Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 28 Juli 2018

Sulit tidur saat malam hari, coba lakukan ini


Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga menjelang malam, mendapat tidur nyenyak menjadi cara yang sangat berharga untuk semua orang. Saat Anda memperoleh istirahat yang cukup dengan kenyamanan tidur, secara tidak langsung akan memberi kesegaran tubuh pada besok harinya. Selain itu, menggunakan jam tidur malam yang sesuai memberikan kesempatan organ memulihkan fungsinya. Untuk sebagian orang, sulit tidur nyenyak merupakan gangguan yang sangat menyebalkan. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan tips sederhana ini untuk memperoleh tidur yang lebih baik, dari pengaturan jadwal tidur hingga aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda.

Penyebab ganguan tidur yang dialami banyak orang di pengaruhi banyak sebab. Dari stres kerja, beban tanggung jawab, keluarga hingga penyakit. Tidak mengherankan kualitas tidur orang yang mengalami kesulitan ini, memerlukan bantuan tenaga ahli. Walaupun Anda mungkin tidak dapat mengendalikan faktor-faktor yang mengganggu tidur, tip berikut diharapkan membantu tidur yang lebih baik.

Sulit tidur saat malam hari, coba lakukan ini

1. Pilih jadwal tidur

Cegah kebiasaan tidur malam melebihi dari delapan jam. Jumlah tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa biasanya 8 jam. Anda perlu membiasakan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Coba untuk membatasi perbedaan dalam jadwal tidur pada acara malam hari dan akhir pekan hingga tidak lebih dari satu jam. Cara yang konsisten dalam melakukan jadwal tidur yang benar mampu memperkuat siklus tidur dan bangun secara tepat.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum

Kebiasaan tidur nyenyak seseorang punya hubungan dengan kondisi perut yang lapar, jangan membiarkan perut kosong ketika akan tidur. Pilih makanan yang mudah di cerna tubuh dan makan dalam beberapa jam waktu tidur.

3. Membuat suasana tenang

Anda perlu membuat suasana ruangan yang ideal dan nyaman untuk tidur. Seringkali, kondisi seperti ini termasuk suhu dingin, gelap dan tidak berisik. Lampu yang terlalu terang dengan cahaya adalah salah satu penyebab seseorang selalu terjaga, pertimbangkan untuk menggunakan penerangan yang minim atau gelap.

4. Batasi tidur siang hari

Tidur siang sangat lama adalah bagian dari seseorang sulit mendapatkan tidur nyenyak malam hari. Jika Anda ingin tidur siang, batasi diri Anda hingga maksimal 30 menit. Sebaliknya, jika Anda bekerja saat malam, Anda mungkin harus tidur malam lebih banyak sebelum bekerja untuk malam berikutnya.

5. Jangan malas bergerak

Kegiatan yang penuh dengan kesibukan dan melibatkan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan tidur yang lebih baik. Saat menjelang malam, hindari kegiatan yang terlalu aktif saat mendekati waktu tidur.

6. Kelola stres

Cobalah untuk mengatasi stres sebelum tidur. Catat apa yang menjadi sumber stres di pikiran Anda dan kemudian selesaikan untuk keesokan harinya. Kemampuan manajemen stres dapat membantu seseorang menghadapi kesulitan tidur nyenyak. Hal yang mendasar dalam managemen stres seperti mencatat, mengatur prioritas dan menyelesaikan tugas.

Sulit tidur saat malam hari menjadi gangguan yang banyak dialami manusia saat ini. Hampir setiap orang kadang-kadang tidak bisa tidur, namun jika Anda sering sulit tidur, hubungi dokter untuk mencari sumber dan penyebab Anda mengalami kesulitan. Sehingga diharapkan cara ini dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar