Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 Juli 2018

Ternyata, Begini Tindakan Benar Saat Rem Kendaraan Mobil Blong

Mengemudi kendaraan mobil dan motor pasti akan menggunakan rem pada situasi tertentu. Rem yang sering berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan menjadi lebih lmbat dari semula, sering menjadi merepotkan ketika digunakan di kawasan perbukitan, jalan yang menanjak dan menurun.

Jalan Menurun dan Menanjak salah satu penyebab rem blong

Sering pada situasi jalan yang tidak datar dan cenderung landai, kendaraan sering kali mengalami rem blong, biasanya hal yang membuat fungsi rem menjadi blong dikarenakan rem harus bekerja ekstra sehingga membuat overheat.

Situasi terjadinya rem mendadak blong, sering dialami pengemudi ketika berada pada jalanan yang tidak rata, seperti tanjakan dan turun. Disamping jarak perjalanan yang jauh memaksa kemampuan rem bekerja lebih dari yang seharusnya.

Mengutip laman gridoto.com, Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting membagikan tip yang dapat digunakan untuk pengemudi ketika dalam situasi rem blong.

Hal yang paling penting jika mengalami rem blong, menurut Jusri, adalah tetap tenang dan tidak menjadi panik. Lantas, apa yang kita harus lakukan jika mengalami rem blong? Hal pertama yang perlu supir pastikan adalah rem memang blong, bisa saja rem masih bekerja tetapi terjadi penyusutan kinerja rem," kata Jusri saat ditemui GridOto.com di kantornya.
Bukan tanpa alasan, menurutnya jika pengendara panik, pengendara tersebut tidak akan bisa berpikir jernih untuk megaplikasikan penyelamatan diri.
Jika pengendara tidak panik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan.


"Usahakan pindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah dengan cara yang tidak normal, misalnya, dari 5 ke 4, injak kopling kemudian lepaskan koplingnya tiba-tiba," ujarnya.
"Injak dan lepaskan berkali-kali supaya efek engine brake itu terasa, jika belum melambat, lakukan perpindahan terus-menerus ke gigi yang lebih rendah," tambahnya.

Tetapi, ia menjelaskan, melepaskan kopling tesebut jangan terlalu kasar, karena bisa membuat roda penggerak terkunci sehingga kendaraan bisa tergelincir atau yang lebih parah bisa terguling.
Jika cara tersebut masih belum efektif untuk meredam kecepatan kendaraan, Jusri menyarankan pengendara untuk mencari objek-objek yang dapat menghambat laju kendaraan.
"Kalau kecepatan masih tinggi, bisa masuk ke jalur penyelamat, tapi kalau ada. Kalau gak ada, cari objek-objek yang bisa menghentikan laju percepatan mobil, seperti gundukan pasir, semak-semak, tebing, pagar, sawah," jelasnya.
"Tapi caranya jangan ditabrakkan secara frontal, serempetin," ucap Jusri.
Untuk meminimalisir kemungkinan rem blong, Jusri juga menyarankan, khususnya untuk kendaraan niaga, jangan terlalu sering menginjak tuas rem.
"Jangan sedikit-sedikit pakai rem kaki, terutama untuk angkutan barang. Rem kaki ini tidak direkomendasi," ujarnya.
"Mereka (produsen) sudah menyediakan rem-rem yang tidak selalu rem kaki, mereka sudah punya exhaust brake, atau retarder, yang pengeremannya itu hampir sama dengan engine brake di mobil-mobil kecil," tutupnya.

Cara Mengatasi Kendaraan Saat Rem Blong

Mengutip laman detik.com, 01 Mei 2017 menjelaskan lebih jauh, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat dalam situasi rem blong.

1. Tetap tenang dan langsung tekan tombol lampu hazard dan klakson , tujuannya untuk memberitahu orang lain dan kendaraan sekitar untuk berhati-hati, hal ini akan membuat orang lain tahu kalau Anda sedang menghadapi masalah dengan kendaraan dan darurat.

2. Cobalah untuk menginjak rem dan rasakan dengan tepat. Bila rem terasa lembut dan bisa sampai menginjak lantai mobil, kemungkinan bagian rem kekurangan minyak rem atau mengalami kerusakan fungsi master silinder atau bermasalah pada bagian kaliper rem.

Jika masalah ada pada bagian perminyakan rem, terus memompa rem untuk mengangkat tekanan rem. Lakukan hal ini meskipun kendaraan anda telah dilengkapi teknologi anti-lock breaking system (ABS).

Jika kondisi pedal gas keras, besar kemungkinan ada masalah pada pedal tersebut atau ada sesuatu yang mengganjal pedal rem. Coba cari tahu dengan kaki anda atau suruh penumpang mobil lain untuk sedikit memeriksa.

Mengatasi Rem Kendaraan Mobil Blong Dengan Engine Break

Jika cara pencegah tersebut tidak bekerja dalam situasi rem mobil blong, Anda dapat menggunakan cara yang kedua. Aktifkan penggunaan efek kerja engine break. Caranya turunkan gigi transmisi ke gigi yang lebih rendah dengan teknik tertentu.

Jika mobil Anda adalah mobil manual, maka turunkan gigi secara bertahap dengan cepat. Jadi bila Anda sedang berada di gigi empat misalnya, turunkan gigi secara bertahap ke gigi 3, 2 lalu 1.

Jangan turunkan gigi secara langsung, misalnya dari gigi 4 langsung ke gigi 2 atau 1 karena itu akan membuat Anda malah kehilangan kendali.

Dan bila Anda menggunakan mobil transmisi otomatis maka lakukan hal sebaliknya. Turunkan gigi langsung ke tingkat terendah, biasanya gigi 1. Biasanya cara-cara tadi akan berguna memperlambat laju mobil yang Anda tumpangi.

Bila penggunaan rem untuk memperlambat mobil tidak berhasil pada engine break, segera mempersiapkan penggunaan rem tangan.

Mengatasi Rem Kendaraan Mobil Blong Dengan Rem Tangan

Lakukan antipasi rem blong dengan rem tangan secara perlahan dan jangan mendadak. Karena bila mendadak Anda, kemungkinan besar akan kehilangan kontrol mobil.

Tarik secara perlahan rem tangan Anda sambil terus merasakan gigitan rem itu di kaliper roda anda. Atur tekanan rem darurat, sampai kondisi rem bekerja, Pertahankan posisi sampai mobil melambat.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar