Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 04 Juli 2018

Manfaat Tak Terduga Gula Merah Untuk Pengobatan Anemia, Diabetes hingga Sakit Maag

Gula merah adalah jenis gula olahan yang berasal dari pohon palma yang sering terlihat berwarna kekuningan atau kecokelatan. Dengan rasa manis yang sering Anda dapat dalam gula merah, ternyata gula jawa tidak menjadi bahan pelengkap saja, manfaat gula merah bagi kesehatan antara lain  mengatasi maag, diabetes, dan bermanfaat juga memberi kontribusi pada perawatan dan kecantikan.

Mengutip laman kesehatantubuh-tips.blogspot.com yang menulis serba serbi gula merah, proses pembuatan gula aren dengan gula merah asli atau disebut gula kawung mempunyai manfaat tak terduga pada penyakit yang banyak dialami beberapa orang. Manfaat untuk perawatan kesehatan yang bersumber dari gula merah cukup banyak banyak, sayangnya mayoritas masyarakat saat ini lebih memilih menggunakan gula putih biasa disebut gula pasir. Beberapa alasan yang menjadi penyebab beralihnya penggunaan gula merah menjadi gula putih, karena gula aren memiliki warna merah dapat merusak warna dasar pada makanan ataupun minuman yang akan disajikan. Pada makanan tradisional tertentu, penggunaan gula gula aren dan gula jawa justru membuat warna alami pada makanan jenang, gado-gado dan lain sebagainya.

 Makanan dengan bahan gula merah


Di berbagai daerah Indonesia, ada banyak makanan tradisional yang masih menggunakan gula merah sebagai bahan untuk menambah manis dan gurih suatu makanan. Umumnya penggunaan gula merah telah bergeser dan telah menjadi bahan makanan yang dapat Anda temui pada jajanan pasar yang terbuat dari gula merah. Beberapa makanan yang masih menggunakan gula merah, antara lain :

1. Kue putu bambu
Kue putu bambu adalah makanan tradisional yang cukup banyak menggunakan gula merah untuk menambah rasa manis. Jenis camilan ringan yang sering dijumpai dalam jajanan tradisional ini menggunakan bambu saat memasak kue putu. Proses pembuatan dan mematangkan kue putu bambu dapat Anda lihat secara langsung, umumnya jenis makanan ini dimasak dengan cara dicetak dengan cetakan bambu. Kue putu adalah makanan dari tepung beras dan parutan kelapa, di bagian tengah dalam kue ini diberi isian gula merah.

2. Kue lupis
Kue lupis adalah makanan tradisional lainnya yang sering menggunakan gula merah. Kue lapis terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang hingga berbentuk segitiga. Kue dengan gula merah ini biasanya dibubuhkan kelapa parut dan gula merah cair untuk memberikan rasa manis di bagian atasnya.

3. Klepon
Makanan dengan bahan tepung beras ketan, klepon sering dijumpai dengan bentuk bulat dengan warna hijau. Menggunakan gula merah pada bagian dalam panganan, klepon yang berasal dari daerah Jawa dapat ditemui ketika Anda berada di pusat jajanan tradisional.

4. Kue ombus-ombus
Makanan khas yang sering dijumpai ini adalah panganan gula merah dari daerah Batak.  Kue ombus-ombus terbuat dari tepung beras yang dibungkus daun pisang. Kue ombus-ombus diberi gula merah pada bagian tengahnya.

5. Misro
Misro sering berpasangan dengan makanan combro, jenis makanan tradisional jajanan khas Sunda menggunakan bahan dasar dari parutan singkong. Adonan parutan singkong dibentuk bulat kemudian diisi dengan gula merah. Ketika Anda makan misro, ada sensasi unik saat lelehan gula merah keluar dari makanan.

6. Kue cucur
Makanan tradisional kue cucur masih banyak dijumpai dalam pasar tradisional dan modern. Kue cucut yang terbuat dari tepung terigu dan gula merah dengan bentuk lingkaran tipis. Bercita rasa manis, kue cucur memiliki tepian yang kering.

7. Gado-gado
Makanan tradisional dengan bahan gula merah lain adalah gado-gado. Gado-gado adalah salah satu makanan berasal dari Betawi, dalam 1 piring yang menjadi wadah gado-gado terdiri  sayur-sayuran yang direbus, lontong, tahu dan pelengkap lain dicampur jadi satu. Makanan lezat yang sangat populer ini dapat dijumpai lebih banyak pada siang hari. Lumuran bumbu kacang dan berpadu merata dengan gula merah, memberikan sensari yang luar biasa bagi yang menyukai makanan tradisional ini. Anda dapat menambah rasa pedas pada awal proses pembuatan, sehingga sensasi makanan gado-gado sering menjadi idola saat malam dan hujan.

8. Ketoprak
Makanan dengan gula merah lain yang sangat populer adalah ketoprak. Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat atau nasi dan balutan bumbu kacang yang di ulek dengan gula merah. Makanan khas aroma kacang dan gula merah jenis ini masih mudah dijumpai di beberapa sudut jalan. Makan tradisional Ketroprak merupakan makanan asli Indonesia. Beberapa bahan utama yang sering digunakan adalah tahu, bihun, mentimun, taoge dan bisa juga memakai telur rebus atau goreng , racikan cabe yang merata di bagian bumbu kacang dan gula merah. Makanan ketoprak sangat kaya akan rasa, dari manis, pedas, asin, asam jeruk nipis dan gurih dari kacang.

Macam-macam gula tradisional dalam jajanan dan kuliner rakyat



Mendapatkan makanan tradisional yang dijumpai pada pesta rakyat dan pusat penjualan dengan bahan gula merah sangat bervariasi. Namun yang perlu Anda ketahui, untuk menambah rasa manis dalam makanan dan kuliner tradisional, biasanya ada 3 jenis ‘gula merah’ yang bisa kita temui yaitu sebagai berikut:

Gula Aren
Gula aren atau yang lebih dikenal dengan sebutan gula kawung terbuat dari nira pohon aren atau pohon kolang-kaling dengan warna cokelat cerah. Gula aren biasanya dibungkus dengan daun kelapa kering dan lebih banyak digunakan untuk bahan campuran kue, karena rasanya lebih manis alami dan bisa memberikan warna yang bagus pada kue.

Gula Jawa
Gula jawa terbuat dari nira pohon kelapa. Gula jawa inilah yang biasa kita kenal sebagai gula merah. Biasanya, gula jawa digunakan untuk membuat kecap, dodol, atau kinca. Warna dari gula jawa ini lebih pekat jika dibandingkan dengan gula aren. Dan gula jawa ini harus disaring dulu sebelum digunakan karena biasanya gula jawa sedikit kotor.

Gula Semut
Gula semut lebih dikenal dengan sebutan gula palem. Bahan pembuatan gula semut berbeda-beda, bisa dari nira pohon aren ataupun nira pohon kelapa. Bedanya gula semut dengan gula aren dan gula jawa adalah bentuknya yang kristal. Hampir mirip dengan gula pasir, hanya saja ukurannya lebih besar. Gula semut paling sering digunakan untuk minuman, jamu, roti, atau ditaburkan begitu saja pada makanan.

Berbagai Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan


Memiliki tubuh sehat dan kuat tentu dipengaruhi gaya hidup dan konsumsi sehat. Salah satu bahan makanan yang memberi manfaat kesehatan adalah gula merah. Konsumsi gula merah yang teratur dan disarankan pakar kesehatan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan. kandungan alami dan sehat gula merah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga berbagai macam penyakit dapat dihindari. Kelebihan gula merah dalam meningkatkan sistem imunitas Anda dalam melawan berbagai mikro-organisme yang terdapat di dalam tubuh.

Meningkatkan Stamina Tubuh
Kandungan gula merah pada kesehatan adalah meningkatkan stamina tubuh. Dalam komposisi gula aren memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, sekitar 11,18%. Karbohidrat dalam bentuk gula seperti glukosa dan fruktosa yang akan lebih mudah untuk dicerna, sehingga dapat menggantikan sumber energi yang telah berkurang di dalam tubuh.

Mencegah Anemia
Penyakit anemia sering membuat penderita lemah, letih, lesu, pucat, tidak bertenaga dan pusing. Konsumsi gula jawa untuk mencegah anemia. Anemia merupakan penyakit yang banyak dialami beberapa orang akibat kekurangan darah. Lebih jauh lagi, gula jawa mengandung sedikit zat besi yang dapat menambah kadar darah Anda.

Sebagai Sumber Antioksidan
Gula merah mengandung vitamin C yang baik untuk dijadikan sebagai sumber antioksidan. Kemampuan utama dari gula merah meningkatkan ketahan tubuh, vitamin C dalam gula merah dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Cocok Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes
Manfaat gula merah untuk diabetes adalah mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena gula merah adalah komposisi gula sederhana yang mudah dicerna dan pada akhirnya akan lebih cepat mengalami proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga tidak akan membuat kadar gula pada darah Anda menjadi semakin tinggi.

Mengurangi Kadar Kalori di Dalam Tubuh
Manfaat gula merah untuk beberapa orang yang menjalani pola diet sangat cocok. Gula merah adalah konsumsi yang sering berguna menurunkan berat badan,. Komposisi dalam gula merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir.

Manfaat Gula Aren Untuk Kecantikan



Bagi Anda yang ingin memiliki wajah dan tubuh yang cantik, Anda dapat menjadikan gula aren ini sebagai bahan campuran untuk lulur. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah lulur yang biasa Anda gunakan, gula aren, dan minyak zaitun. Campurkanlah setengah cangkir gula aren dan 5 tetes minyak zaitun ke dalam lulur. Kemudian gunakan campuran tersebut pada tuduh Anda untuk mengankat sel-sel kulit mati.

Mencegah Penyakit Hepatitis

Agar Anda tidak terserang penyakit hepatitis, Anda harus pandai mengatur pola hidup dan mengonsumsi gula aren sebagai salah satu menu makanan wajib Anda setiap harinya. Pasalnya, gula aren mengandung kadar kolesterol yang rendah, sehingga dapat mencegah penumpukan lemak pada hati. Selain itu, gula aren memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit Untuk Penderita Maag

Maag merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya luka yang terdapat pada dinding lambung. Hal tersebut disebabkan karena banyak mengandung makanan yang memiliki rasa asam seperti sambal, jeruk dan lain sebagainya. Manfaat gula aren untuk maag adalah dapat mengurangi rasa nyeri di lambung. Sebab, gula aren mengandung riboflavin, thiamine, pyiridocsin dan ascorbic acid yang dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab maag.

Manfaat Gula Merah Mengobati Sariawan


Ketika Anda sedang mengalami sariawan tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman untuk makan bukan? Nah, untuk menyembuhkan sariawan tersebut, Anda dapat menggunakan gula aren sebagai obatnya. Sebab, gula aren memiliki kandungan niacin yang sangat ampuh untuk mengobati sariawan pada mulut Anda. Cara mengobatinya sangat sederhana, Anda hanya cukup menempelkan gula aren pada bagian mulut yang mengalami sariawan, maka beberapa hari kemudian akan sembuh.

Sebagai Bahan Campuran Obat Tradisional

Jamu tradisional yang dijual di Indonesia dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit secara ampuh. Untuk mengurangi rasa pahit pada amu tersebut, biasanya pemanis yang digunakan berasal dari gula aren. Hal tersebut disebabkan karena gula aren memiliki berbagai macam kandungan alami yang dapat menguatkan manfaat dari bahan-bahan herbal pada amu tersebut. Selain itu, gula aren dapat bersifat sebagai antibakteri untuk membunuh mikroorganisme yang merugikan.

Gula Aren dan Manfaatnya Untuk Sistem Syaraf


Gula aren dapat membuat Anda merasa menjadi lebih rileks di saat mengalami stress atau depresi. Hal tersebut diesababkan karena gula aren mengandung kadar selenium yang cukup tinggi. Selenium bermanfaat untuk membantu melemaskan sel-sel otot yang kaku. Cara pemanfaatannya cukup sederhana, Anda hanya perlu merebus gula aren yang dicampur dengan sedikit air hingga mencair pada api yang sedang. Kemudian, tunggulah beberapa saat hingga tidak terlalu panas. Minumlah air gula tersebut di malam hari ketika Anda ingin beristirahat.

Beragam bahan makanan yang sering menjadi pelengkap. ternyata memiliki banyak manfaat jika Anda dapat memaksimalkan untuk kecantikan, perawatan, dan kesehatan. Seperti gula merah yang hanya diketahui menjadi bumbu dan bahan pelengkap, jika dikonsumsi teratur dan sesuai aturan akan membuat kondisi tubuh lebih sehat dan berat badan seimbang.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar