Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 07 Agustus 2018

Berapa lama masa pemulihan setelah keguguran ?

Setelah persalinan prematur, meskipun kondisi mental ibu yang kehilangan anaknya perlu menjadi perhatian, kondisi fisik juga penting dengan tujuan bahwa ia benar-benar pulih kembali dan kembali mendapatkan kehidupannya. Untuk sebagian besar, kapan seorang wanita dapat dikatakan pulih setelah melahirkan prematur?

"Pada dasarnya itu bergantung pada keadaan ibu. Dalam hal apapun, untuk sebagian besar dibutuhkan sekitar 2 minggu setelah siklus kelahiran yang tidak wajar untuk membangun kembali organ uterus ke semua ukuran menjadi sehat dan sisa darah akibat keguguran harus bersih," kata Dr. Hari Nugroho, SpOG, dalam diskusi dengan detikHealth.

Dokter spesialis yang praktek di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, menegaskan, pada tingkat fundamental jika seorang wanita telah berhenti mengalami pendarahan dan tidak ada keluhan yang lain, masuk akal untuk melakukan tindakan fisik.

"Meskipun begitu, ingatlah bahwa kematangan rahim dapat kembali tanpa ditandai oleh siklus bulan. Jika Anda ingin menunda memiliki lebih banyak anak, cobalah untuk menggunakan kontrasepsi sebelum memilih untuk terlibat dalam hubungan ," pesan Dr. Hari.

Untuk kondisi ibu sepenuhnya memulihkan diri dengan cepat setelah menghadapi persalinan prematur, Dr. Hari menyebutkan tidak ada hal tertentu yang harus dilakukan, terutama yang diidentifikasi dengan makanan dan kegiatan yang boleh di lakukan wanita yang mengalami keguguran. Ia mengatakan hal yang paling penting adalah untuk tetap sehat seperti biasa dan makan makanan bergizi.

Untuk kegiatan fisik dan olahraga, Dr. Hari mengatakan bahwa kekuatan dapat diperluas selangkah demi selangkah setelah dirasakan cukup kuat secara fisik. Pada saat seorang wanita telah keguguran sekali, pada kehamilan berikutnya masih ada bahaya untuk resiko keguguran berulang dalam kelahiran wanita tersebut.

"Dengan kata lain risikonya tidak meningkat. Tapi apabila keguguran berulang lebih atau sama dengan dua kali, kemungkinan anak berikutnya keguguran meningkat drastis. Maka dari itu ada baiknya jika ada riwayat keguguran, di kehamilan selanjutnya lebih dini memeriksakan ke dokter segera setelah terlambat datang bulan dan mengetahui dirinya hamil," pungkas dr Hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar