Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 02 Agustus 2018

Cara Mengatasi Konflik di Tempat Kerja

Konflik dapat terjadi dimana saja, perbedaan pandangan dan persepsi masing-masing pihak yang ngotot merasa paling benar, menjadi alasan utama pertengkaran terjadi. Seperti dunia pekerjaan yang memerlukan bantuan orang lain, profesi tiap tempat kerja selalu membutuh orang lain untuk berbagai hal. Misalnya Anda mengadakan pertemuan makan bersama dengan rekan kerja, dalam interaksi setiap hari kadang dapat menimbulkan pertengkaran atau konflik antar individu.


Konflik dan perselisihan diantara perbedaan pendapat individu, bisa menjelma menjadi perselisihan dua divisi. Jika tidak ditangani dengan baik, terlebih masing-masing mempertahanan kepentingan masing-masing, hal ini akan membuat suasana tempat kerja menjadi tidak menyenangkan. Setiap konflik yang menimbulkan masalah bisa saja cepat diselesaikan jika kedua pihak yang berselisih punya cara pandang profesional.

Akibat memburuknya konflik dan masalah yang terus terjadi tanpa penyelesaian, dalam waktu tertentu akan berdampak buruk bagi perusahaan. Hal ini akan membuat karyawan lain dapat tertular virus permusuhan, sehingga produktivitas jadi menurun dan pada efeknya pada perusahaan akan menderita kerugian.

Cara Mengatasi Konflik di Tempat Kerja

Tip penting yang perlu Anda ketahui agar konflik tidak meluas


1. Buat aturan jelas dan tegas

Setiap perusahaan dimanapun, tentu mempunyai aturan kerja yang berisi do’s and don’ts bagi karyawan. Namun, terkadang beberapa peraturan perusahaan hanya menyebutkan secara general dan tidak dinyatakan secara detail. Ketika terjadi perselisihan yang tidak terselesaikan, pemimpin harus tegas menjelaskan detail yang boleh dan tidak boleh dilakukan para karyawan. Peraturan yang tidak spesifik dan tidak menyentuh hal pokok dalam perselisihan, dapat menciptakan perkiraan masing-masing individu yang bekerja menyikapi aturan perusahaan.

2. Proaktif

Kondisi tenang dan damai dalam kantor, mungkin saja karena adanya atasan. Pemimpin yang paham tanda-tanda ini, perlu proaktif untuk menanyakan kemungkinan kesulitan dan potensi masalah yang mungkin terjadi antar karyawan atau divisi. Jika telah memahami satu permasalahan, anda bisa membuat cara untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan konflik.

3. Bantu menyelesaikan masalah

Cara mengatasi konflik di tempat kerja, selalu memerlukan campurtangan pihak yang lebih tinggi untuk menyelesaikan perselisihan. Pemimpin perlu menelusuri kebutuhan untuk membuat suasana kerja nyaman, hal penting yang dapat memotivasi karyawan untuk melaksanakan pekerjaannya. Memberikan waktu dengan bicara pada karyawan yang mengalami konflik dari sudut pandang pemimpin akan lebih berwibawa untuk tiap individu dan devisi.

4. Atasi konflik pada waktu yang tepat

Konflik yang terjadi sering tidak harus membuat pemimpin turun tangan untuk membantu menyelesaikannya, berjalannya waktu mungkin saja mereka dapat menyelesaikannya. Beberapa langkah untuk antisipasi konflik individu dan devisi yang tidak selesai, Pemimpin dapat memanggil orang-orang yang bertikai pada waktu dan tempat yang berbeda untuk membicarakan permasalahan yang tengah terjadi. Memahami cara pada pandang dari masing-masing pihak untuk menilai, tentunya akan melahirkan solusi yang terbaik dalam menyelesaikan konflik.

5. Ambil pelajaran dari konflik

Konflik selalu dapat terjadi tanpa di duga, sehingga jarang jika terdapat perusahaan tidak memiliki konflik antar karyawan dan devisi kantor. Pemimpin punya pengalaman yang luas selalu bisa mengambil mendapatkan intisari dari setiap konflik yang terjadi untuk kenyamanan suasana kerja di kantor. Anda bisa mengangkat tema konflik pada saat evaluasi bersama tim. Tanyakan pada diri sendiri dan semua karayawan, pelajaran apa yang bisa diambil dari konflik yang lalu. Bagaimana anda menggunakannya untuk mencegah konflik di masa mendatang. Hal-hal tersebut bisa menjadi modal untuk meningkatkan cara kerja dan juga menciptakan suasana kondusif di kantor.

Kesuksesan sebuah perusahaan selalu berawal dari karyawan, sehingga tidak sedikit banyak kantor selalu memberikan prioritas penting dalam tempat kerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar