Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 Juli 2018

Mengenal Simbol dan Keterangan Label pada Pakaian

Pernahkah Anda memperhatikan beberapa simbol dan label yang sering menempel pada pakaian baru sebelum digunakan ? Ya, label dan simbol yang sering Anda lihat ketika membeli pakaian, seperti baju dan celana memiliki aturan pakai untuk dibersihkan. Beberapa pakaian dengan tipe khusus memerlukan cara pencucian yang akan berbeda.

Kenali Simbol dan Keterangan Label pada Pakaian

Dilansir dari laman Molto.co.id menjelaskan, banyak informasi yang tertera pada label yang sering diabaikan, selain karena tidak mengerti maksud dan makna yang ingin disampaikan, akibatnya banyak ibu rumah tangga sering menyepelekan beberapa pakaian yang memerlukan pembersihan yang berbeda. Jika membersihkan pakaian tidak memperhatikan simbol dan keterangan yang di maksudkan, akan mempengaruhi pakaian tersebut seperti warna memudar, melar, sobek hingga tidak bisa digunakan kembali.

Beberapa simbol dan keterangan label untuk pakaian Simbol Mencuci Pakaian Untuk Mesin Cuci



1. Dicuci dengan mesin cuci dengan cara normal
2. Dicuci dengan mesin menggunakan siklus sedang
3. Dicuci dengan mesin menggunakan siklus ringan
7. Pencucian pakaian menggunakan tangan

Label dan simbol pakaian yang dapat dicuci pada suhu tertentu


Simbol dan keterangan pakaian tidak boleh dicuci, pembersihan dengan dry-clean
Simbol Suhu Temperatur Air untuk batasan tertentu sesuai petunjuk.

Dry Clean merupakan cara mencuci untuk menghilangkan noda-noda yang membandel seperti tanah liat, cat atau bahan kimia yang tumpah dan menempel pada pakaian dengan menggunakan sedikit air atau tanpa air sama sekali. Cara mencuci seperti ini dapat membuat warna pakaian pudar dan mengerut. Kalau ada gambar lingkaran, berarti pakaian ini boleh di-dry cleaning. Sedangkan jika logo lingkaran tersebut diberi tanda silang artinya pakaian tersebut tidak boleh di-dry cleaning.

Apabila simbol cuci pada pakaian menginstruksikan Ibu untuk mencuci pada suhu 40°C, maka Ibu boleh mencucinya di suhu 30°C selama tidak terdapat noda yang besar pada pakaian. Mencuci pada suhu yang lebih rendah lebih ramah lingkungan, dan membantu Ibu menghemat uang. Apabila label pemeliharaan pakaian menyatakan aman untuk menggunakan pewangi pakaian, maka tambahkan Molto dalam proses pencucian Ibu untuk mengurangi munculnya kerutan pada pakaian.

Simbol Pengeringan Pakaian

Arti pada pakaian yang memerlukan pengeringan tertentu


Beberapa jenis pengeringan yang diberikan dalam label meliputi beberapa cara, antara lain : Dikeringkan normal, Dikeringkan normal namun menggunakan suhu rendah, Dikeringkan normal namun menggunakan suhu sedang, Dikeringkan normal menggunakan suhu tinggi dan dapat dikeringkan normal tanpa menggunakan panas.

Beberapa label dan keterangan yang digunakan untuk menjelaskan proses pengeringan



Jika Ibu memiliki mesin pengering pakaian otomatis, keluarkan bulu halus pada filter dari alat pengering setiap kali menggunakannya. Hal ini bukan saja membantu mesin beroperasi secara efisien, namun juga mencegah terjadinya kebakaran pada unit.

Simbol Menyetrika Pakaian


Beberapa pakaian memerlukan cara menyetrika yang disesuaikan dengan saran pabrik. Antara lain :
Setrika pakaian pada suhu apa pun, baik dengan uap, Tidak boleh disetrika

Dengan mengetahui secara jelas dan lengkap arti simbol dan keterangan label yang terdapat pada pakaian, Anda dapat memahami cara perawatan yang disarankan. hal ini tentu akan memberi manfaat pada pakaian lebih bagus, warna tetap cerah, tidak rusak dan tahan lama.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar