Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 02 Juli 2018

Makanan Terbaik Untuk Perkembangan Otak Bayi Selama Ibu Hamil

Info Singkat Makanan Terbaik Untuk Perkembangan Otak Bayi Selama Ibu Hamil - Makanan tertentu telah terbukti berdampak positif terhadap memori dan kapasitas bayi Anda untuk belajar, namun ada juga makanan yang dapat menghambat perkembangan otak agar tumbuh maksimal selama ibu hamil.

Pilih Makanan Sehat Untuk Otak Bayi Pada Ibu Hamil


Mengutip laman hamil.co.id yang menjelaskan beberapa makanan yang diperlukan untuk perkembangan otak bayi dan juga makanan yang tidak baik dikonsumsi wanita hamil.

Makanan Untuk Perkembangan Otak Bayi Selama Ibu Hamil


Dianjurkan makanan dengan kaya Vitamin Selama Kehamilan
Membiasakan konsumsi berbagai vitamin adalah faktor penting selama masa kehamilan. Selain menjaga kesehatan ibu hamil, tumbuh kembang bayi selama berada dalam janin dapat tercukupkan dengan pola makan sehat. Wanita hamil perlu memastikan untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda, seperti asam folat dan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah, vitamin C untuk memproduksi kolagen, vitamin D untuk membangun tulang, dan seng untuk perkembangan otak. Jika vitamin mengganggu perut karena kemungkinan alergi, jangan membuangnya, cobalah konsumsi dengan makanan, atau bicarakan dengan dokter untuk mencoba tentang beralih merek.

Dianjurkan makanan kaya Omega-3 Selama Ibu Hamil
Ikan adalah jenis makanan yang kaya asam lemak omega-3, dapat meningkatkan kekuatan otak bayi ketika masa pertumbuhan dalam perut ibu hamil. Dalam sebuah penelitian dari Harvard Medical School, semakin banyak wanita makan ikan yang sehat selama trimester kedua, semakin tinggi lonjakan perkembangan otak bayi mereka pada tes perkembangan mental pada usia 6 bulan. Omega-3 ditemukan di membran sel otak, jadi ada banyak cara yang perlu wanita hamil lakukan untuk dapat mempengaruhi secara positif fungsi otak bayi, kata Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di Universitas Kedokteran dan Sains Rosalind Franklin, di Chicago. J.

Berhati-hatilah dengan Merkurius
Ikan baik untuk kecerdasan otak bayi selama masa kehamilan, tetapi wanita hamil perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan. Kontaminasi merkuri pada beberapa ikan bisa berbahaya. The Food and Drug Administration menyarankan semua wanita hamil untuk menghindari jenis ikan hiu, tilefish, king mackerel, dan ikan olahan, karena mengandung tingkat tertinggi. Beberapa pilihan jenis ikan yang rendah merkuri seperti salmon, lele, pollack, whitefish, nila, dan udang. Bahkan dengan varietas ini, Anda harus membatasi semua ikan hingga 12 ons (sekitar dua kali makan) per minggu.

Mengunyah Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran menghasilkan kandungan antioksidan yang baik untuk bayi. "Antioksidan melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan," kata ahli gizi Elizabeth Somer, RD, penulis Nutrisi untuk Kehamilan Sehat . Pilih produk buah dan sayuran yang berwarna gelap, seperti sayuran berdaun hijau, pepaya, blueberry, dan tomat untuk memperoleh manfaat terbanyak dari antioksidan. Sebelum wanita hamil mengkonsumsi buah dan sayuran, ingatlah untuk mencuci semua buah dan sayuran secara menyeluruh, bahkan buah-buahan yang memiliki kulit (karena memotongnya akan menyeret kuman melewati daging).

Sayuran dan Buah Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Bayi



Hindari Alkohol
Menurut March of Dimes. Minum ringan hingga sedang dapat menyebabkan masalah dengan pembelajaran, perhatian, memori, dan keterampilan sosial yang akan diperoleh bayi selama masa kehamilan. Selama ibu mengalami kehamilan, minuman degan alkohol seperti bir, anggur, atau minuman keras membahayakan otak bayi.

Meningkatkan Protein
Tubuh wanita hamil akan membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan kondisi normal, hal ini karena ibu hamil terus mensuplay dalam membangun sel yang dibutuhkan bayi dan membuat hormon untuk bayi yang sedang tumbuh kembang. Bahkan, asupan protein ibu hamil dipastikan melonjak 10 gram lebih tinggi per hari. Beberapa penguat protein yang baik: smoothie yoghurt saat sarapan, secangkir sup kacang saat makan siang, selai kacang pada biskuit gandum utuh untuk camilan, atau porsi daging sapi tanpa lemak (tenderloin dan sirloin adalah pilihan yang baik) saat makan malam.

Perbanyak Asupan Zat Besi
Asupan zat besi ibu hamil akan diperlukan berlipat ganda selama kehamilan, karena zat besi membantu memberikan oksigen yang menopang kehidupan bagi bayi. Masalahnya, banyak wanita yang memasuki kehamilan sudah kekurangan zat besi, kata Somer. Jika bayi Anda kekurangan oksigen di dalam rahim, risiko pertumbuhan akan menjadi buruk - dan IQ yang mempengaruhi kecerdasan otak bayi menjadi lebih rendah - meningkat. Minta dokter Anda untuk menguji kekurangan zat besi. Pastikan komposisi makanan yang dimakan ibu hamil selama hamil dapat dipenuhi dengan makanan kaya zat besi seperti daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, kacang polong, dan sereal.

Jangan Dapatkan Terlalu Banyak
Perlu ibu hamil mengetahui bahwa makanan yang dimakan saat ini adalah untuk dua orang, tetapi terlalu banyak konsumsi makanan selama kehamilan meningkatkan peluang melahirkan secara prematur. Bayi yang lahir lebih awal mungkin berada dalam posisi yang kurang menguntungkan. "Persalinan prematur adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk gangguan mental," kata Dr Lise Eliot. " hubungan kuat antara berat lahir  adalah rendahnya skor kecerdasan otak dan IQ, serta prestasi sekolah." Biasanya bayi yang lahir lebih awal akan kehilangan nutrisi yang diberikan plasenta dan lebih rentan terhadap infeksi.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar