Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 06 Juli 2018

Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami di Rumah

Masalah rambut rontok? Jika Anda mencari cara mengatasi rambut rontok dengan pengobatan alami yang bekerja tanpa efek samping dari bahan kimia atau obat-obatan, Anda harus mencoba pengobatan sehat alami di rumah. Menurut ahli rambut, kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari adalah normal. Kerontokan rambut hanya menjadi masalah ketika Anda kehilangan lebih banyak rambut rontok secara rata-rata normal. Untuk menghentikan rambut rontok dengan pengobatan rumah secara alami dan sehat. Ada beberapa tip cerdas sebagai cara mengatasi dengan cepat untuk menghilangkan masalah ini.

Mengapa mudah rontok


Rambut rontok dialami manusia ditandai terlepasnya rambut dari kepala saat menyisir atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kepala. Proses yang terjadi ketika rambut rontok jika diamati dalam seharian berkisar antara 50 hingga 100 helai, kerontokan dalam jumlah tersebut masih dapat dikategorikan normal dikarenakan rambut telah berada dalam fase telogen. Kecepatan pertumbuhan rambut normal sekitar 1 sentimeter per bulan. Rata-rata orang dewasa memiliki 100,000 hingga 150,000 helai rambut.

Telogen adalah fase istirahat (2-4 bulan) rambut. Dalam periode ini rambut baru mulai tumbuh dan rambut yang lama secara bertahap dipaksa keluar dari folikel dan rontok. Kita dapat mengamati rambut rontok pada beberapa tempat dalam keseharian. Lokasi umumnya yang mudah dilihat seperti selimut, bantal, lantai, topi dan sisir serta melakukan kegiatan keramas. Penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh begitu banyak faktor. Namun ada beberapa alasan mendasar yang membuat masalah rambut rontok terus-menerus dalam jumlah banyak. Kecenderungan jenis kelamin pria dikabarkan lebih mungkin kehilangan rambut daripada perempuan, lepasnya rambut kepala dalam jumlah banyak akan memberi dampak kebotakan, rambut menipis dan rontok.

Beberapa penyebab kerontokan rambut


1. Mengikat rambut terlalu kencang
kebiasaan mengikat rambut di kepala yang terlalu kencang menjadi salah satu sumber rambut mudah rontok. Selain menyebabkan kerontokan, efek negatif lainnya dapat membuat kepala bisa lebih mudah menjadi pusing karena  peredaran darah jadi kurang lancar. Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan rambut mudah patah. Terhambatnya peredaran oksigen yang berdampak pada kekuatan rambut menjadi lemah sehingga patah, ciri ciri dapat terlihat dengan mudah ketika kita melepaskan karet gelang dan rambut akan tertarik juga.

2. Terlalu sering menggunakan pengering rambut
Penggunaan pengering rambut yang terlalu sering digunakan memiliki resiko pada rambut akan terlihat kering dan kasar. Selain dampak perubahan warna rambut yang membuat menjadi pudar dan kehilangan cahaya alami. Proses penggunaan pengering yang membuat pori-pori di permukaan kulit kepala terbuka, hawa panas yang dikeluarkan dari alat pengering rambut dapat membuat kutikula rambut rusak. Sehingga apabila kutikula rambut mengalami kerusakan, maka rambut akan mudah untuk terserang penyakit rambut lainnya, seperti ketombe dan rambut rontok.

Kutikula rambut merupakan lapisan rambut yang paling luar, yang berfungsi untuk melindungi rambut. Kesalahan menggunakan pengering rambut lainnya yang dapat menyebabkan rambut menjadi bercabang. Micki Charles, penata rambut di Cutler/Redken Salons mengungkapkan, "idealnya Anda tidak boleh mengeringkan rambut dengan hair dryer lebih dari tiga kali dalam seminggu. Sebab, bila dilakukan terlalu sering, maka minyak alami pada kulit kepala akan kering dan menghilang".

Terkait berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer, Albert K, pemilik Top Secret Salon and Spa di New York dan pakar penataan rambut dari ForStyler Hair Professional memaparkan, kalau proses pengeringan tergantung jenis dan ketebalan rambut masing-masing. Oleh karenanya, Albert K menyarankan Anda memperhatikan tahapan pengeringan sebelum menggunakan hair dryer.  "Untuk rambut keriting atau mengembang, keringkan sekitar 30 persen. Untuk rambut lurus dan kasar, keringkan sekitar 70 persen dan untuk rambut rusak, keringkan sekitar 80 persen," sebut Albert K.

Nah, hal lain yang harus Anda perhatikan dalam pemakaian hair dryer adalah jangan pernah lupa untuk melindungi rambut Anda sebelum mengeringkan. Albert K menyarankan Anda untuk mengaplikasikan serum pelindung dari panas pada rambut Anda. Sebab, serum ini bermanfaat untuk menghindari rambut kering atau rusak yang seharusnya tak terjadi. "Anda pun juga harus menjaga rambut dalam kondisi tetap baik ketika Anda tidak menggunakan alat pengering rambut. Perawatan berupa deep conditioning atau hair mask harus diaplikasikan dari pangkal rambut sampai ujungnya untuk menutrisi rambut secara menyeluruh," jelas Albert K.

3. Menyisir rambut saat basah
Rambut basah dapat membuatnya lebih lemah dibandingkan dalam kondisi kering. Kegiatan yang sering dilakukan menyisir rambut masih basah setelah keramas, membuat akar rambut tidak mampu menahan tarikan yang dilakukan menggunakan sisir. Risiko kerusakan rambut tanpa mengeringkan setelah keramas dapat di antisipasi dengan mengering dengan handuk.

Cara mudah mengeringkan rambut secara alami tanpa hair dryer
1. Menggunakan kondisioner yang sesuai
2. Menggunakan handuk berbahan microfiber
3. Penggunaan dry lotion atau sejenisnya
4. Menggunakan sisir lebar

Rambut rontok karena kekurangan nutrisi


Cara paling mudah untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan memperhatikan makanan yang akan di konsumsi. Beberapa jenis makanan yang banyak tersedia disekitar kita diketahui mempunyai kandungan omega-3. Omega-3 adalah sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, tuna, makarel dan makanan laut lainnya termasuk ganggang dan krill, beberapa jenis tanaman dan minyak kacang. Pada dasarnya, omega 3, 6 dan 9 adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan mengendalikan peradangan. Ketiga jenis nutrisi ini dapat Anda peroleh dari bahan makanan nabati dan daging ikan laut.

Beberapa makanan dengan omega 3 yang baik

  • Ikan Tuna
  • Ikan Sarden
  • Ikan Salmon
  • Telur Ayam dan Bebek
  • Jenis Kacang Kacangan
  • Sayur Bayam
  • Kangkung
  • Daging Sapi
  • Daging merah
  • Susu Kambing
  • Susu Sapi
  • Kembang Kol
  • Belut
  • Ikan Lele
  • Yoghurt
  • Brokoli
  • Selada
  • Ikan Air Tawar

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Makanan

Kebiasaan makan Anda salah satu cara paling mudah untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa makanan yang dikenal baik untuk mengobati kerontokan sekaligus menyehatkan rambut. Selain ada makanan yang membantu mengatasi masalah rambut rontok,  makanan lain kurang baik dikonsumsi untuk rambut dan dapat menyebabkan kerrontokan semakin menjadi.

Makanan dengan manfaat mengatasi rambut rontok


1. Kacang-Kacangan
Rambut rontok dapat diatasi dengan konsumsi kacang-kacangan. Jenis makanan ini merupakan salah satu makanan yang mudah ditemui sehingga perlu untuk di konsumsi. Dalam kandungan kacang-kacangan memiliki asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Beberapa kegunaan nutrisi dari kacang-kacangan untuk rambut seperti untuk memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok.
Kacang-kacangan bahan alami mengatasi rambut rontok

Sebuah studi dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menjelaskan, sekitar 90% wanita yang rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 selama 6 bulan, mendapatkan hasil yang sangat baik untuk rambut, mereka mengalami penurunan dalam masalah rambut rontok.

2. Kerang
Kerontokan rambut yang berlebihan sangat ampuh dengan konsumsi makanan kerang. Kerang merupakan makanan dengan kandungan zinc tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Manfaat yang dapat Anda rasakan ketika konsumsi kerang akan efektif mengatasi rambut rontok. Dalam dunia perawatan rambut, Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.
Hasil laut bahan alami mengatasi rambut rontok

Dua buah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan, orang yang mengalami gangguan pada kesehatan rambut, seperti rontok disebabkan kekurangan zinc di dalam tubuh mereka. Akibatnya kerontokan rambut pada orang yang kurang nutrisi zinc akan lebih banyak dibandingkan orang dengan kadar zinc yang mencukupi.

3. Produk Susu
Kelebihan dari konsumsi susu yang disarankan dapat memperkuat tulang, menjadi sehat. Beberapa jenis produk susu yang dapat Anda temui dengan bahan susu seperti susu sapi, keju, dan yogurt. Lebih dari itu, makanan bahan susu merupakan cara tepat untuk mengatasi rambut rontok. Dalam kandungan produk susu memiliki protein yang bekerja sebagai nutrisi untuk rambut menjadi lebih sehat dan kuat.
Produk susu bahan alami mengatasi rambut rontok

Mengatasi rambut rontok dengan konsumsi protein, secara alami akan memperkuat rambut dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kulit dan akar rambut. beberapa manfaat orang yang rutin minum produk susu adalah rambut bertambah kuat dan tidak mudah rontok, selain itu, protein dalam susu bermanfaat memproduksi keratin untuk memperkuat struktur rambut.

4. Ikan Salmon
Makanan ikan salmon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok. Dalam kandungan ikan salmon memiliki komposisi protein yang bermanfaat untuk memproduksi zat penting dalam memperkuat struktur rambut, manfaatnya akan membuat rambut tidak mudah rontok.

Beberapa kelebihan dari salmon menyediakan asam lemak omega-3 yang sangat berguna memperkuat rambut. Jika Anda salah satu pribadi yang ingin menjaga berat badan stabil, keuntungan  ikan salmon diketahui tidak memiliki kalori tinggi, sehingga saat di konsumsi tidak akan memberikan lonjakan pada obesitas.
Ikan salmon bahan alami mengatasi rambut rontok

5. Daging Merah
Mengatasi rambut rontok dengan daging merah adalah langkah cocok. Daging merah membantu Anda mengatasi rambut rontok karena kandungan protein yang dimilikinya memberikan kegunaan dalam memperkuat akar rambut dari kerontokan.

Komposisi daging merah yang menyediakan zat besi adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut. Ketika kebutuhan zat besi tercukupi untuk tubuh, mineral dapat bekerja maksimal mengangkut oksigen ke tubuh hingga mencapai kulit kepala.
Daging merah bahan alami mengatasi rambut rontok

6. Telur
Makanan telur menjadi salah satu bahan jitu mengatasi rambut rontok. Dalam telur yang mempunyai banyak manfaat seperti kandungan protein, terutama bagian putih telur. Dalam putih telur menjadi sumber protein yang cukup tinggi. Dengan kecukupan protein yang disediakan untuk tubuh, manfaat protein secara langsung akan memperkuat struktur rambut dan mencegah rambut tidak mudah rontok. Bagian lain yang menjadi komponen telur adalah kuning telur. Kandungan kuning telur memiliki komposisi lengkap untuk zat besi yang memberi manfaat memperlancar sirkulasi darah di area kulit kepala.
Telur bahan alami mengatasi rambut rontok

7. Buah-Buahan
Buah-buahan adalah salah satu makanan yang mempunyai banyak kegunaan untuk tubuh. Makanan buah-buahan yang sehat dan alami yang sering menjadi pilihan dapat memberikan kesehatan. Beberapa buah selain bermanfaat pada kesehatan, ada juga buah-buahan yang memberikan pengaruh besar dalam memperkuat rambut. Untuk mengatasi rambut rontok dengan bahan alami, makanan ini menjadi rekomendasi sehat mengatasi rambut rontok.
Buah-buahan bahan alami mengatasi rambut rontok

8. Sayur-Sayuran
Banyak manfaat dalam sayur-sayuran untuk mencegah rambut rontok. Komposisi yang sehat untuk tubuh, makan sayur-sayuran dapat menciptakan kekuatan rambut yang sempurna. Sayur-sayuran dengan berbagai kandungan mineral untuk memperkuat rambut, sehingga dapat mencegah rambut tidak mudah rontok.

Mengatasi kerontokan rambut dengan konsumsi sayur-sayuran sangat cepat dalam menyuburkan akar dan kulit kepala. Dalam komposisi lengkap yang dimiliki sayur seperti serat dan vitamin, membuat penyerapan nutrisi pada makanan kedalam tubuh menjadi lebih maksimal. Manfaat yang dapat dirasakan ketika Anda rajin makan sayuran, secara efektif membuat kulit kepala memperoleh pasokan nutrisi yang cukup dan rambut pun akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.
Sayur-sayuran bahan alami mengatasi rambut rontok

Mengatasi Rambut Rontok Melalui Pengobatan Bahan Alami


Banyak cara yang dapat dilakukan mengatasi gangguan rambut yang rontok. Dengan rutinitas sehat konsumsi makanan yang memberi manfaat untuk kesehatan rambut, kerontokan rambut dapat dicegah secara alami.

Jika Anda ingin mempercepat proses penyembuhan akar dan kulit rambut, ada cara cepat lain untuk mengatasi rambut rontok. Cara ini sudah banyak dilakukan ahli kecantikan dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut tepat sehat. Cara mengatasi kerontokan dengan menggunakan bahan herbal adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk rambut. Untuk penggunaannya, Anda perlu mengoleskan pada kulit kepala, akar rambut dan helai rambut. Bahan herbal untuk kekuatan dan kesehatan rambut, sangat mudah dicari dan juga tidak mahal.

Cara mengatasi rambut rontok dalam dunia perawatan kecantikan sering menggunakan bahan herbal alami dan sehat, salah satunya adalah memanfaatkan nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur. Mengatasi kerontokan rambut dengan cara ini sangat direkomendasikan karena bahan herbal merupakan kandungan alami sehingga tidak mempunyai efek buruk pada penggunaan terus menerus. 

Pengobatan alami dengan bahan sehat untuk mencegah dan memperkuat rambut tidak rontok


1. Lidah Buaya
Kandungan yang dimiliki gel pada lidah buaya menawarkan zat senyawa yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Lidah buaya yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan modern memiliki sifat eksfoliate untuk mencegah penyumbatan kulit kepala karena sel-sel kulit mati yang menutupi pori-pori. Menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi rambut rontok sangat tepat, kulit kepala, akar rambut dan rambut akan mendapatkan nutrisi maksimal dari olesan nutrisi lidah buaya. Manfaatnya ketika diterapkan, pertumbuhan rambut akan lebih cepat selain mencegah rambut rontok.

Cara Pemakaian:


  • Ambil gel pada tanaman lidah buaya, kemudian cukup oleskan gel tersebut ke kulit kepala.
  • Ada baiknya kamu mengoleskannya pada malam hari, kemudian segera bilas rambutmu pada pagi harinya.
  • Mengkonsumsi 1 sendok teh lidah buaya pada pagi hari juga akan sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi ke kulit kepala.

2. Fenugreek
Fenugreek adalah biji-bijian yang dikenal punya manfaat mengatasi rambut rontok dengan cepat. Fenugreek memiliki kandungan protein dan juga asam nikotinik memicu pertumbuhan rambut lebih sehat dan kuat. Selain itu, fenugreek juga memiliki hormon antecedents berfungsi untuk menjaga kesehatan sel folikel pada rambut, sehingga rambut tetap sehat dan baik mengatasi rambut rontok.

Cara Pemakaian:


  • Siapkan satu mangkuk berisi biji fenugreek, kemudian rendam biji tersebut di dalam wadah berisi air semalaman penuh.
  • Pagi harinya, tiriskan biji fenugreek dari air, kemudian haluskan biji fenugreek tersebut.
  • Oleskan biji fenugreek yang telah dihaluskan ke kulit kepala dan diamkan selama 40 menit.
  • Setelah itu, segera cuci rambutmu dengan air dan lakukan langkah diatas secara rutin.

3. Bawang Merah
Bawang merah banyak digunakan sebagai bahan pelengkap menu masakan dan bumbu masakan. Lebih dari itu, manfaat bawang merah sangat baik untuk mengatasi rambut rontok. Ada penyebab bawang merah cocok digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi rambut rontok, yaitu:

Bawang merah menyediakan kebutuhan cukup dengan kandungan sulfur untuk rambut. Pada proses metabolisme sulfur akan memperkuat folikel rambut dan memicu regenerasi sel folikel rambut, manfaatnya rambut rontok mudah diatasi sehingga kondisi tetap rambut terjaga sehat. Selain itu, bawang merah sangat efektif dengan senyawa anti-bakteri membunuh bakteri penyebab infeksi di kulit kepala dan rambut rontok.
Mengatasi rambut rontok dengan bawang merah

Cara Pemakaian:


  • Siapkan beberapa siung bawang merah dan buatlah menjadi jus dengan mencampurkannya dengan air ke dalam blender.
  • Jika sudah jadi, maka kamu bisa membilaskan jus bawang merah tersebut ke rambutmu. Setelah itu, diamkan selama 30 menit.
  • Terakhir, gunakan shampoo untuk mencuci rambutmu.

4. Teh Hijau
Teh hijau terkenal sebagai minuman tradisional di pelosok dunia. Selain untuk menjaga berat badan tetap seimbang, teh hijau salah satu cara cepat untuk mengatasi rambut rontok. Dalam komposisi beberapa kandungan, seperti antioksidan, teh hijau bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut yang terjadi dalam jumlah besar. Mengatasi kerontokan rambut dengan antioksidan, dalam teh hijau yang Anda konsumsi memiliki zat catechin untuk pertumbuhan rambut. Dalam kesehatan rambut,  kandungan anti-bakteri pada teh hijau akan mencegah bakteri yang dapat menimbulkan gejala infeksi pada akar rambut sehingga mencegah rambut rontok.

Cara Pemakaian:


  • Seduh teh hijau seperti kamu membuat teh pada umumnya.
  • Jika sudah, cukup aplikasikan teh hijau pada kulit kepala dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah itu, cuci kulit kepala dengan menggunakan air dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan.

5. Minyak Kelapa
Cara efektif pengobatan herbal untuk mengatasi kerontokan rambut dapat menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan jenis minyak alami yang cocok mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa mengandung asam lauric sangat baik mencegah perkembangan bakteri dan kuman penyebab infeksi sel folikel rambut. Manfaat lain ketika Anda menggunakan minyak kelapa untuk pengobatan herbal alami adalah menjaga kelembaban rambut menjadi sehat, sehingga kulit kepala, akar rambut dan rambut akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.
Mengatasi rambut rontok dengan minyak kelapa

Cara Pemakaian:


  • Oleskan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan.
  • Setelah itu, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dengan menggunakan tanganmu dengan gerakan memijat.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambutmu dengan menggunakan shampoo.

6. Kelapa

Cara pengobatan herbal mengatasi rambut rontok dengan bahan alami menggunakan kelapa. Bahan kelapa memiliki beberapa manfaat untuk rambut Anda. Tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga kondisi dalam kelapa memiliki lemak esensial, mineral dan protein yang mengurangi kerusakan rambut dan kaya potasium dan zat besi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau susu untuk mencegah rambut rontok.

Cara Pemakaian :

  • Hangatkan sedikit minyak kelapa dan pijat dari akar rambut ke ujung rambut.
  • Cuci setelah satu jam.
  • Atau, parut kelapa dan peras air susunya dengan mencampur sedikit air.
  • Menerapkannya di daerah kepala, akar rambut dan rambut 
  • Biarkan bahan herbal hingga besok pagi dan bersihkan dengan shampo dan air bersih.


7. Jus bawang merah

Bawang adalah sumber nutrisi rambut kaya belerang yang membantu dalam pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen. Menggunakan jus bawang pada kulit kepala dapat membantu mengendalikan dan mengatasi rambut rontok.

Cara Pemakaian:


  • Potong satu bawang halus dan peras airnya.
  • Oleskan jus di kulit kepala Anda dan diamkan selama 15 menit.
  • Sekarang bilas dengan sampo ringan dan biarkan rambut Anda mengering.
  • Gunakan ini dua kali seminggu untuk melihat hasilnya.


8. Jus Bawang putih

Seperti bawang merah, bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Ini adalah alasan mengapa digunakan dalam obat-obatan herbal untuk mengatasi rambut rontok. Menggunakan bawang putih sebagai cara mempercepat pertumbuhan kembali rambut secara alami dan tradisional.

Cara Pemakaian:


  • Hancurkan beberapa siung bawang putih.
  • Tambahkan minyak kelapa ke dalamnya dan rebus campuran selama beberapa menit.
  • Biarkan dingin dan kemudian pijat di kulit kepala Anda.
  • Anda bisa membiarkannya selama 30 menit dan kemudian mencuci rambut Anda.
  • Lakukan ini dua kali dalam seminggu.



9. Minyak Lavender

Minyak Lavender banyak digunakan dalam metode terapi dengan bentuk aroma-terapi. Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami di rumah dapat menggunakan minyak lavender, penggunaan teratur bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak lavender memiliki kandungan antioksidan yang akan memicu proses pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak ini juga memiliki kandungan antiseptik yang akan membasmi segala bakteri dan kuman yang menyebabkan infeksi di kulit kepala. Oleh karena itulah, minyak lavender banyak digunakan sebagai pengobatan herbal alami dan sehat mengatasi rambut rontok. Memanfaatkan minyak lavender salah satu cara jitu untuk menghilangkan ketombe secara alami.
Mengatasi rambut rontok dengan minyak lavender

Cara Pemakaian:


  • Oleskan beberapa tetes minyak lavender ke telapak tangan.
  • Setelah itu, oleskan minyak lavender ke kulit kepala dengan menggunakan tanganmu.
  • Diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambutmu dengan menggunakan shampoo.

10. Minyak Zaitun
Cara pengobatan herbal mengatasi rambut rontok dengan bahan alami di rumah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun kelapa memiliki beberapa manfaat untuk rambut Anda. Dalam minyak zaitun yang mempunyai minyak alami dikenal cepat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan untuk memicu pertumbuhan rambut, akar rambut dan kulit kepala. Selain itu, kandungan Vitamin E dan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut dan membuat rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:


  • Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan.
  • Setelah itu, aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepalamu, kemudian diamkan selama 1 jam.
  • Terakhir, cuci kulit kepala dengan menggunakan shampoo dan juga air.

11. Santan
Santan banyak ditemui sebagai bahan pelengkap dapur pada menu makanan. Namun, penggunaan bahan santan dapat Anda maksimalkan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi rambut rontok dan menyehatkan kulit kepala. Bahan santan berguna untuk mengatasi rambut rontok, dengan kandungan asam lemak omega-3, ahli  kesehatan rambut mempercayai manfaat asam lemak omega-3 untuk mencegah kerusakan rambut menjadi rontok dan juga membuat subur pertumbuhan rambut menjadi sehat.

Cara Pemakaian:


  • Siapkan santan yang sudah kamu masak.
  • Kemudian aplikasikan santan langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 20 menit dan kemudian cuci rambutmu dengan air dan shampoo biasa.

12. Bawang Putih

Mencegah kerontokan rambut dengan pengobatan herbal bahan bawang putih. sulfur yang tersedia dalam bawang putih memperkuat sel folikel rambut dan memicu pertumbuhan sel folikel rambut, sehingga rambutmu akan semakin kuat dan tidak mudah rontok. Kandungan zat anti-bakteri dari bawang salah satu kelebihan mengatasi bakteri yang menjadi sumber kerusakan kulit kepala dan kerontokan rambut.

Cara Pemakaian:


  • Siapkan beberapa siung bawang putih, kemudian jadikan sebagai jus dengan mencampurkannya dengan air di dalam blender.
  • Setelah itu, aplikasikan jus bawang putih langsung ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, segera bilas kulit kepala dengan menggunakan air dan shampoo yang biasa kamu gunakan.

13. Madu
Madu sudah sangat populer dalam bahan herbal alami. Mencegah rambut rontok secara sehat alami dengan madu sangat tepat, madu bahan herbal yang ampuh mengatasi masalah rambut rontok dan membersihkan ketombe. Studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, pasien menderita gatal-gatal pada kulit kepala dan juga rambut rontok mengalami peningkatan yang lebih baik pada kondisi rambut, akar rambut dan kulit kepala mereka, rambut rontok dan gatal pada kulit kepala berkurang.
 mengatasi rambut rontok menggunakan madu

Cara Pemakaian:


  • Siapkan 1 sendok teh madu dan juga air, kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
  • Aplikasikan campuran air dan madu ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, cuci rambut dengan menggunakan shampoo dan juga air biasa.


Mengatasi Rambut Rontok Melalui Gaya Hidup


Perawatan rambut sehat alami dengan mengenal penyebab rambut rontok , makanan sehat untuk kekuatan rambut dan akar kulit kepala serta pengobatan herbal alami, hanya sebagian dari cara banyak orang untuk mengatasi rambut rontok secara alami dirumah. Lebih dari itu, mengatasi kerontokan rambut adalah sangat penting untuk memperhatikan gaya hidup Anda. Gaya hidup sehari-hari yang cenderung tidak sehat, sering menjadi pemicu mengapa rambut sering rontok berlebihan.

Merubah gaya hidup sehat sebagai upaya mempertahankan rambut sehat alami, Anda dapat mengenali beberapa cara dalam upaya mengatasi rambut rontok. Mengubah kebiasaan dan gaya hidup sebagai cara yang teratur untuk rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

1. Jauh dari stress
Stress yang terus dialami tanpa henti dalam hidup merupakan salah satu penyebab rambut mudah rontok berlebihan. Meski banyak tekanan dan kebutuhan yang harus dipenuhi, membiasakan stres tanpa penyelesaian adalah mempercepat rambut rontok. Selain itu, dipastikan akan mengurangi kesehatan dan kekuatan akar rambut, rambut dan kulit kepala Anda.

Banyak cara yang perlu dilakukan untuk membebaskan diri dari tekanan stres, dengan melakukan meditasi, yoga, mandi dengan air hangat, atau melakukan sesuatu yang membangkit hormon kegembiraan dalam tubuh.

Ketika Anda  mampu membangkitkan hormon bahagia, sirkulasi darah ke seluruh tubuh akan lancar membawa oksigen sehat untuk bagian tubuh hingga ke akar rambut kepala Anda. Manfaatnya tentu sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan rambut tidak tidak mudah rontok.

2. Olahraga
Membiasakan diri olahraga rutin sangat baik pada kesehatan tubuh dan memberi nutrisi rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.  Dalam gaya hidup sehat, olahraga adalah salah satu cara untuk melatih dan memperkuat bagian tubuh. Sehingga sirkulasi darah kmembawa oksigen sehat lebih lancar hingga mencapai kulit kepala. Manfaatnya akan memperkuat sel folikel rambut  menjadi kuat dan gangguan pada rambut rontok dapat teratasi.

Mengatasi Rambut Rontok dengan olahraga


3. Selalu membuat rambut kering
Rambut basah yang tidak segera di keringkan dapat menjadi penyebab rambut mudah rontok. Gaya hidup yang selalu cepat, orang memiliki kebiasaan buruk bergantung hair dryer untuk mempercepat proses keringnya rambut. Selain itu, kebiasaan buruk lain ketika memperlakukan rambut basah dengan handuk sangat kasar. Akibat perlakuan buruk pada rambut secara berlebihan, hal ini akan membuat rambut mudah mengalami kerontokan dan patah akibat lemahnya akar rambut.

Gunakan cara alami dan sehat untuk rambut, seperti selalu membiasakan rambut kering sebelum Anda berpergian dan perlakukan rambut dengan kesabaran agar kekuatan rambut tetap kuat dan sehat, sehingga kerontokan pada rambut dapat dicegah.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar