Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 01 Oktober 2018

Gresik Makin Asik Dengan Oleh-oleh Khas Untuk Anda Bawa Pulang

Gresik tidak jauh dari Ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya dan dikenal sebagai zona yang memiliki potensi pariwisata luar biasa. Jika berkunjung disana, pantai yang terletak di Gresik juga sama indahnya dengan daerah yang berbeda di Indonesia. Ada Karang Kering, Pulau Gili Noko, Danau Kastoba (Pulau Bawean) dan lain-lain yang menjadi tujuan untuk utama Anda untuk destinasi ke Gresik.

Dilansir travelingyuk.com (24/03/2018), selain wisata yang dapat dikunjungi, Anda juga dapat membawa oleh-oleh yang ada di Gresik. Beberapa oleh-oleh yang perlu Anda kunjungi adalah :

1. Otak-otak ikan bandeng

Otak-otak ikan bandeng ini adalah hasil olahan rumah, otak ikan bandeng sangat mainstream dan populer. Rasanya sangat nikmat dan punya citarasa yang mantap, biasanya sebagian masyarakatnya menggunakan Otak-otak ikan bandeng untuk hidangan bersama nasi. Oleh-oleh ini disarankan untuk dibawa pulang, dengan pertimbangan jika tidak habis selama dalam perjalanan, karena rasanya akan membuat mulut tidak akan diam untuk mengambil lagi. Area untuk pembelian Otak-otak ikan bandeng yang enak adalah Toko oleh-oleh Bu Muzanah Store.

2. Jubung

Untuk makanan camilan khas Garut memiliki dodol, Gresik memiliki hal sama namun bukan dodol. Namanya adalah Jubung yang diproduksi menggunakan ketan hitam diisi dengan biji wijen. Keunikannya terletak pada bundlingnya menggunakan daun pisang muda yang ditenun menjadi tempat kecil. Anda bisa datang ke Toko Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon.

3. Bongolan

Gaya memasak yang berbeda yang bisa dinikamati saat datang ke Gresik adalah bonggolan. Bongolan merupakan makanan yang menggunakan bahan ikan untuk sumber utamanya. Seperti Pempek Palembang, namun diproduksi menggunakan jenis ikan Payus yang masih diidentifikasi dekat dengan bandeng. Unsur-unsur untuk bahan-bahan adalah tepung, bawang, dan ikan payus. Bongolan ini dikukus atau berwarna cokelat seperti wafer jika di goreng. Biasanya area untuk membeli bonggolan ada di Sedayu.

4. Pudak

Pudak di Kota Gresik dikenal sebagai Kota Pudak. Kota Gresik punya pernak-pernik pudak sebagai kue adat yang diproduksi menggunakan tepung beras, sagu, kelapa, dan gula Jawa. Seperti puding manis dan lebih nikmat. Pudak terkenal dengan kekhususannya dari aroma daun pandan. Bungkusan puding disebut ope merupakan lembaran pelepah daun sirih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

5. Kopi Gresik

Bukan hanya gigitan untuk memanjakan Anda selama berkunjung wisata di Gresik. Gresik juga punya andalan dan memiliki sumbangan luar biasa dari kopi. Rasa yang tidak sama dengan yang lain, kopi Gresik satu ini sangat sarankan untuk dibawa pulang, terlebih jika Anda penikmat kopi sejati.

6. Ndog Bader

Ndog Bader adalah telur ikan bader. Ndog Bader ini adalah campuran dari kata "ndog" yang menyiratkan telur dan "bader". Hidangan ini diproduksi menggunakan telur ikan bader dengan rasa yang berbeda akibat perpaduan rempah-rempahnya. Pada saat sudah siap dimakan, makanan ini biasa menjadi lauk sebagai pendamping nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar