Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 09 Juli 2018

Penyebab kerontokan rambut

Penyebab kerontokan rambut dapat terjadi karena stres. Stres kronis, depresi, pengalaman emosional yang kuat sering menjadi penyebab penipisan rambut dan rambut rontok. Secara tidak langsung, kondisi yang menegangkan dapat memancing berkembangnya berbagai masalah yang terkait dengan kulit kepala. Jadi, stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Gangguan hormonal, pada gilirannya, sering menjadi penyebab meningkatnya kekeringan rambut, kerapuhan, ketombe, dan gejala serta penyakit lain yang tidak menyenangkan.

Keunikan rambut rontok karena stres saat rontoknya rambut tidak segera terjadi. Faktanya setiap pengaruh emosi negatif yang kuat dapat membuat rambut berhenti bertumbuh dan setelah beberapa bulan kemudian terjadi kerontokan. Konsekuensi stres dalam masalah rambut dan kulit kepala dapat muncul bahkan enam bulan setelah peristiwa Anda mengalami stres menegangkan.

Kerusakan dari kondisi rambut dapat menyebabkan stres jangka pendek yang intens. Stres tunggal, rambut lebih mudah dipulihkan dalam setelah beberapa bulan, pertumbuhan rambut membaik, kembali normal. Yang jauh lebih berbahaya adalah stres konstan, kronis, dan laten, neurosis berkepanjangan, dan depresi berkepanjangan. Tanpa perawatan tepat waktu, mereka dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, misalnya, menyebabkan gangguan hormonal. Jadi rambut juga akan lebih menderita kerontokan.

Mengatasi masalah rambut dan kulit kepala harus melalui pendekatan menyeluruh. Pertama-tama, para ahli trichologi merekomendasikan untuk mengecualikan efek agresif pada rambut. Selama stres dan beberapa bulan setelahnya, jangan gunakan pengobatan kimia, mewarnai rambut terutama dengan cat permanen, yang termasuk amonia dan komponen yang berpotensi membahayakan kesehatan rambut. Jika rambut rontok sangat banyak, sangat penting untuk perbaikan dan menjaga sirkulasi kulit kepala. Untuk prosedur yang sangat efektif ini seperti fisioterapi dengan aplikasi ekstrak obat dan terapi laser. Dengan penanganan yang tepat oleh dokter kulit, rambut tumbuh lebih cepat, menjadi kuat, tangguh dan berkilau.

Penyebab Kerontokan Rambut dari Genetika


Rambut rontok herediter atau alopesia androgenik adalah suatu kondisi yang ditandai dengan gejala penipisan dan kerontokan rambut, akar yang harus dicari dalam sejarah keluarga mereka. Jika rambut menipis atau kebotakan muncul tanpa alasan yang jelas, ini mungkin merupakan kasus alopesia androgenik. Diagnosis dini dapat membantu dalam menelusuri penyebab kerontokan rambut. Jenis alopecia ini dapat mempengaruhi pria dan wanita pada usia berapapun. Pada pria, rambut rontok berasal dari keturunan sering menyebabkan kebotakan. Pada wanita, penipisan rambut terjadi, tetapi garis pertumbuhan rambut tetap sama. Kondisi ini dapat menyebabkan banyak emosi negatif karena efek gejala ini pada harga diri.

Penyebab jenis alopecia terutama faktor genetik:


Alasan kepekaan terhadap efek samping dari testosteron, yang disebut dihidrotestosteron atau DHT. Ini menyebabkan folikel rambut menyusut. Dalam kasus androgenetic (keturunan) alopecia, folikel rambut memiliki kehidupan yang lebih pendek dan kemungkinan akan menghentikan produksi rambut sehat. Alopecia, disebabkan oleh kepekaan terhadap DHT, menyebabkan penipisan rambut dan kehilangan rambut di bagian atas kepala.

Genetika, kepekaan terhadap DHT adalah penyakit keturunan. Gen yang diwarisi dari keluarga ibu atau ayah memainkan peran dalam perkembangan rambut rontok.

Gangguan keseimbangan hormonal, pada wanita umumnya terhadap kadar hormon, seperti DHT bisa menyebabkan kebotakan. Pada sebagian besar wanita dengan alopecia androgenetic, rambut menipis di seluruh kulit kepala, berbeda dengan pola kebotakan pria.

Penyakit, studi menunjukkan bahwa pria dengan keturunan alopecia memiliki peningkatan risiko penyakit jantung koroner dan pembesaran prostat. Wanita dengan alopesia androgenetic memiliki peningkatan risiko mengembangkan sindrom ovarium polikistik, masalah hormonal yang disertai dengan penambahan berat badan dan ketidakteraturan menstruasi.
Tanda dan gejala alopecia herediter dapat bermanifestasi pada usia hingga 30 tahun.

Menurunnya Imunitas


Penyakit infeksi akut atau penyakit jangka panjang yang parah melemahkan tubuh, mengurangi fungsi pelindung imunitas dan sebagai akibatnya, dapat menyebabkan peningkatan kerontokan rambut. Jika Anda ingin memperkuat tubuh secara keseluruhan, memulihkan kekebalan yang melemah dan memberikan nutrisi rambut secara ekstra pada rambut, untuk  mendapatkan kembali kekuatan rambut Anda. Rambut rontok dapat diatasi sekitar 3-4 bulan.

Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor, seperti bakteri dimusnahkan oleh sistem enzim yang melindungi terhadap infeksi virus.

Penyebab kerontokan rambut karena sakit panas


Penyebab kerontokan rambut yang sering terjadi di kepala adalah penyakit kulit yang menular dan alergi. Ini termasuk:

  1. dermatitis seboroik
  2. infeksi jamur;
  3. seborrhea (berminyak, kering);
  4. psoriasis;
  5. dermatitis alergi.
  6. iritasi kulit permanen karena penggunaan sampo yang tidak cocok, zat warna rambut yang berlebihan, dll.


Pada penyakit dan gangguan diatas untuk rambut rontok adalah struktur lapisan atas kulit menjadi tidak sehat. Epidermis terkelupas, pori-pori menjadi tersumbat. Akibatnya, akar rambut menjadi sangat lemah sehingga mulai rontok. Gatal pada beberapa penyakit ketika menyisir kulit bagian kepala mampu secara mekanis merusak rambut dan akarnya. Akibat lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah luka karena menggaruk gatal dan penggunaan sisir tajam, luka bakar, dll.

Jika masalah rambut rontok karena penyakit kulit, maka pertama-tama Anda harus mengobatinya, kemudian menangani pemulihan rambut tidak menjadi rontok. Biasanya pengobatan berhasil, tetapi kadang-kadang dengan luka parah yang serius pada kulit kepala dengan meninggalkan bekas luka di bagian kepala tempat akar tidak dapat membuat rambut tumbuh.

Penyebab kerontokan rambut karena kekurangan vitamin


Rambut rontok adalah gejala umum dari penyakit disebut avitaminosis. Penyebab utama penyakit ini adalah kekurangan vitamin. Tubuh manusia tidak menghasilkan vitamin. Vitamin yang dibutuhkan untuk nutrisi diterima dari makanan. Beberapa makanan yang Anda makan, salah satunya mendukung kekebalan dan memperkuat akar rambut, yang lain membantu proses membangun jaringan rambut, sementara yang lain bertanggung jawab untuk sintesis hormon-hormon penting agar rambut tidak rontok.

Ada banyak vitamin, beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk rambut untuk kesehatan rambut mengatasi kerontokan

C (asam askorbat) - adalah salah satu unsur terpenting yang diperlukan untuk kesehatan kita. Kekurangan vitamin C menyebabkan penurunan imunitas, yang pada gilirannya secara signifikan memperburuk kondisi rambut. Ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang berarti folikel rambut akan menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi.

A (retinol) - memperkuat akar rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut yang cepat, menstimulasi produksi kolagen. Ini memperlambat proses penuaan di tubuh, sehingga memperpanjang usia dan kecantikan.

B1 (tiamin) - diperlukan untuk fungsi normal sistem saraf. Vitamin B1 melindungi Anda terhadap pengaruh stres, membantu untuk mengatasi fenomena seperti rambut rontok karena perubahan musiman.

B2 (riboflavin) - memperkuat akar rambut, meredakan iritasi pada kulit.
B3 (niacin) - mengatur proses metabolisme yang terjadi di folikel rambut.
B5 (asam pantotenat) - diperlukan untuk metabolisme normal. Kerugiannya adalah melemahnya akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kurangnya vitamin dan stres adalah penyebab utama seorang dapat beruban dini.

B6 (pyridoxine) - elemen lain yang terlibat dalam metabolisme nutrisi rambut.
B7 (biotin) - adalah salah satu elemen terpenting yang mencegah rambut melemah dan menjadi rontok.

B8 (inositol) - meningkatkan penyerapan vitamin E.
B9 (asam folat) - mempercepat pembelahan sel dan membebaskan folikel rambut dari produk yang tidak sehat untuk kekuatan rambut.

B12 (cyanocobalamin) - meningkatkan asupan oksigen di akar rambut.
E (tokoferol) - membangunkan sel-sel yang mati dengan menstimulasi pertumbuhan dan pembelahan sel.

F - memperkuat struktur rambut, melindungi rambut dari dampak negatif dari faktor eksternal.

Tidak adanya atau kekurangan satu dari vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri. Dalam kasus-kasus tidak tercukupnya vitamin untuk rambut dapat menyebabkan alopecia, yaitu kebotakan menyeluruh pada bagian kepala.

Vitamin masuk ke tubuh dengan makanan, dan jika diet tidak seimbang, maka segala macam masalah dengan kesehatan rambut dimulai. Mereka memudar, rontok, menjadi rapuh. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu merubah preferensi selera makan secara benar dan mulai makan dengan anjuran ahli kesehatan rambut.

Avitaminosis adalah penyakit yang serius, jika tidak diobati, Anda benar-benar bisa kehilangan rambut Anda. Oleh karena itu, dengan gejala pertama penyakit ini, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter, yang akan membantu mencari tahu alasan dan meresepkan perawatan yang diperlukan.

Penyebab kerontokan rambut dari lingkungan


Semua orang tahu bahwa ekologi modern meninggalkan banyak hal. Dan beberapa orang mengerti bahwa itu berdampak negatif pada kesehatan, juga mempengaruhi kulit dan rambut kita. Faktor lingkungan negatif memiliki efek nyata dan sangat tidak menguntungkan pada rambut dan kulit kepala:

Debu, terdapat di udara dan mudah mengendap di kulit dan rambut.
Abu, campuran dari pembakaran, asap, jelaga dan komponen lain yang naik ke udara dan berendam di dalamnya dalam bentuk suspensi tertentu.
Gas buang kendaraan,  di kota-kota menengah dan besar ada begitu banyak kendaraan mobil dan motor yang membuang sisa gas pembakaran.
Radiasi ultraviolet, sinar matahari sangat aktif dan agresif karena polusi udara. Tentu saja, matahari diperlukan untuk semua orang, tetapi tidak selalu dalam jumlah berlebihan.
Air, di waduk tercemar oleh emisi pabrik dan pabrik industri, serta oleh produk sampah hasil kehidupan manusia.

Penyebab kerontokan rambut mengakibatkan memburuknya kesehatan rambut



  • Debu dan asap menempel di rambut dan kulit kepala, menyumbat pori-pori yang menyebabkan iritasi kulit serta ketombe.
  • Air tercemar, juga menyumbat kelenjar minyak dan keringat di kulit kepala. Akibatnya, bau dan iritasi bisa muncul. Penggunaan air tercemar yang berkepanjangan, kulit kepala menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. Selain itu, air tercemar sering menyebabkan reaksi alergi yang parah.
  • Gas buang kendaraan mobil dan motor dapat menembus kulit, menghancurkan sel-sel epidermis dan molekul elastin dan kolagen dan memicu aktivitas radikal bebas. Akibatnya, elastisitas kulit menurun, menjadi kusam, rapuh, warnanya berubah dan berujung kerontokan rambut. Dan radikal bebas memulai proses penuaan.
  • Ultraviolet tidak hanya berbahaya, sinar matahari langsung yang berlebihan berkontribusi pada penguapan kelembaban dari rambut dan kulit. Lebih jauh, sinar matahari berbahaya dapat meningkatkan perkembangan kanker, terutama pada orang berkulit putih. 
  • Yang paling berbahaya dari sinar ultraviolet matahari adalah kanker melanoma. Beberapa masalah kesehatan ketika seorang berlebihan mendapat sinar matahari tidak sehat adalah meningkatnya kekeringan dan aktivitas radikal bebas, kulit akan cepat menua, yang berarti kerutan dan tanda penuaan lainnya akan muncul lebih awal dari seharusnya.


Beberapa komponen udara dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah, yang dimanifestasikan sebagai ruam, rasa terbakar, gatal dan ketidaknyamanan yang parah. Dan jika ketidaknyamanan sering muncul atau bahkan lebih permanen, itu dapat secara signifikan memperburuk kualitas hidup, mengganggu dan memperburuk kerja sistem saraf, meningkatkan perkembangan kompleks dan bahkan menyebabkan depresi atau gangguan saraf. Selain itu, penyakit kulit alergi dapat memperoleh bentuk yang lebih serius dan kompleks atau kronis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar