Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 19 Juli 2018

Sering Begadang, Hindari Jika Tidak Penting Karena Penelitian Ungkapkan 3 Penyakit Berbahaya


Menyelesaikan tugas yang akan dilaporkan esok harinya, sering menjadi alasan utama seorang harus begadang. Tidak sedikit juga banyak orang yang sengaja bergadang karena asik bermain game online dan menonton pertandingan olahraga. Apakah Anda salah satu individu yang sering melakukan kebiasaan begadang? Begadang secara umum dapat diartikan kebiasaan seorang yang memperpanjang jam melakukan aktivitasnya, sehingga istirahat pada malam hari untuk tidur sering menjadi berkurang.

Mengutip laman bidanku.com menyebutkan, kebiasaan seorang yang selalu melakukan begadang sampai kurang tidur dengan menyelesaikan pekerjaan, bermain game, bermain musik atau acara lainnya, dapat membuat kesehatan menurun. Selain itu juga, penelitian mengungkapkan, minimal 3 penyakit berbahaya menjadi meningkat.

Penelitian di Jepang yang dilansir dari situs healthytips.everyday.com menyebutkan, peningkatan resiko penyakit yang dilakukan dengan meneliti sampel 24.000 wanita dengan rentang usia antara 40 tahun hingga 79 tahun. Wanita yang memiliki jam tidur kurang dari 6 jam tidur setiap malam, meningkatkan risiko kanker payudara hingga 62% lebih tinggi dari wanita yang memiliki jam tidur cukup. Beberapa jenis kanker yang banyak dialami wanita tersebut, diungkap untuk kanker payudara dan kanker usus besar. Dalam penelitian tersebut, individu dengan jam tidur kurang dari 6 jam untuk malam hari memicu resiko kanker usus besar sampai 47%.

Penyakit berbahaya akibat begadang

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah jenis penyakit yang sulit di deteksi, sehingga sering disebut silent killer. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Sleep melalui laman healthytips.everyday.com menunjukkan, orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Pada wanita yang memiliki kebiasaan begadang di bawah usia 60 tahun dengan 5 jam waktu tidur dapat mengalami peningkatan risiko penyakit jantung hingga 2 kali lipat.

2. Diabetes


Penelitian yang sama menunjukkan, resiko yang dialami orang dengan diabetes tipe dua akibat kurang tidur mendapat lonjakan pada tingkat yang lebih tinggi dalam glukosa hingga 9 persen. Jika Anda begadang dan konsumsi makanan yang tidak sehat, tubuh mendapat lonjakan yang lebih besar untuk mengalami resiko diabetes sebesar 23%.

3. Kematian


Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen dan ditayangkan oleh laman healthytips.everyday.com menyebutkan, sebuah penelitian yang dilakukan rentang 10 tahun dengan mengambil sampel 16.000 orang. Pada penelitian ini mereka mendapatkan laporan yang buruk karena orang-orang yang kurang tidur akan mengalami risiko kematian hingga 2 kali lipat lebih besar daripada yang memiliki tidur cukup.

Setiap orang selalu ingin mendapat hidup sehat dan terbebas dari penyakit. Namun cara yang salah sering dilakukan tanpa sadar, justru memicu datangnya penyakit lebih cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar