Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 14 September 2018

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya

Manifestasi dari usus bocor muncul karena cara gaya hidup jangka panjang dan pola perilaku negatif yang terus-menerus menyerang organ usus. Sistem pencernaan yang rusak dengan terjadinya usus bocor dapat terjadi jika keadaan sistem pencernaan memiliki iritasi ekstrim, ketika ditimbulkan oleh zat-zat yang terdapat dalam makanan, minuman dan dampak ekologis yang buruk yang pada akhirnya dapat membahayakan dinding usus dan wilayah sistem pencernaan.

Penyebab usus bocor

1. Tumor berbahaya

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Tumor dimungkinkan untuk muncul dan terbentuk menjadi berbahaya. Ukuran dan dimensi sepanjang sistem pencernaan dari saluran usus halus yang menjadi saluran pencernaan ke organ internal lainnya, mencapai usus besar.  Secara umum, Kondisi itu disebabkan oleh makanan mengandung penyebab kanker yang memicu pertumbuhan sel, seperti karsinogen. Akhirnya, dari tumor berbahaya di jaringan usus membuat makanan tidak dapat diproses dengan tepat dan menghadapi perkembangan resiko penumpukan hingga menekan, peradangan, dan menimbulkan pendarahan  di saluran pencernaan.

2. Iritasi pada organ pencernaan usus besar

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Konsumsi asupan makanan yang mengandung logam substansial, mikroba, atau yang mengandung partikel kurang baik pada tubuh, menjadi salah satu sumber yang menyebabkan organ internal pada usus besar mengalami peradangan. Kegagalan berikutnya selama jangka panjang, mukosa usus besar akan mengalami pembengkakan dan penipisan dan mudah hancur, hal ini akan menyebabkan gangguan usus bocor.

3. Tipes

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Tipes merupakan penyakit bersumber infeksi organisme salmonella typhi dan paratyphi salmonella yang ditemukan dalam makanan dan minuman yang tidak terjaga kebersihan, selain itu tercemar air yang terdapat kuman dan radikal bebas. Saat mikroorganisme memasuki tubuh, sistem pencernaan dan kemudian menjalar merusak jaringan mukosa usus jika tidak ditangani dengan cepat.  Penyakit tipes merupakan salah satu sumber utama penyebaran gangguan usus bocor yang dianggap sepele oleh banyak individu. Kurangnya pemahaman akan penyakit tipes, sebagian individu sering menganggap penyakit ini hanya gangguan bagian perut saja.

4. Peradangan organ konseptif, iritasi panggul dan masalah hati

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Peradangan bagian organ-organ konseptif, panggul dan masalah hati muncul karena infeksi lapisan peritoncum, membentang ke sistem pencernaan, akan menimbulkan resiko kerusakan usus bocor. Secara umum, penyebab peradangan bagian organ ini bersumber konsumsi makanan dan gaya hidup berlebihan dengan makanan kandungan gula tinggi, berlebihan konsumsi lemak jenuh, minuman keras, dan rokok.

5. Penyumbatan saluran usus halus

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Aliran darah yang tidak lancar yang terjadi dalam waktu panjang, dapat terjadi karena penumpukan, sehingga terjadi penyumbatan di saluran pencernaan usus halus. Hal ini dapat membuat oksigen masuk semakin dikit, hingga dampak yang paling buruk kerusakan sel-sel usus. Kapasitas organ pencernaan usus akhirnya lemah dan membuat keadaan dinding usus rentan mengalami robek dan terjadinya usus bocor.

6. Penyumbatan pada organ pencernaan

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Penumpukan usus besar bermula dari ketidaknormalan saraf usus. Gejala ini membuat kemampuan saluran pencernaan otot usus mengalami gangguan. Saat usus melakukan gerakan dan membuat makanan menumpuk di lambung bersama kotoran. Percampuran makanan dan kotoran dalam lambung, semakin lama akan terjadi pengerasan hingga mencemari organ dinding usus besar, membuat robek hingga terjadi usus bocor.

7. Usus buntu

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Gangguan usus buntu sering berhubungan dengan usus bocor dengan indikasi  nyeri bagian perut, demam, BAB keluar darah, merasa mual, sering terasa lemas dan berat badan menurun. Usus buntu dapat terjadi karena pola diet, makanan tinggi gula dan konsumsi makanan yang tercemar mikroba.

Beberapa gejala dan tanda usus bocor


  1. Kelelahan dan kelemahan dirasakan tubuh
  2. BAB tidak lancar
  3. Mudah mengalami diare dan mencret
  4. Nyeri sendi dan otot
  5. Gejala perut kembung, buang angin dan sakit perut
  6. Tidak memiliki keinginan makan
  7. Tingkat sensitivitas tinggi
  8. Mudah marah dan tersinggung
  9. Mudah sakit kepala
  10. Mengalami rasa gatal dan ruam kulit
  11. Penurunan kemampuan mengingat

Cara pencegahan usus bocor

1. Mengatur pola makan

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Menyesuaikan rutinitas makan yang proposal berdasarkan anjuran dokter, seperti pemilihan makanan serat tinggi yang banyak terdapat pada buah, sayur dan sereal. Makanan yang sulit di cerna perlu dikurangi dan dihindari, sehingga tubuh lebih mudah melakukan metabolisme dan menghilangkan resiko usus bocor.

2. Suplemen usus

Kenali Usus Bocor - Gejala, Penyebab dan Perawatannya. Suplemen dapat diperoleh di toko obat terdekat, beberapa jenis suplemen yang baik untuk kesehatan usus, diantaranya mengandung vitamin B12, Vitamin D, nistatin dapat memerangi dampak berbahaya dari partikel beracun dan organisme mikroskopis dalam makanan yang telah Anda makan. Suplemen dapat mengamankan dan menjadi pelindung flora usus agar terbebas dari penumpukan makanan dan zat mengandung gula, lemak dan zat glutein.

3. Minuman probiotik

Minuman biotik merupakan hasil unik dari fermentasi, menggunakan bakteri baik yang bertujuan mengamankan dinding usus menjadi makin kuat dan terjaga kebersihan dari penumpukan organisme mikroskopis.

4. Air putih

Air sangat kaya manfaat untuk lambung termasuk kesehatan usus. Air putih dapat menghindari penyumbatan dan memfasilitasi aliran darah dan menyeimbangkan oksigen ke dalam sistem pencernaan usus. Air putih dapat menjaga penumpukan makanan di jaringan usus.

5. Kontrol stres

Tekanan yang ekstrem atau tekanan stres dapat memicu perubahan pikiran terhadap kesehatan. Banyak orang yang mengalami tekanan tidak memahami dan sering melampiaskan ketegangan menggunakan makanan sebagai jawaban. Ini adalah alasan saluran pencernaan usus lebih mudah mengalami iritasi pada individu yang stres. ketika tidak mempertimbangkan jenis makanan yang sehat saat di konsumsi.

Perawatan herbal untuk usus bocor


Perawatan herbal untuk usus bocor dapat menggunakan bahan alami seperti buah-buahan. Bahan-bahan sehat alami yang melindungi dan memperbaiki pembengkakan, peradangan, pendarahan dan melemahkan dinding usus, sehingga resiko usus bocor dapat dihindari.

1. Pisang

Pisang adalah produk alami yang secara efektif diolah oleh organ-organ yang berkaitan dengan lambung dan memperbaiki peradangan di dalam sistem pencernaan usus. Selain itu, pisang dapat mempercepat pendarahan usus yang diakibatkan dinding usus saat melemah.

Makan pisang 2 kali setiap hari atau membuat campuran jus dengan buah lain, seperti pir, pepaya dan mangga dapat membantu memastikan dinding usus menjadi lebih sehat.

2. Kulit manggis

Kulit manggis dapat dikeringkan terlebih dahulu dan merebusnya. Minum air rebusan kulit manggis, 2 kali setiap hari untuk mempercepat perbaikan saluran pencernaan usus yang telah terkontaminasi bakteri dan tingkat gula berlebihan.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak membantu memblokir sel-sel penyakit di saluran pencernaan usus penyebab sel kanker. Rebusan daun sirsak dapat gunakan 2 sampai 3 kali setiap hari sepanjang waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar