Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 02 Agustus 2018

8 Gejala dan Tanda Dari Tubuh Saat Anda Kurang Nutrisi

Makanan yang Anda makan merupakan cara utama untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh. Aktivitas dan kegiatan yang dilakukan, tubuh tentunya membutuhkan banyak nutrisi yang di perlukan agar kondisi kesehatan tubuh tetap prima dan berfungsi dengan benar. Dalam tubuh manusia diperkirakan terdapat minimal 60 unsur kimia, kebutuhan cairan, protein, lemak dan mineral yang terdapat dalam tubuh. Ketika salah satu unsur tersebut kurang, Anda dapat merasakan beberapa gejala yang tidak lazim terasa karena kekurangan salah satu dari unsur tersebut.


Mengutip rsud.banglikab.go.id menyebutkan, seseorang perlu mengenali beberapa gejala penting sebagai tanda tubuh mengalami kekurangan nutrisi. Terdapat sinyal yang sering dikirimkan tubuh untuk disadari untuk memberitahukan masalah gangguan kesehatan. Beberapa di antaranya :

8 Gejala dan Tanda Dari Tubuh Saat Anda Kurang Nutrisi

1. Rambut dan kuku mudah patah rapuh

Gejala kekurangan protein dalam tubuh dapat di tandai gejala patah dan rapuh di bagian rambut dan kuku. Protein yang menjadi sumber utama untuk menjaga kekuatan rambut dan kuku , juga digunakan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan tulang, otot, kulit, rambut dan kuku. Tanda dan gejala ringan saat kekurangan protein maka menjadi sering terjadi gejala pada kuku rambut dan kulit, pada hal khusus pengaruhnya dapat menjalar ke tulang jika tidak di cegah.

Cara mengatasi kekurangan nutrisi untuk kebutuhan protein, Anda perlu memulai cara makan yang teratur, asupan yang menjadi sumber utama dan kaya protein seperti daging, kacang-kacangan, buncis, jamur, tahu, gandum dan lain-lain.

2. Kulit kering dan berkerut

Gejala kulit kering dan permukaan wajah timbul kerutan terjadi karena asam lemak esential, terutama omega-6 yang tidak cukup, nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kulit agar terhindar dari kerutan dan penampilan kulit kering. Beberapa akibat lain yang sering di keluhkan saat kekurangan asam lemak esential antara lain kulit sering gatal, kulit tampak pecah, ketombe, rambut rontok, dan mata kering. Cara mengatasi penyebab kulit kering adalah konsumsi ikan berlemak dan gunakan minyak dengan kualitas tinggi.

3. Merasa lelah dan lemah otot

Sering merasa lelah berkepanjangan terjadi jika magnesium tidak tercover dengan benar. Hal yang mudah Anda kenali saat kebutuhan magnesium kurang, ketika Anda bangun tidur namun tubuh masih terasa lelah dan lemah. Meski Anda sudah cukup jam tidur, tanda kelelahan dan kondisi lemah dapat terjadi. Cara mengatasi tubuh mudah lelah, beberapa asupan makanan yang kaya dengan kandungan magnesium seperti almond, kacang tanah, biji labu, biji bunga, matahari, kacang mete dan kakao.

4. Penampilan kulit menjadi pucat dan kusam

Tanda awal yang terlihat saat kulit menjadi pucat dan kusam, hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi selain memperngaruhi kulit menjadi pucat, akibat dari hemoglobin dan sel darah merah yang semakin menurun. Umumnya mereka yang mudah mengalami kulit pucat dan kusam seperti ibu hamil, saat melakukan donor darah, gaya hidup yang menggunakan cara makan buruk, dan vegetarian. Cara mengatasi penampilan kulit pucat dan kusam adalah konsumsi makanan seperti hati, daging merah, bayam, dan brokoli.

5. Sering timbul jerawat dan ruam kulit

Munculnya jerawat dapat disebabkan beberapa penyebab, seperti masa pertumbuhan dan cara perawatan serta kebersihan yang tidak sempurna. Namun, pengaruh tubuh saat mengalami kekurangan zinc menyebabkan masalah usus dan sistem kekebalan, sehingga menyebabkan alergi dan berdampak secara tidak langsung pada kesehatan kulit. Cara mengatasi jerawat dan ruam kulit, Anda perlu asupan makanan seperti tiram, daging sapi, ayam, kacang, buncis, kacang mete, jamur dan bayam.

6. Kenaikan berat badan yang cepat

Mungkin terdengar aneh, ketika Anda mendapati tubuh mengalami pertambahan berat badan yang tidak normal, dapat disebabkan tubuh membutuhkan yodium lebih besar. Komposisi yodium selain di butuhkan tubuh untuk mengontrol proses metabolisme tubuh, dapat membuat proses metabolisme tidak sempurna saat kekurangan yodium. Hal ini membuat tubuh membakar lebih sedikit kalori dan mengakibatkan kelebihan dan penumpukan lemak. Cara mengatasi kenaikan berat badan yang cepat, Anda perlu memperhatikan asupan yodium dari rumput laur, ikan (dari laut), kerang, dan garam beryodium.

7. Gusi berdarah dan luka yang susah sembuh

Tubuh seseorang yang cukup vitamin C, akan bekerja maksimal mengatasi gusi berdarah dan membuat luka cepat sembuh. Jika kondisi gusi berdarah dan luka yang sulit sembuh, Anda perlu memperhatikan tanda dan gejala ini di akibatkan kekurangan vitamin C. Umumnya sosok yang sering mengalami gusi berdarah dan luka sulit sembuh adalah wanita hamil dan ibumenyusui, orang tua dan pemakai tembakau. Cara mengatasi kekurangan vitamin C, Anda perlu asupan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar sebagai menu harian.

8. Depresi

Penyebab depresi dapat terjadi oleh banyak faktor, salah satunya adalah tubuh kekurangan vitamin D. Tingkat depresi akan semakin tinggi jika kondisi masuk musim dingin, terutama jika tubuh kekurangan vitamin D. Beberapa sebab kondisi musim dingin sering menjadi sebab depresi adalah sinar matahari sehat yang kurang untuk tubuh. Cara mengatasi depresi akibat kekurangan vitamin D adalah konsumsi makanan yang kaya sumbernya, seperti salmon, cod liver, sarden, udang, kuning telur, tuna, tiram, dan jamur.

Berbagai penyakit dapat muncul dari banyak akibat, salah satunya adalah kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Jika kondisi dan sakit terjadi berhari-hari, Anda perlu melakukan konsultasi dan berobat ke dokter untuk mengetahui penyebab utamanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar