Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 26 September 2018

Cara Membedakan Penyakit Rematik dan Asam Urat

Sehat | Beberapa dari pembaca, mungkin setiap orang dapat merasakan perbedaan dalam penyakit rematik dan asam urat, namun sebagian lagi masih belum bisa membedakan penyakit asam urat dan rematik. Banyak orang percaya bahwa mereka memiliki penyakit diantara ini, terlepas dari fakta bahwa mereka benar-benar menghadapi asam urat dan sebaliknya., beberapa gejala dan tanda dari kedua kondisi memang sangat persis sama. Ada beberapa perbedaan kadar asam urat dengan penyakit rematik.
Cara Membedakan Penyakit Rematik dan Asam Urat

Persamaan dari penyakit asam urat dan rematik, mampu menimbulkan nyeri dan rasa sakit yang ditandai pembengkakan dan perubahan warna kemerahan pada persendian. Secara otomatis, penyakit ini akan mengganggu rencana yang sudah tersusun.

Penyakit rematik dikenal sebagai radang sendi rheumatoid. Seseorang yang terserang penyakit rematik akan pembengkakan persendian. Perbedaan dengan asam urat, penyakit ini nyeri sendi yang intens disebabkan oleh penumpukan yang berlebihan kadar asam urat di persendian.

Yang Membedakan Rematik dengan Penyakit Asam Urat 


Perbedaan yang cukup mencolok untuk dirasakan pada jenis penyakit antara rematik dengan asam urat adalah lokasinya. Asam urat terjadi ketika kadar asam urat berkumpul diluar batas normal pada beberapa bagian tubuh, seperti tulang, sendi, dan jaringan tubuh.

Serangan penyakit asam urat muncul secara tiba-tiba dan terasa pada jari kaki dan bagian sendi yang dapat menyerang satu bagian kaki saja atau keduanya. Umumnya tergantung penumpukan kadar asam urat.

Sementara itu, penyakit rematik oleh iritasi konstan untuk sebagian besar persendian di kedua sisi tubuh, dibuntuti juga dengan rasa nyeri dan sendi menjadi kaku. Tubuh seseorang yang terserang rematik dapat diamati dengan pembengkakan, lebih panas di lokasi yang sakit dan menunjukan perubahan warna menjadi kemerahan. Meski demikian, gejala di atas masih dimungkinkan untuk dialami penderita asam urat.

Perbedaan dari penyebab Asam Urat dan Rematik


Penyakit rematik adalah serangan pada sistem kekebalan tubuh yang sebagian besar disebabkan oleh unsur keturunan. Munculnya indikasi rematik tidak jelas diketahui, namun diyakini terkait dengan penyakit virus yang melakukan infeksi pada tubuh atau pola hidup tidak sehat seperti merokok.

Penyakit asam urat terjadi karena asupan makanan. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat menjadi pantang untuk dimakan penderita asam urat seperti makanan yang kaya purin, dari daging, jeroan, kerang, roti gandum, ikan dan gandum.

Perbedaan dari Usia untuk penderita Asam Urat dan Rematik


Kekakuan yang disebabkan penyakit rematik dapat mempengaruhi dan dialami remaja dan orang tua, tapi banyak kemunculan dari penyakit ini lebih dominan pada kelompok usia lebih dari 60 tahun. Penyakit ini lebih khas dikeluhkan pada kaum wanita daripada pria.

Asam urat lebih khas akan dialami pada usia remaja yang tumbuh dewasa dengan berat badan di atas rata-rata dan cenderung obesitas, penyakit asam urat lebih khas untuk dialami oleh kelompok pria akibat kelebihan kadar asam urat,

Sampai sekarang untuk rematik belum mampu di pulih dalam arti kesembuhan, tetapi perawatan yang tepat untuk mengatasi rematik dapat membantu mengurangi efek samping.

Baca juga : Makanan untuk penderita asam urat, Makanan Pantang Asam Urat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar