Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 17 Juli 2018

Makanan Ini direkomendasikan Untuk Penderita Asam Urat


Punya penyakit asam urat sebenarnya merepotkan, terutama ketika akan memilih makanan yang tidak memicu asam urat melonjak. Kesalahan konsumsi makanan yang tidak tepat, selain memompa asam urat semakin tinggi, penderitaan lain ketika kambuh juga mengurangi aktivitas sehari-hari.
Munculnya penyakit asam urat diawali dari gaya hidup tidak sehat yang berlangsung lama, sehingga tanpa Anda sadari, pada titik tertentu, peningkatan asam urat dalam darah meledak menjadi rasa sakit.

Seseorang yang sering makan secara berlebihan dengan konsumsi asupan tinggi asam urat juga beresiko pada  peningkatan berat badan hingga mengundang obesitas. Produksi asam urat selain dihasilkan dari makanan, juga dapat disebabkan oleh tubuh sendiri. Ketika gangguan asam urat mengendap dalam tubuh, umumnya ada beberapa makanan yang dilarang untuk di konsumsi, namun pada kesempatan ini, penulis lebih condong menceritakan, makanan apa saja yang direkomendasikan untuk di konsumsi. Hal ini selain memberi kepastian ketika Anda akan mencari menu makanan, juga dapat mengetahui secara pasti jenis makanan yang tidak membuat lonjakan asam urat tinggi.

Mengutip laman kompas.com 2013, penderita asam urat perlu mengendalikan penumpukan asam urat dalam tubuh, selain itu diperlukan upaya yang benar mengikis asam urat dengan pengaturan makanan sehat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengendalikan penumpukan asam urat, adalah makanan.

Makanan yang di konsumsi untuk penderita asam urat dengan diet rendah purin, namun Anda perlu juga memperhatikan kecukupan energi dan jenis/komposisi zat nutrisi. Perhatian dengan benar untuk berat badan ideal Anda dan tetap rutin kontrol kadar asam urat.

Diet Rendah Purin Untuk Menekan Tingginya Asam Urat Dalam Tubuh

Melakukan pola diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari. Berikut beberapa pedoman dalam diet rendah purin, antara lain :
  • Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jerohan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood seperti remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden, caviar. 
  • Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, namun dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan), seperti: jamur, asparagus, kembang kol, lentils, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dll.

Makanan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat

Bahan makanan yang mengandung rendah purin, diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain: buah-buahan dan sayuran segar, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, coklat, dll.

Dengan menjaga asupan makanan sehari-hari dengan teratur, akan membantu Anda dapat proses percepatan menghilangkan kadar asam urat yang terlalu tinggi, selain itu, lakukan kontrol kesehatan dengan dokter untuk antisipasi jika kadar asam urat Anda melewati ambang batas terlalu tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar