang sulit terkontrol, umumnya akan menggunakan diet untuk menurunkan berat badan. Manfaat kayu manis merupakan salah satu pilihan sehat yang menciptakan rasa kenyang dan menggurangi lapar lebih lama.

5. Mengatasi peradangan sendi
Manfaat lain yang dapat digunakan dengan kayu manis adalah nyeri sendi. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis memperlancar peredaran darah yang tersumbat,  yang semula menjadi penyebab nyeri sendi.

6. Meredakan efek parkinson
Penelitian yang diterbitkan Journal of Neuroimmune Pharmacology menjelaskan, kayu manis dapat dimanfaatkan untuk meredakan efek yang timbul akibat penyakit Parkinson.

Demikian tulisan Manfaat Tak Terduga Air Kayu Manis, Sebagai Imunitas Sampai Sakit Nyeri Sendi. Sebelum menggunakan kayu manis, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

(By: Ada Cara Sehat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar