Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 05 Juli 2018

Makanan yang Disarankan dan Dilarang Ketika Patah Tulang

Patah tulang umumnya disebabkan oleh cedera benturan tubuh dengan objek lain, seperti jatuh, kecelakaan mobil, atau cedera olahraga, namun, patah tulang juga bisa disebabkan oleh penyakit osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang diakibatkan kekuatan tulang yang lemah dan juga penurunan jaringan tulang yang menimbulkan kerapuhan tulang. Pada kondisi seseorang mengalami patah tulang, cara terbaik perlu dilakukan adalah mencari bantuan medis sambil menjaga agar struktur tidak bergerak mendapatkan bantuan.

Makanan yang Disarankan dan Dilarang Ketika Patah Tulang


Selama proses penyembuhan patah tulang, dalam beberapa hari ke depan penderita memulai pengobatan alami untuk membantu menyembuhkan patah tulang dengan cepat. Beberapa makanan yang sangat baik membantu proses penyembuhan patah tulang, juga ada beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi untuk menghindari pengobatan mendapat gangguan.

Makanan untuk Menyembuhkan Patah Tulang


1. Makanan berkalsium tinggi
Penopang utama yang menguatkan tulang adalah cukup kalsium. Konsumsi makanan yang kaya akan mineral penting untuk memperkuat tulang seperti sayuran bahan laut, sayuran berdaun hijau, salmon, ikan sarden utuh, dan susu tanpa pemanis seperti yoghurt.

2. Makanan Vitamin K
Konsumsi secara teratur makanan yang kaya kandungan vitamin K. Beberapa makanan yang memiliki vitamin K untuk mempercepat proses kesembuhan patah tulang, antara lain : Kale, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya. Anda yang tidak memiliki alergi pada minuman susu, dianjurkan untuk menambah asupan produk susu mentah seperti keju. Dengan kombinasi vitamin K yang sangat penting untuk pembekuan darah dan membantu proses pembentukan tulang.

Makanan Menyembuhkan Patah Tulang


3. Makanan protein tanpa lemak 
Tubuh manusia tidak dapat membangun kembali jaringan yang hilang tanpa dibantu asupan protein. Konsumsi terbaik untuk mendapatkan makanan organik, protein tanpa lemak seperti ikan hasil memancing atau daging sapi yang diberi makan rumput.

4. Vitamin C
Vitamin C adalah bagian penting dalam proses penyembuhan penderita patah tulang. Kemampuan vitamin C memproduksi kolagen sebagai komponen penting dari kulit dan jaringan. Beberapa makanan kaya akan kandungan vitamin C dan banyak terdapat pada buah dan sayuran seperti buah jeruk, paprika, stroberi, dan tomat.

5. Seng
Pertolongan lain yang dapat membantu proses patah tulang cepat sembuh adalah reaksi kimia untuk membangun kembali tulang dengan mencukupkan seng. Untuk menambah asupan zinc, tambahkan daging sapi, biji labu, dan bayam ke dalam menu makanan.

Makanan yang dilarang ketika Patah Tulang


1. Alkohol
Minuman yang memiliki kadar alkohol akan meningkatkan resiko kehilangan tulang dan meningkatkan peradangan yang tidak mendorong penyembuhan. Jika menginginkan kesembuhan lebih cepat selama patah tulang, jangan konsumsi minuman jenis ini.

2. Garam 
Menu makanan yang selalu menggunakan garam dapat memperlambat penyembuhan penderita patah tulang. Dalam kadungan garam yang memiliki natrium menghilangkan kandungan kalsium dari tulang. Penderita perlu memperhatikan asupan garam lebih sedikit, minimal kurang dari 1500 mg (kurang dari ½ sdt) per hari.

3. Gula dan biji - bijian olahan
Minuman dan makanan dengan bahan dasar gula dan biji-bijian olahan meningkatkan kehilangan kalsium tulang dan memberikan nutrisi yang sangat sedikit untuk penyembuhan luka. Hindari asupan minuman yang mengandung gula seperti terdapat pada  minuman bersoda dan minuman manis lainnya

4. Kafein
Selama patah tulang belum sembuh, penderita perlu berhenti untuk konsumsi minuman mengandung kafein. Minuman berkafein mengandung senyawa yang dapat mengikat kalsium, mencegah kalsium diserap dan berakibat pada proses penyembuhan tulang yang patah menjadi semakin lama.

Penderita patah tulang yang menjalani proses penyembuhan perlu mendapat perhatian. Dengan konsumsi makanan yang mampu mempercepat pengobatan, beberapa makanan yang kurang baik untuk menyembuhkan patah tulang perlu dihentikan supaya prosesnya tidak semakin lama.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar