Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 02 Juli 2018

Makanan Sehat Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Makanan Sehat Ibu Hamil Agar Anak Cerdas adalah upaya yang banyak dilakukan calon ibu ketika mendapat kabar gembira telah mengandung. Pada masa tumbuh kembang janin dalam perut, makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki pengaruh yang sangat besar untuk membuat bayi menjadi lebih cerdas. Dalam penelitian untuk kecerdasan awal bayi yang masih didalam kandungan, ternyata dapat lebih dimaksimalkan dengan konsumsi sehat dan baik untuk perkembangan otak janin.

Masa perkembangan sel-sel otak janin dibentuk sejak 3 - 4 bulan selama berada dalam kandungan ibu, kemudian setelah lahir sampai umur 3 - 4 tahun jumlahnya bertambah dengan cepat mencapai milyaran sel, namun dari pencapaian besar sel-sel ini belum ada hubungan antar sel-sel. Sel-sel saraf otak balita berkembang sangat pesat. Hal ini dapat diketahui dari penambahan berat otak ataupun lingkar kepala balita. Ketika bayi lahir, beratnya sekitar 25% dari otak orang dewasa. Kemudian pada usia setahun beratnya sudah mencapai 70% usia otak dewasa.

Dilansir laman parent.com bersama Lisa Eliot, PhD, asisten profesor di Universitas Kedokteran dan Sains Rosalind Franklin, di Chicago menjelaskan, banyak makanan penting yang dapat digunakan ibu hamil untuk kecerdasan otak bayi, diantaranya ikan dan suplemen minyak ikan.

Masa Ibu Hamil  yang menginginkan bayi bertumbuh maksimal pada perkembangan otak salah satu cara untuk membuat janin menjadi cerdas. Beberapa makanan berikut yang perlu dikonsumsi wanita hamil khususnya pada hamil muda, antara lain :

Makanan Sehat Ibu Hamil Agar Anak Cerdas


1. Sereal

Sarapan pagi seringkali diabaikan oleh ibu hamil karena beberapa kesulitan yang dapat timbul, diantaranya gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan. Jika ibu hamil ketika sulit sarapan, Anda dapat menggunakan sarapan lebih ringan dengan mengkonsumsi sereal. Sereal dengan kandungan kompleks dengan aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium merupakan makanan yang penting untuk mencukupkan kebutuhan nutrisi janin pada pagi hari. Selain itu, zat penting lain dari gandum utuh memberikan energi dan serat yang dibutuhkan ibu hamil.

Sereal dan Oat mengandung vitamin B dan E yang tinggi yang dapat memberi cadangan energi pada otak bayi dan menjaganya dari berbagai macam serangan virus atau bakteri. Ini juga termasuk makanan sehat awal kehamilan agar janin kuat.

2. Produk susu

Susu adalah konsumsi penting yang banyak dianjurkan dokter untuk ibu hamil. Dalam segelas susu yang wanita hamil minum terdapat vitamin penting dan protein untuk pertumbuhan jaringan baru pada bayi, mencukupkan kebutuhan vitamin untuk otak bayi dan banyak manfaat lainnya. Selain itu, konsumsi susu dengan bahan kedelai dapat menjadi alternatif wanita hamil yang masalah alergi.

3. Buah dan Sayur

Memasuki masa kehamilan trimester pertama, beberapa vitamin sering diperlukan dalam jumlah yang cukup, seperti vitamin C untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Selain itu, makanan kaya zat besi dapat mencegah dari anemia untuk ibu hamil.

4. Ikan tuna, salmon dan kakap

untuk melahirkan bayi cerdas ketika masa kehamilan, ikan adalah makanan yang sering dianjurkan untuk ibu hamil. Dalam kandungan ikan yang kaya dengan protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin. Pilih ikan yang bebas kandungan merkuri agar tidak menggangu perkembangan janin. Lebih dari itu, wanita hamil perlu menghindari mengkonsumsi ikan mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

Makanan sehat untuk ibu hamil ketika makan ikan tuna, salmon dan kakap mempunyai kandungan penting yang dibutuhkan otak bayi, seperti protein , Omega 3.

5. Kacang-kacangan


Makanan jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah memiliki kandungan kaya protein dan asam folat. Kebiasaan teratur yang dilakukan wanita hamil dengan asupan makanan sehat selain mencegah otak dari ancaman kerusakan dan juga membantu memperkuat tulang belakang bayi. Manfaat lain yang diperoleh untuk wanita hamil ketika menggunakan bahan kacang adalah pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau dengan asam folat dan vitamin B dan energi disertai kekebalan tubuh ibu hamil muda.

6. Alpukat dan  biji labu

Makanan jenis alpukat dan biji labu mengandung vitamin E dan asam amino yang tinggi, manfaatnya untuk mencerdaskan otak bayi dalam merespon suara yang ada diluar perut ibu, misalnya mendengarkan musik.

7. Jagung manis

Jagung manis salah satu makanan yang digemari banyak orang. Dalam jagung manis yang mengandung vitamin B kompleks, antioksi. fenolik flavonoid dan asam ferulat yang mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi.

8. Kuning telur

Telur diketahui memberi banyak manfaat pada kesehatan, selain itu juga penting untuk membuat bayi dalam kandungan memperoleh kecerdasan. Kandungan kolin yang tinggi pada kuning telur dapat meningkatkan perkembangan  sel sel otak bayi menjadi lebih aktif dan sehat. Kuning telur juga merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui agar mendapat banyak cairan.

Pada masa kehamilan yang dialami ibu hamil adalah hal penting untuk tetap melakukan kontrol secara teratur dengan dokter dan tenaga ahli. Tujuannya selain memastikan masa kehamilan wanita dapat berjalan dengan baik juga memiliki kecepatan dalam mendeteksi berbagai kemungkinan gejala kelainan.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar