Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 15 Agustus 2018

5 Tumbuhan Langka Hanya di Indonesia dan Terancam Punah

Indonesia sebagai negara terkenal karena kekayaannya alam dan budaya, telah menjadi surga berbagai jenis tanaman untuk berkembang menjadi subur. Banyak tanaman langka dan hampir punah serta sangat sulit ditemukan, namun hanya di Indonesia mereka menjadi tanaman yang di lindungi. Dari jenis tanaman langka di Indonesia sekali waktu ditemukan untuk periode tertentu dan hanya di Indonesia dapat bertahan hidup.

5 Tanaman Tidak Biasa hanya di Indonesia

1. Bunga Bangkai


Jenis bunga bangkai adalah varian tanaman goliath yang sangat istimewa karena dapat menciptakan bau yang busuk dan menyengat hidung.

Tujuan dari keluarnya bau busuk oleh tanaman ini untuk menyambut serangga bertengger dan membuat lingkaran baru sebagai prosedur pemupukan. Tanaman langka hanya di Indonesia ini berkembang hingga ketinggian mencapai 4 meter, saat berbunga terlihat bagian luarnya putih bersih sementara mahkota merah darah.

Bunga yang bertahan 7 hari saat mekar sampai titik menjadi layu. Proses mekarnya bunga bangkai yang diperkirakan memerlukan waktu 5 tahun sekali adalah habibat dari hutam Sumatera. Untuk melihat bunga bangkai langka ini, Anda dapat melihat juga di Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Bandung.

2. Rafflesia Arnoldii


Rafflesia Arnoldii sangat mirip dengan bunga bangkai memancarkan bau busuk saat sedang mekar.

Tidak mengherankan jika ada sebagian masyarakat sering salah mengatakan nama tanaman ini. Perbedaan Rafflesia Arnoldii dengan bunga bangkai adalah ketinggiannya. Rafflesia Arnoldii yang hanya di Indonesia ini dapat mencapai ketinggian 1 meter dengan berat hingga 10 kilogram.

Proses pertumbuhan yang sangat singkat hingga mekar tanaman langka ini sekitar 9 bulan dengan 7 hari saat mekar dan kemudian layu.

3. Cendana


Cendana adalah pohon yang mempunyai fungsi yang beragam di Indonesia. Kayu cendana dapat digunakan untuk bahan dupa, untuk aroma wangi, aroma terapi, rempah dan sangkur keris. Untuk daya tahan aroma wangi yang berasal dari Cendana dapat bertahan sangat lama.

Pohon ini sangat diakui mampu tumbuh hanya di Indonesia, sayangnya cendana bukanlah tanaman yang mudah untuk dikembangkan sehingga mereka masuk tanaman yang di lindungi karena terancam musnah.

4. Damar


Tanaman damar hanya ada di Indonesia, sebagai pohon getah yang mempunyai jenis batang mencapai tinggi 60 meter. Lokasi pohon damar berkembang hanya di Indonesia seperti Buru, Ternate, Sunda dan area sekitarnya.


5. Kantong Semar


Kantong semar adalah jenis tumbuhan langka dan sangat luar biasa karena menangkap hewan hidup seperti lalat, lebah dan serangga lainnya.


Tanaman yang dapat memakan serangga ini sangat jarang sehingga menjadi tanaman yang di lindungi agar tidak punah. Tanaman yang hanya di Indonesia ini dapat menangkap serangga ketika mereka dewasa.

Hanya di Indonesia yang mememiliki keanekaragaman tanaman dari penjuru dunia dan mudah bertumbuh, sehingga Indonesia sering di sebut paru-paru dunia mengingat wilayahnya sering terkena sinar matahari untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar