Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 18 September 2018

Kebotakan Akibat Rambut Rontok ? Periksa Kemungkinan Kekurangan Vitamin D

Kebotakan Akibat Rambut Rontok - Vitamin D adalah suplemen penting yang bekerja dalam berbagai manfaat nyata untuk tubuh, diantaranya meningkatkan kekebalan, menjaga dan memelihara tulang tetap solid dan melakukan perawatan agar kulit tetap sehat.

Selain memberdayakan perkembangan sel, ternyata manfaat lain dari Vitamin D membuat folikel rambut menjadi baru. Tidak cukupnya nutrisi vitamin D  akan menimbulkan beragam masalah, termasuk kebotakan  hingga kerontokan rambut.


Alasan Vitamin D menyebabkan Kebotakan Akibat Rambut Rontok


Aktivitas vitamin D adalah untuk memperkuat folikel rambut, akibatnya, saat seseorang kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kebotakan dan rambut rontok.

Ada beberapa penelitian yang memberikan bukti saat seorang mengalami nutrisi tidak cukup dengan Vitamin D menyebabkan kebotakan , rambut rontok dan masalah rambut lainnya. Vitamin D menyegarkan folikel rambut untuk berkembang, saat tubuh kekurangan vitamin D akan memberi hambatan untuk pertumbuhan rambut sehingga menyebabkan Kebotakan Akibat Rambut Rontok.

Penelitian menunjukkan saat individu dengan alopecia areata mempunyai kadar vitamin D yang jauh lebih rendah daripada individu yang tidak memiliki alopecia.

Tidak cukupnya vitamin D dianggap sebagai sebab utama rambut rontok dan kebotakan pada individu tanpa alopecia. Penyelidikan yang berbeda telah menunjukkan, wanita mengalami kebotakan  juga diketahui memiliki lebih rendah kadar vitamin D .

Folikel rambut adalah pori  rambut baru berkembang. Folikel baru memungkinkan rambut menjaga ketebalan dan mencegah rambut rontok sebelum masanya. Pada saat  vitamin D tubuh tidak sesuai, perkembangan rambut dapat terhalang dan membuat Kebotakan Akibat Rambut Rontok.

Tanda dan gejala Orang Kekurangan vitamin D


Individu saat mengalami kekurangan vitamin D mungkin tidak menunjukkan tanda dan gejala yang pasti.  Dengan demikian, cukup sulit untuk memahami bahwa seorang tidak mencukupi nutrisi untuk kebutuhan tubuhnya dengan vitamin D,  jika Anda tidak diperiksa secara khusus oleh seorang spesialis.

Tanda dan gejala Umum kekurangan vitamin D adalah:


  1. keadaan pikiran berubah, termasuk kekesalan atau kegelisahan
  2. proses penyembuhan dan memperbaiki cedera sangat lama
  3. kehilangan tulang yang dikategori padat
  4. Merasa otot lemah
  5. hipertensi
  6. kelelahan
  7. tingkat kesuburan menurun
  8. daya tahan tubuh yang berkurang

Beberapa sebab seorang kekurangan vitamin D


Tidak mendapat sinar matahari atau kekurangan dalam nutrisi tinggi vitamin D adalah alasan paling sering terjadi pada banyak orang. Meskipun demikian, sebagian orang akan mengalami kekurangan vitamin D karena kondisi tertentu, diantaranya  penyakit Crohn atau penyakit Celiac, yang membuat tubuh mebolak untuk mengambil nutrisi secara utuh.

Obat-obatan tertentu dapat juga membuat tubuh memisahkan vitamin D sebelum digunakan.

Vitamin D dapat diperoleh dari:


1. Sinar matahari 

Kebotakan Akibat Rambut Rontok - Banyak orang yang memperoleh vitamin D yang sebagian besar berjemur di bawah sinar matahari. Tanpa memerlukan waktu yang lama  di bawah sinar matahari atau kebiasaan menggunakan   tabir surya berlebihan  membatasi  dan menyebabkan kekurangan vitamin D.

Dengan 5 - 15 menit di bawah sinar matahari tanpa   menggunakan sunscreen, sangat berguna untuk memperoleh vitamin D secara gratis.

Untuk wilayah Indonesia, waktu berjemur yang baik adalah dari jam 10 pagi hingga 2 siang.

2. Makanan kaya akan vitamin D

Kebotakan Akibat Rambut Rontok - Beberapa makanan biasanya kaya dengan suplemen. Ikan salmon, dan ikan laut lainnya, minyak ikan cod, dan lemak hewani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar