Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 21 September 2018

Ban Motor Dan Keselamatan

Memperluas tingkat ban menjadi tidak standar akan baik-baik saja, tetapi juga harus fokus pada batas terbesar untuk memperoleh keselamatan. Karena jika pemilik kendaraan menggunakan ban yang terlalu besar, itu cenderung berbahaya bagi pengendara.

Sejujurnya, sama berbahayanya jika Anda menggunakan ban kecil atau biasa disebut ban cacing.

"Hidup pengendara sepeda motor menuju tempat dengan selamat ada di  ujung ban menapak menyentuh bagian aspal," kata Aldrin, punggawa Rumah Ban Motor.

Karena ban sepeda motor terlalu besar atau lebar, ban bergerak ke arah diberikan menjadi tidak nyaman.

"Well, memberikan kendaraan motor dengan ban lebih besar pada kenyataannya hanya untuk tampilan cukup lebar. ban yang berinteraksi dengan aspal menjadi berkurang," kata Aldrin.

"Sama seperti Anda menggunakan ban cacing, hanya sedikit permukaan ban yang terhubung ke aspal jalan. Ini tidak aman, apalagi saat bermanuver karena ban bisa mudah kehilangan cengkraman ke aspal," ucap pria ramah senyum ini.

Karena itu, memperbarui untuk ban perlu perkiraan dalam pertimbangan kenyamanan dan keselamatan.

Untuk jangka waktu berapa pun, mempertimbangkan keistimewaan pelek dan keadaan motor, memperluas ukuran ban masih dapat dimungkinkan.

"Makin besar ukuran ban otomatis diameter total pasti jadi tambah. Hal ini mempengaruhi momen putarnya saat tarikan awal, jadi lebih berat," ujar Aldrin.

Lebih disukai jika melakukan perubahan ban motor dalam ukuran sepeda motor 1 atau 2 level.

"Ada pabrikan yang memberikan ukuran ban minimum. Makanya, upgrade ukuran ban satu atau dua ukuran enggak masalah," Ucap Aldrin.

"Misal sama-sama pelek dengan lebar 3,5 inci, Kawasaki Ninja Mono dikasih ban ukuran 130/70, sedangkan V-ixion hanya dikasih 120/70. Itu karena kemampuan dan kebutuhan setiap motor berbeda," jelas Aldrin.

Semua hal dipertimbangkan, jadi jangan hanya mengejar tampilan. Selain itu hitung keselamatan, kenyamanan dan kapasitas mesin motor.
 Mendesain ulang ukuran ban yang salah membuat tenaga motor lebih tidak bertenaga dan membuat berkendara menjadi berbahaya untuk dikendarai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar