Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 22 Agustus 2018

Cara Memandikan Bayi Untuk Ibu Ketahui Ketika Pertama kali Melakukannya

Memandikan Bayi Untuk Ibu Sebagai Pengalaman Pertama

Mengandung 9 bulan di dalam rahim, akhirnya rasa bahagia Bunda secara alami muncul ketika bayi mulai diperkenalkan ke dunia. Memiliki anak adalah hadiah terindah bagi setiap orang tua. Untuk menjaga selalu ada hal baru harus diselesaikan dengan cinta seorang ibu, sehingga ia berkembang tumbuh dengan sempurna. Satu tugas bahagia yang dapat dilakukan sang Ibu adalah memandikan bayi. Terdapat pilihan harus dipikirkan dengan tepat dan efektif saat memandikan tubuh bayi. Cara memandikan baru lahir dalam pengalaman pertama sebagai ibu, dengan tiba-tiba akan menjadi pengalaman yang sangat penting dan perlu kehati-hatian. Ibu membuat ikatan batin langsung dengan beberapa kontak mempengaruhi merasa dekat, dan menyenangkan. Bernyanyi dan selanjutnya berbicara dengan anak adalah titik bagi bayi dengan Ibu. Ibu dijamin mengikuti setiap perkembangan hidup dan percaya bahwa perkembangan kemajuan akan kebanggaan Ibu.



Untuk ibu kemungkinan besar mereka akan merenung, bagaimana cara memandikan bayi? Sejumlah peralatan harus disiapkan untuk memandikan bayi, tidak dapat di disepelekan adalah tersedianya ruang hangat dengan alasan bahwa sama sekali tidak sulit merasa kedinginan, dengan alasan bahwa kulitnya masih tipis dan tak berdaya melawan suhu dingin ketika tersiram air.

Kiat:

Suhu: Berfokuslah pada suhu air untuk memandikan bayi. Cobalah untuk tidak terlalu panas atau terlalu dingin, keistimewaan suhu yang normal sekitar 37 derajat untuk mandi si anak. Jangan lalai dan pastikan Anda mencoba suhu air di telapak tangan. Cara menggunakan air seperti ini, tuangkan air dingin dulu dalam bak khusus mandi bayi, pada saat itu air hangat secara bertahan untuk mendapat suhu yang sesuai.


Waktu: Waktu sesuai tepat digunakan jadwal mandi anak, dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi, jika waktu sore sekitar jam 04:00 hingga jam 5 sore Selama rentang, 5-10 menit dan tidak terlalu lama.

Gunakan beberapa tetes minyak khusus seperti baby oil, siapkan lap atau spon untuk mandi bayi, handuk, perlak, dan sampo rambut dan tubuh khusus mandi bayi. Setelah semuanya disiapkan;

Untuk memulainya, letakkan dasar perlak untuk tubuh, pada titik itu rangkul kepala dengan satu tangan. Cuci seluruh tubuh anak dengan air hangat yang telah disiapkan. Pastikan satu tangan memegang sekitar dasar punggung dan kepala anak, selalu menjaga kepala selalu lebih tinggi dengan permukaan air.

Manfaatkan kain lap atau spon khusus, pada titik itu, gosok bagian rambut dan Tubuh secara bertahap, gunanya membuat kulit bayi tetap halus dan menyenangkan. Lakukan cara memandikan bayi dari belakang telinga, pada titik itu bergerak ke leher, siku, lutut, di antara jari-jari tangan dan kaki. Fokus pada lipatan di bawah lengan, di belakang telinga, di sekitar leher. Ibu dapat menghilangkan ketegangan saat pertama kali melakukan ini sambil bernyanyi sedikit.

Pada titik ketika garis pusar anak belum lepas, gunakan perban kain kasa agar tidak terkena air saat mandi. Dalam hal tidak sengaja tersiram air, Keringkan tali pusar dengan cotton bud atau kasa khusus yang bersih.

Untuk kepala atau daerah rambut, manfaatkan Hair & Body Wash untuk menopang kesehatan rambut bayi, ini dilakukan ketika akhir mandi agar tidak dingin.

Saat ini, ini adalah kesempatan bagus untuk membersihkan area perut bagian bawah dan bagian-bagian pribadi. Cuci dari depan ke belakang. Bersihkan dengan tepat. Panjangkan kaki bayi, pada saat itu bersihkan lipatan di paha di sekitar lokasi pribadi lain.

Keringkan dengan handuk dan jangan sekali-kali mencoba untuk menggosok kulit bayi. Kondisi kulit yang belum kuat semakin beresiko melakukannya seusai mandi.

Pada saat ketika waktu mandi selesai, segeralah menyelubungi anak dengan handuk hangat, menutupi yang diatur sedemikian rupa agar kehangatan menyelimuti tubuhnya. Ibu dapat melakukan ini sambil bernyanyi sedikit, sehingga merasa senang. Saat memandikan bayi sebagai pengalaman pertama Ibu, kemudian berpikir bahwa itu merepotkan dan takut akan sesuatu, minta bantuan individu terdekat untuk ikut serta membantu mandikan anak Anda. Sepanjang proses mandi di lakukan, Ibu dapat mencari tahu penerapan cara memandikan anak secara akurat dan tepat.

Menggunakan Waktu Terbaik Memandikan Bayi

Cara memandikan bayi adalah gerakan yang ditunggu dan menggairahkan oleh beberapa orang tua. Sebab menciptakan situasi aman dan nyaman untuk mandi bayi harus dilakukan dengan benar tanpa kesalahan, karena memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif. Jika Anda baru pertama kali mandikan bayi, ketahui waktu terbaik untuk mandi di artikel ini.

Lebih sering waktu terbaik untuk mandikan bayi adalah menjelang awal pagi hari. Hal ini karena anak Anda dapat dengan cepat dikeringkan di bawah sinar matahari untuk menjaga suhu tubuhnya tetap hangat dan terhindar dari sakit. Semua hal dipertimbangkan, meskipun mandikan si kecil menjelang sore tidak selalu membuat perbedaan. Secara khusus, Anda harus memastikan tidak merasa dingin saat mandi.

Frekuensi Mandi Sehari Untuk Bayi

Fakta yang perlu Bunda tahu tentang baru lahir hingga fisik belum sempurna merangkak, tidak harus mandi berkali-kali secara konsisten untuk satu hari penuh. Kegiatan mandi yang tidak sehat akan membuat kulit bayi Anda mengalami rasa kering dan bisa terganggu kesehatannya. Bunda perlu memahami jika memiliki resiko dua kali lebih besar dan mudah menghadapi masalah kulit, karena itu konsultasi dengan orang tua dan dokter, jika Anda bimbang. Anda harus fokus dan berhati-hati berhadapan dengan kulit bayi, terutama mandi

Ada anggapan jadwal mandi untuk yang baru lahir adalah 3 hingga 4 x untuk 1 minggu selama awal tahun kelahiran bayi. Ini bukan pertunjukan yang kaku untuk Bunda, ibu harus dapat mengubah diri Anda dengan pertimbangan keadaan anak Anda. Mempertimbangkan bahwa Indonesia adalah negara tropis dengan suhu tinggi dan lengket, sehingga ada ungkapan dari sebagian orang tua ketika perlu memandikan anak-anak mereka secara konsisten. Sekali lagi, ini tidak membuat perbedaan dan masalah, yang terpenting adalah Bunda yang belum pernah memandikan perlu mempertimbangkan prinsip hati-hati jika memandikan bayi.

Lupakan sementara perdebatan frekwensi mandi dalam 1 hari. Satu hal penting yang harus dipastikan adalah bahwa tubuh bayi dalam setiap kondisi selalu bersih secara konsisten. Ini harus dimungkinkan dengan sering mengganti popok atau menyeka bagian wajah, tangan, leher dan kaki mereka setiap hari.

Bagian Penting Ketika Memandikan Bayi

Ada beberapa hal yang harus diatur dan dilihat sebelum memandikan bayi baru lahir, termasuk:

Berpantang dari mandikan anak sehabis makan dan menyusui. Lebih cerdas untuk menahan beberapa saat sampai titik, makanan benar mengisi perut bayi. Ini dilakukan untuk melindungi anak Anda dari terlalu penuh saat mandi. Jika perut kenyang, Anda tidak sengaja menekan bagian perut memungkinkan bayi Anda untuk muntah.

Anda seharusnya tidak memandikan anak selama lebih dari 10 menit. Mandi terlalu lama akan bikin tubuh menjadi dingin, selain itu mandi yang lama meningkatkan kondisi kulit bayi kering dan keriput.

Anak-anak yang baru berusia 3 bulan tidak dapat mengontrol suhu tubuh mereka sendiri, sehingga mereka sangat tidak berdaya melawan udara dingin. Dengan cara ini, mandikan anak Anda dengan air hangat (hangat).

Suhu air yang sempurna untuk mandi adalah kisaran 37- 38 derajat Celsius. Anda dapat menguji air dengan menjalankan ujung siku dan jari ke dalam bak khusus pemandian anak. Perlu diketahui, saat itu suhu terasa di siku Anda harus terasa hangat, tidak panas.


Ada kasus khusus untuk tali pusar belum lepas. Bayi yang tali belum lepas, seharusnya tidak mandi.

Jika tali pusar bayi kena air, kemungkinan kontaminasi lebih tinggi memicu infeksi. Bunda bisa menyeka tubuh dengan kain kasa atau kain halus yang di sarankan untuk kesehatan bayi.

Setelah selesai mencuci, Anda dapat menyusui bayi Anda. Mengkoordinir kontak di antara Anda dan akan memengaruhi dia untuk merasa hangat.

Saat ibu terbiasa menyesuaikan desain menyusui dan jam tidur bayi Anda, Anda dapat merancang waktu sesuai memandikan. Itulah alasannya, usahakan untuk melakukan setiap latihan secara rutin. Bayi suka jadwal sehingga mereka dapat mengetahui dan merasakan apa yang akan terjadi dan menjadi terbiasa untuk melakukannya.

Peralatan Yang Diperlukan Untuk Memandikan Bayi


1. Bak Mandi Khusus Bayi

Khusus kondisi lebih muda karena batu lahir, wajib menggunakan bak khusus untuk bayi ketika akan mandi. Ini untuk membuat bayi nyaman ketika mandi dan jelas desain bak mandi tersebut tidak membuat ibu kesulitan untuk memandikan. Karena di ciptakan khusus untuk anatomi tubuh bayi yang baru lahir ketika mandi. Hal penting yang harus diperhatikan saat memilih bak mandi adalah memanfaatkan bahan yang terlindungi dan tidak berbahaya saat disajikan ke air. Demikian juga, ingatlah untuk memilih bahan yang aman alami untuk digunakan dan tidak menyebabkan racun. Karena salah satu bahan yang bisa menjadi pilihan ibu untuk mandi bayi adalah plastik polypropylene.



2. Sabun dan Sampo Pembersih Mandi

Memang sesuatu yang penting harus dipertimbangkan ketika Anda punya keinginan membeli perlengkapan mandi bayi. misalnya, sabun dan sampo. Banyak pengalaman dari ibu yang hebat memilih sabun sampo khusus untuk bayi, memiliki zat yang khas untuk mengendurkan kulit agar tetap lembut dan rambut tubuh bayi selalu sehat.

3. Bedak badan

Bedak untuk badan bayi juga menjadi perhatian penting untuk ibu ketahui. Gunakan bedak khusus bayi dengan pertimbangan serbuk yang beterbangan dan masuk melalui pernapasan, dapat menjadi berbahaya. Jika terhirup berulang kali dan banyak, dapat membahayakan paru-paru dan masalah pernapasan pada bayi Anda. Gejala jika bedak memiliki tingkat bahaya untuk gangguan seperti jantung, kulit, apnea, mata dan tenggorokan, dan masalah sistem sensoris. Hal utama yang harus Bunda perhatikan jika bayi tidak sengaja menghirup banyak bedak adalah segera membawanya dan mengeluarkannya dari ruangan sehingga ia bisa menghirup udara alami dan segera memeriksa kondisi kepada spesialis.

4. Handuk

Peranan handuk untuk keperluan mandi bayi sangat vital. Jika ibu sembarangan menggunakan handuk ketika mengeringkan tubuh, dipastikan air sisa mandi tidak terserap dengan baik. Handuk berkualitas baik adalah dapat mengeringkan tubuh tanpa menggosoknya atau menekannya terlalu keras. Handuk yang memiliki pretensi besar adalah dengan bahan dasar kapas yang dapat menahan air. Hal ini sangat penting karena kulit anak biasanya memiliki kecenderungan lebih tipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar