Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 19 Juli 2018

Permainan Untuk Bayi Dalam Meningkatkan Kecerdasan

Bayi selalu mengemaskan untuk selalu ditemani, banyak orang dewasa yang senang melihat wajah polos bayi dan terkadang timbul keinginan mengajak bermain. Dunia bayi sebagai masa pertumbuhan dan perkembangan, hal menjadi penting untuk Bunda memaksimalkan kecerdasannya sejak dini. Memulai permainan dalam meningkatkan kecerdasan bayi dapat dimulai sejak usia 9 bulan atau menurut saran dokter.


Mengutip laman abiummi.com mengatakan, saat bermain bersama bayi adalah faktor penting untuk Bunda rasakan bersama-sama. Bayi dengan ekspresi mengemaskan saat berinteraksi dengan Bunda ketika mengungkapkan perasaan senangnya merupakan masa yang tidak dapat terulang lagi ketika bayi beranjak besar. Sejak fase awal perkembangan bayi dengan peningkatan motorik dan fungsi penting lainnya. Kegiatan bermain bersama mereka adalah suatu kebutuhan mutlak bayi,  sehingga dapat memberikan stimulus tumbuh kembang dan kecerdasannya.

Permainan Untuk Bayi Dalam Meningkatkan Kecerdasan

Beberapa jenis permainan yang dapat Bunda lakukan bersama bayi, antara lain :


1. Permainan bola yang berguling dan gelinding

Alat yang diperlukan

Piring, wadah atau nampan bulat dengan alas datar terbuat dari bahan yang aman untuk bayi.
Bola dengan ukuran tidak terlalu besar namun jangan terlalu kecil, tujuannya untuk mencegah bayi menelan bola terlalu kecil.

Cara Bermain

  • Letakkan bola di atas tempat yang sudah disiapkan, seperti nampan dan lainnya. Dorong bola untuk selalu bergerak dengan bebas. Tujuannya untuk menarik minat bayi bermain bersama.
  • Ketika bermain dengan bayi, Bunda dapat mengajarkan kosa kata ringan berulang-ulang, seperti kata “bola” atau “bulat”
  • Jangan meninggalkan bayi bermain sendiri, orangtua wajib mengawasi bayi selama bermain

Manfaat permainan bola

Permainan bola gelinding ketika diterapkan pada bayi usia 9 bulan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perhatian dan sensitivitas indera peraba bayi. Selain itu, latihan ini juga membuat bayi mudah fokus dengan perhatian mata melihat bola bergerak dan menangkapnya, hal ini secara tidak langsung merangsang perkembangan motorik mata, tangan dan pertumbuhan tubuh lainnya.

2. Permainan untuk memperkenalkan jenis ukuran

Alat yang diperlukan

  • 1 set gelas plastik berbagai ukuran
Cara Bermain
  • Bunda meletakkan 1 set peralatan di depan bayi dengan jangkauan yang sesuai, sehingga peralatan ini terlihat oleh bayi.
  • Susun dengan ukuran yang Bunda inginkan, bisa dari kecil ke besar atau sebaliknya. 
  • Bunda mengambil alat yang paling kecil dan masukan ke alat yang lebih besar, sehingga alat yang lebih kecil masuk. Lakukan cara ini berulang-ulang.
  • Sambil bermain, jangan lupa Bunda dapat mengajarkan kosa kata ringan dengan mengucapkan kata "kecil" dan "besar".
  • Jangan membiarkan bayi bermain sendiri untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan, selain itu juga, peran serta orangtua bermain adalah untuk mengawasi bayi.
  • Manfaat permainan mengenal ukuran
Manfaat yang dapat diperoleh bayi selama bermain permainan ini adalah mengenalkan berbagai jenis ukuran, sehingga bayi secara dini mulai belajar pemahaman mengenai tentang kiri-kanan dan besar-kecil. Manfaat lain adalah membantu gerakan motorik bayi menjadi lebih sempurna dibandingkan dengan anak seusia nya.

Ada banyak permainan yang bermanfaat untuk bayi dalam meningkatkan kecerdasannya. Orangtua selalu proses permainan bayi adalah menemaninya, hal ini selalu untuk mengawasi mereka selama bermain, juga dapat berinteraksi dengan kelucuan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar