Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 11 Agustus 2018

10 Fakta Tentang Kerokan Yang Harus Anda Ketahui

Kata kerokan sekarang dikenali oleh orang pada umumnya untuk pencegahan dan pengobatan penyakit ringan. Dengan menggunakan alat tumpul dan gerakan menyentuh lapisan kulit, biasanya sampai titik munculnya warna merah telah dikenal di Indonesia sejak lama. Alat dan bahan kerokan yang sering digunakan adalah minyak gosok untuk pelumas kulit, benda tumpul untuk mengosok, dan bawang merah.

Meskipun demikian, tahukan Anda ? Kerokan tidak ada dalam dunia medis dan kesehatan. Diperkirakan pemanfaatan pengobatan tradisional kerokan telah ada cukup lama dan banyak sekali orang yang melihat kerokan sebagai obat ampuh untuk masuk angin.

10 Fakta Tentang Kerokan Yang Harus Anda Ketahui


1. Kerokan diterima sebagai pengobatan adat untuk menghilangkan masuk angin dari tubuh.

Di dunia medis, tidak ada jenis penyakit dinamakan masuk angin. Pengucapan ini hanya dipakai oleh orang tua dulu yang belum tahu tentang bahasa ilmiah.

Dr. Fransiscus Alvionita menemukan bahwa istilah masuk angin adalah ungkapan efek samping yang dirasakan manusia ketika kondisinya tidak fit, misalnya, tidak sehat dengan gejala sakit, buang angin, sakit pada otot dan persendian, dan lainnya. Umumnya gejala ini sama seperti gangguan yang di alami pasien influenza.

Masuk angin biasanya disebabkan oleh kondisi dingin, misalnya, dinginnya suhu dan udara malam, tinggal di dalam ruang AC terlalu lama, dan sebab lain. Kondisi dingin ini akhirnya membuat mengecilnya pembuluh darah dan membuat oksigen di otot berkurang, akhirnya terjadi nyeri otot, buang angin, dan gangguan sejenis influenza lainnya.

2. Kerokan meningkatkan panas tubuh

Dalam ilmu alami biologi molukuler, ketika kerokan di lakukan pada punggung, ada respon inflamasi, misalnya kemerahan pada kulit yang tergores,yang menandai bahwa ada jaringan yang mengalami peradangan.

3. Kerokan memungkinkan tubuh untuk mengirimkan zat pemicu tubuh sehingga merasa lebih segar

Menurut Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP, seorang ahli saraf, menemukan bahwa kerokan memungkinkan tubuh untuk menciptakan pemicu karakteristik yang disebut beta endorphins yang generasinya dikelola oleh jaringan endotel, jaringan pembuluh darah yang paling dalam. Unsur-unsur endorfin sendiri menggabungkan kapasitas untuk mengurangi tekanan nyeri dan stres.

Begitu juga, ketika Anda menggunakan pijat, peregangan yang terjadi dapat menghubungi jaringan endotel dengan tujuan untuk peningkatan endorphin beta. Akhirnya, otot tegang akan terasa bebas.

4. Kerokan ilmu sains Einstein (E = MC2) tentang energi muncul karena gesekan

Dr Koosnadi Saputra, DSR, akupunturis, beragam cara dalam memperluas area hangat di bagian belakang tubuh dapat dipandu oleh hukum Einstein. Saat tubuh digosok dengan tangan atau benda tumpul, pada titik itu kehangatan di dalam tubuh akan bertambah.

Meningkatnya hawa panas dalam tubuh akan terjadi perluasan pembuluh darah sehingga oksigenasi atau suplai oksigen menjadi lebih baik.

5. Lokasi tepat untuk kerokan

Pengobatan alternatif dengan kerokan akan membawa hasil maksimal jika Anda tahu lokasi tepatnya. Melakukan kerokan yang terbaik adalah berada di wilayah pembuluh terpanjang dan menyebar ke seluruh tubuh. Contohnya pada punggung adalah pusat terpadu dengan urat panjang dan menyebar ke seluruh tubuh. Titik pembuluh darah di punggung terbuka ketika dikerok dan memperbesar.

Sehubungan dengan pola kerokan dengan metode yang tepat untuk digunakan adalah paralel lurus ke tulang belakang, ke samping dan setelah itu sejajar dengan bantalan bahu, sehingga melalui direct tertentu saat menggosok terhadap kulit, tidak membuat rasa sakit berlebihan.

6. Kerokan adalah tindakan untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh

Dengan membuat peradangan lewat kerokan, pembuluh darah menjadi membesar. Hal ini membuat sistem tubuh membuat perlindungan untuk tubuh. Tujuan tubuh mengaktifkan perlindungan sebagai perlawanan ketika mendeteksi sesuatu yang membuat tubuh meradang dan berusaha mengendalikan kemungkinan infeksi dan berbagai penyakit akan menyebabkan penyakit.

Trombosit putih yang responsif sebagai deteksi untuk menjaga tubuh ketika vena pembuluh darah pecah seperti akibat dari kerokan. Terpecahnya vena pembuluh darah memicu respons terhadap zat-zat yang disebut cytokines.


7. Banyak orang percaya bahwa semakin merah kulit petanda masuk angin

Dengan cara membuat kulit semakin merah hingga hitam dari kerokan, sebagian orang beranggapan masuk angin yang parah berhasil dikeluarkan. Kebenaran dari merah dan hitamnya kulit menurut dunia medis adalah indikasi aliran darah di sekitar zona tergores karena perluasan vena sebagai dampak dari imflamasi.

8. Kami sarankan tinggalkan cara kerokan di leher

Dijelaskan oleh Dr. Stephanie Dewi, Sp. PD dari Klinik Citra 2, bahwa melakukan kerokan tidak disarankan di sekitar leher. Kecenderungan untuk kerokan segmen ini dapat menyebabkan efek berbahaya, diantaranya bahaya pelemahan atau membuat pembuluh darah menyempit, sehingga menganggu aliran darah ke jantung. Risiko lain adalah mengalami stroke jika cara kerokan tidak benar yang mengakibatkan saraf menjadi rusak. Terlebih lagi, di sekitar leher ada saraf yang terkait secara khusus dengan kepala.

9. Kerokan untuk wanita hamil dapat mendorong bayi lahir prematur

Mengurangi zat dalam individu secara konvensional dapat membangun kekebalan, namun wanita hamil beresiko menyebabkan perkembangan substansi prostaglandin. Hal ini akan meningkatkan konstraksi dini pada kehamilan.

Dalam dunia medis menjelaskan, prostaglandin adalah senyawa lemak yang berkapasitas untuk membentengi konstraksi uterus dan otot polos lainnya, sementara juga memiliki kapasitas untuk mengurangi ketegangan dari tekanan darah, mengelola asma lambung, suhu tubuh, dan terhubung dengan berbagai hormon.

10. Kerokan membuka peluang organisme mikroskopis dan infeksi lebih besar

Saat pori-pori kulit di paksa terbuka lebih besar akibat dampak kerokan menggunakan benda tumpul, akan memungkinkan organisme mikroskopis dan infeksi dari udara.

Pada kenyataannya, kerokan dapat di katakan aman jika metode, pola dan bahan yang di gunakan bersih . Jika Anda menyepelekan beberapa hal tadi, hal yang tidak di inginkan dapat terjadi dan menjadi penyakit lain untuk tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar