Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 20 Agustus 2018

Tak Disangka, Ada 4 Fakta Menjelaskan Mitos Salah Tentang Mandi Malam Hari

Jika Anda tidak mandi, tubuh Anda dipastikan akan menjadi terasa gerah dan lengket. Meskipun begitu, jika Anda ingin mandi hari ketika hari sudah malam, muncul beberapa anggapan jika mandi malam dapat membuat badan masuk angin. Anda galau memutuskan mandi atau tidak ?


Referensi pihak ketiga

Nasihat seperti " "Cobalah untuk tidak mandi malam, kamu akan sakit." sering Anda dengar dari orang ketika sedang ngumpul bareng. Mungkin juga kalimat larangan ini pernah dikatakan oleh orang tua ketika Anda ingin pergi ke kamar mandi dengan handuk di tangan.

Tidak hanya ada di zaman kita saja kalimat larangan mandi ini terdengar. Ternyata mitos larangan dan penyakit yang disebabkan oleh mandi ketika memasuki malam telah ada sejak orang tua kita masih kecil. Sehingga orang tua sering merespon jika Anda terlihat akan mandi waktu malam.

Sebenarnya ada penjelasan medis tentang perkembangan mitos tentang mandi yang perlu di luruskan. Dalam hal ini, mari kita cari tahu apakah mitos mandi malam tersebut benar menurut dunia kesehatan.

4 Fakta Menjelaskan Mitos Tentang Mandi Malam Hari

1. Mandi Malam Membuat Penyakit Rematik


Fakta

Sejauh ini tidak ada konfirmasi yang dapat membuktikan jika mandi saat malam akan meningkatkan resiko penyakit rematik. Pada umumnya penyakit rematik dan gangguan pada tulang yang nyeri di pengaruhi dari cara gaya hidup individu. Contoh: berapa banyak kita melakukan olahraga, dan kita memanfaatkan sendi. Penyakit rematik dapat di alami pada sendi terutama tulang, sendi otot, dan tulang belakang yang menyebabkan rasa sakit dan rasa nyeri.


Referensi pihak ketiga

2. Mandi Malam Menyebabkan Paru-paru Basah


Fakta

Penyakit paru-paru basah terjadi dari infeksi bakteri dan organisme mikroskopis seperti virus. Paru-paru basah artinya terdapat cairan yang tidak wajar di paru-paru. Dalam hal ini, itu tidak berarti itu disebabkan oleh mandi waktu malam. Pasien dengan paru-paru basah memiliki gejala mengalami kesulitan bernapas, batuk berdahak sampai titik ketika tubuh bergetar akibat menggigil.

3. Mandi Malam Menganggu Metabolisme Tubuh


Fakta

Hal ini harus di lihat dari tanda dan indikasi. Contoh saat Anda mandi malam setelah perjalanan panjang, suhu tubuh belum stabil dan masih terasa panas, tubuh memiliki fisik yang lemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita segera mandi mendadak, pori-pori dalam situasi terbuka dan air akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan hormonal di dalam tubuh. Namun, jika tubuh terasa biasa-biasa saja, pada saat itu tidak ada masalah dengan mandi di malam hari.


Referensi pihak ketiga

4. Mandi Malam Membuat Masuk Angin


Fakta

Bersandar pada keadaan tubuh saat itu dengan penundaan antara aktivitas mandi malam. Pastikan untuk mengenal kondisi tubuh, jika tubuh sangat lelah, sangat bermanfaat bagi kita untuk mendinginkan tubuh kita terlebih dahulu. Masalahnya adalah bahwa jika Anda segera membersihkan diri dengan mandi, urat nadinya beresiko menyempit karena organ-organ dalam tubuh belum stabil. Jadi Anda harus bersantai dulu, setelah tubuh terasa santai tidak ada problem jika Anda mandi di waktu malam.


Referensi pihak ketiga

Dari banyaknya mitos tentang larangan mandi malam hari, inilah keuntungan dari mandi malam yang dapat Anda rasakan.
Tubuh ternyata segar
Tubuh lebih bersih dan penyakit yang disebabkan oleh organisme mikroskopis dapat di cegah.
Mendapat istirahat untuk tidur nyaman yang lebih baik
Pencernaan berjalan dengan baik
Otot berubah menjadi terasa enak
Membuang rasa lelah
Meningkatkan peredaran aliran darah.


Referensi pihak ketiga

Menurut Dokter tentang Mandi Malam


"Mandi malam itu tidak berbahaya dengan cara apa pun. Risiko rematik, paru-paru basah, dan sebagainya hanya mitos. Sehubungan dengan penyakit yang muncul setelah mandi malam, Anda harus melihat tanda dan riwayat kesehatannya. Mungkin saja dia mempunyai riwayat penyakit sebelumnya. Sebelum mandi waktu malam harus dilihat dari keadaan tubuh. Lebih baik jika tubuh cape selesai olahraga, maka perlu membuatnya santai dan suhu tubuh stabil kembali. Setelah agak santai, pada saat itu mandi malam tidak ada masalah. "penjelasan Wieke Dewi Purnama, Sp.A - m.Kes, dari RS Hermina, Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar