Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 11 September 2018

Cara Membersihkan Panci Gosong Tanpa Repot

 Masalah yang secara teratur muncul dan banyak menjadi keluhan ibu rumah tangga saat memasak, adalah panci dan wajan gosong setelah digunakan. Tidak jarang panci dan wajan di bagian luar lapisan menghitam dan mengalami perubahan warna sehubungan dengan memasak menggunakan api kompor. Pendekatan terbaik cara membersihkan panci dan wajan gosong, dapat dimulai dengan memahami masalah, apakah tanda hitam terjadi secara khusus di permukaan wajan atau gosong lapisan luar akibat sisa makanan tersisa dan menempel di bagian luarnya.

Untuk mendorong Anda mendapatkan cara membersihkan panci dan wajan yang gosong, tulisan berikut memisahkannya menjadi suatu pendekatan untuk membersihkan bagian luarnya dan membersihkan lapisan sisa makanan yang menempel di panci.

Cara membersihkan panci dan wajan


Menempelnya makanan dibagian wajan dan panci, karena terkena panas akibat digunakan saat memasak, secara tidak langsung memberikan pengaruh pada lapisan menjadi lamban untuk panas.

Ketika hal ini terjadi, Anda perlu untuk langsung menangani panci dan wajan setelah digunakan. Cara konvensional yang dilakukan orang tua kita secara teratur, ternyata berhasil dalam mengevakuasi kotoran dan menghilangkan kerak.

Jauhkan menggunakan cara membersihkan panci dan wajan yang gosong dengan benda logam, misalnya memakai sendok atau pisau tanpa melembutkan lapisan luar terlebih dahulu.

Setelah melihat wajan berkerak, isilah dengan air hingga bagian berkerak terendam. Kembalikan wajan ke api kecil di atas kompor hingga air mendidih. Saat air sudah mendidik, gunakan sendok kayu untuk mengupas kulit yang menempel di bagian wajan dan panci secara bertahap dan tanpa memaksa menghilangkan lapisan masih keras. Lakukan sampai kerak bagian luarnya benar-benar hilang.

Bahan alami cara membersihkan panci dan wajan yang berkerak


Air mendidih, cuka dan menyiapkan bubuk soda dapat membantu melelehkan lapisan kerak yang menempel di panci dan wajan. wajan. Segera menangani wajan setelah digunakan, pada saat mencuci kembali dengan pembersih dan menghilangkan minyak yang membandel, Anda dapat menggunakan Sunlight Lemon 100, untuk menjaga lapisan luar dan sedimen panci dan wajan tetap bersih.

Cara membersihkan panci dan wajan dari kerak yang mengeras


Didihkan campuran air dan cuka lalu angkat panci dari kompor.
Tambahkan 2 sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci. Gelembung-gelembung udara akan muncul pada dasar panci. Biarkan selama 10 menit.
Gunakan sabut cuci piring untuk menggosok bagian yang berkerak gosong hingga bersih, kemudian cuci seperti biasa.
Cara menghilangkan gosong pada panci
Bercak gosong pada bagian luar panci kebanyakan disebabkan oleh jelaga. Jika jelaga dibiarkan bertumpuk di permukaan panci atau wajan dan tidak segera ditangani maka bercak gosong akan muncul, terutama di permukaan yang bergelombang tidak rata.

Berikut ini cara membersihkan wajan yang hitam dan membersihkan panci gosong:


Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang bisa menampung panci atau wajan yang ingin dibersihkan.
Tambahkan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue ke dalam air panas. Aduk hingga tercampur.
Celupkan panci atau wajan sehingga bagian luarnya yang gosong terendam air. Anda bisa meletakkan pemberat di dalam panci atau wajan agar tidak mengambang.
Biarkan semalaman hingga jelaga membandel melunak.
Cuci dengan sabut spons seperti biasa.

Daripada repot mencari cara membersihkan wajan gosong, Anda lebih baik mencegahnya. Pastikan bagian luar panci dan wajan Anda bersih dan kering sebelum dipakai di atas kompor supaya tidak ada yang terbakar pada permukaannya. Jika terbakar, sisa kuah, saus, minyak goreng, atau air bergula bisa menyebabkan perubahan warna pada bagian luar panci dan wajan. Selalu cuci panci dan wajan luar-dalam dengan sabun cuci piring cair yang mampu melawan minyak, lalu keringkan sebelum dipakai atau disimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar