Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 05 Agustus 2018

Mengamankan Mobil Dari Tikus Dengan Cara Ampuh

Mengamankan mobil dari gangguan dan pengaruh buruk merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin kondisi mobil selalu terawat dan sehat. Ada banyak resiko yang dapat membuat kendaraan menjadi terganggu, di antaranya pengaruh cuaca, akibat kondisi jalan yang di lalui, cara menggunakan mobil dan gangguan binatang seperti tikus.

Keluhan tikus yang sering masuk ke dalam mobil, mungkin banyak dirasakan pemilik kendaraan, mobil yang sering menjadi lokasi tikus bermalam umumnya ke dalam ruang mesin. Jika tikus sudah masuk ke ruang mesin mobil, kejadian berikut akan terulang kembali hampir tiap malam kedatangan tikus di ruang mesin mobil.

Perlu Anda kenali, tikus yang gemar datang ke mesin mobil selalu ada penyebabnya, di antaranya lahan parkir yang digunakan pemilik mobil dengan memarkirkan mobilnya disembarang tempat. Yang memprihatinkan, ada beberapa orang yang cuek dan tidak tahu kalau mobilnya sudah menjadi sarang tikus sejak lama.

Mengamankan Mobil Dari Tikus Dengan Cara Ampuh 

Tanda mengenali mobil dimasuki tikus


Saat Anda membuka ruangan mesin, terlihat banyak benda yang tidak umum seperti bekas makanan, sisa tulang, kotoran tikus dan aneka daun ada didalam ruang mesin. Selain itu, aroma yang menusuk dan khas ketika membuka kap mesin akan tercium seketika. Mendapati kondisi seperti ini, Anda perlu melakukan pengamanan mobil dengan benar, jika menganggap peristiwa ini suatu yang sepele dapat membuat tikus semakin garang mengigit komponen yang ada di dalam ruang mesin sehingga dapat membuat kejadian fatal.

Tikus sering mengigit benda yang di sukainya


Ada banyak korban yang sering menjadi gigitan tikus yang mudah Anda ketahui. Biasanya banyak kabel, makanan dan plastik selalu di utamakan sebagai targetnya.

Jika tikus telah sekali masuk dalam ruang mesin mobil, Anda perlu memeriksa dengan benar seluruh komponen kabel diruang mesin, meski cukup banyak kabel yang saling terhubung, cara pengamanan kendaraan ini harus dikerjakan dengan cepat. Beberapa kabel dapat terkelupas bisa menimbulkan korsleting listrik saat bersentuhan dengan bodi mobil.

Periksa selang radiator dari kemungkinan bocor, jika menjadi sasaran tikus. Untuk memastikan fungsi radiator masih baik, saat kendaraan start dan pendingin aktif, suhu masih tetap seperti semula.

Jika Anda mendapatkan selang radiator putus atau bocor, pendinginan mesin akan terganggu sehingga mesin bisa menjadi panas. Pada situasi tertentu, bau dan aroma kabin seperti kotoran tikus masuk ke ruang penumpang kabin melalui ventilasi AC. Simak cara mengusir tikus dari kabin mobil.


7 Cara pengamanan mobil mencegah tikus masuk ke ruang mesin.


1. Sebar kapur barus/kamper didalam ruang mesin.
2. Semprotkan cairan anti tikus didalam ruang mesin.
3. Pasang alat ultrasonik pengusir tikus.
4. Pasang lampu LED low voltage didalam ruang mesin.
5. Selalu panaskan mesin mobil tiap hari.
6. Lakukan pembersihan mesin berkala bagian mobil agar tetap bersih dari kotoran dan sisa makanan.
7. Jangan parkir mobil sembarangan.

Merawat kendaraan seperti mobil perlu perhatian yang lebih serius di bandingkan motor, mobil yang punya badan bonsor perlu ditempatkan dalam garasi. Dengan meletakan mobil dalam garasi, selain mengamankan tikus dari kedatangannya, menyimpan mobil dalam garasi juga memberikan keuntungan kendaraan bebas dari pengaruh panas matahari dan terkena hujan secara langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar