Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 28 Juli 2018

Mencegah Panu Akan Lebih Baik Daripada Mengobati, Simak Caranya



Panuan, kira-kira begitu ucapan teman dan orang yang melihat Anda mengalami penyakit panu. Sebetulnya, bukan terkena penyakit panunya yang bikin Anda malu, namun seseorang yang kena panu, biasanya identik dengan kebiasaan jorok atau yang berhubungan dengan malas. Jadi, ketika seseorang di bilang kena penyakit panu dan meskipun bukan jenis penyakit yang berbahaya, penulis punya keyakinan, dalam waktu paling lama 3 hari, biasanya panu akan lenyap tanpa bekas. Apalagi panu tersebut muncul di permukaan wajah atau daerah kulit yang terlihat orang lain.

Mengutip laman hellosehat.com menerangkan, penyakit panu ini punya potensi bersarang kepada semua orang, termasuk Anda juga tentunya. Entah jenis kelamin pria atau wanita, panu bisa saja datang tanpa di ketahui. Orang yang menderita panu, umumnya akan di jauhi karena penyakit ini cukup mudah menular, dari tubuh pertama hingga ke tubuh orang berikutnya. Di jauhi orang terdekat karena panuan, otomatis bikin malu abis.

Biang keladi penyebab penyakit kulit panu adalah jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Umumnya jamur yang diketahui cepat berkembang pada seseorang, karena alasan kebersihan yang tidak diperhatikan, akhirnya sering di cap sebagai penyakit pemalas atau yang berhubungan dengan kebiasaan tidak bersih. Tubuh manusia dalam situasi normalpun memiliki jamur, ketika kebiasaan yang tidak bersih menjadi hal wajar pada seseorang, maka jamur berkembang dengan sangat cepat. Ciri-ciri penyakit panu ini mudah dikenali, Anda dapat melihat permukaan kulit yang terinfeksi panu mempunyai warna yang berbeda dengan kulit.

Mencegah Panu Akan Lebih Baik Daripada Mengobati

Cara mencegah panu tidak muncul


Selain kebiasaan yang tidak bersih, ternyata penyakit panu bisa berkembang oleh penyebab lain, misalnya cuaca panas, keringat yang berlebihan, kulit yang berminyak, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk mencegah jamur migrasi ke tubuh Anda, pencegahan terbaik adalah hilangkan kebiasaan menggunakan pakaian orang lain, handuk dan perlengkapan yang berhubungan tubuh, terlebih jika diketahui memiliki penyakit panu.

Panuan yang hinggap pada seseorang banyak tidak disadarinya, terutama panu muncul di bagian belakang tubuh. Biasanya mudah dikenali jika Anda panuan, seperti rasa gatal ketika berkeringat, perubahan warna kulit menjadi lebih putih atau berbeda dari warna normal. Yang cukup ekstrim, biasanya panu bisa bikin kulit menjadi bersisik halus.

Tip lainnya untuk mencegah panu


  1. Kurangi kebiasaan menggunakan produk kulit yang mengandung minyak berlebihan.
  2. Kurangi paparan sinar matahari. Jika tidak dapat dihindari, rajin menggunakan sampo anti jamur setiap hari selama beberapa hari sebelum paparan sinar matahari.
  3. Memakai tabir surya setiap hari.
  4. Kurangi menggunakan pakaian ketat, celana jeans, dan sebagainya.
  5. Terbiasa hidup sehat dengan menjaga kebersihan diri sendiri.


Demikianlah beberapa tip untuk mencegah panu datang. Mencegah lebih baik, apalagi jika panuan terjadi dan beritanya tersebar di sekolah kamu atau tempat kerja. Biasanya teman-teman banyak yang nyengir sambil menghindari Anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar