Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 04 Juli 2018

Kenali Gangguan Kesehatan Pada Jantung Anda, Ada 6 Penyakit Menyerang Jantung

Banyak pengetahuan orang secara umum, ketika jantung mengalami penyakit akan disebut penyakit serangan jantung. Padahal banyak resiko menjadi sebuah gangguan pada jantung, beberapa diantara gangguan kesehatan jantung seperti aritma, jantung koroner (PJK) dan penyakit katup jantung.

Dengan mengetahui secara jelas gangguan jantung ketika timbul masalah, akan membuat Anda mengetahui berbagai langkah pencegahan lebih dini pada penyakit berkaitan dengan organ vital jantung. Mengenali jenisnya membantu Anda mengambil keputusan atau segera mencari penanganan yang terbaik. Penanganan gejala penyakit jantung pada waktu yang tepat juga dapat mengurangi risiko kematian dan meningkatkan peluang untuk sembuh dan pulih kembali.

6 Penyakit Menyerang Jantung


1. Serangan jantung 
Serangan jantung adalah sebutan yang paling umum ketika mendapati seseorang mempunyai masalah pada jantungnya. Secara ilmiah menjelaskan, kondisi yang mengakibatkan serangan jantung terjadi ketika aliran darah membawa oksigen terhambat ke otot jantung sehingga jantung tidak mendapatkan oksigen. Akibat yang berbahaya jika aliran darah tidak segera dipulihkan dengan cepat, bagian otot jantung akan mulai mati. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami serangan jantung adalah berkeringat, napas pendek, denyut nadi cepat dan tidak beraturan, serta mual.

2. Aritmia 
Aritmia adalah penyakit karena kelainan jantung ditandai dengan detak atau ritme yang tidak normal, kondisi detak jantung yang terlalu cepat, terlalu pelan, atau tidak teratur dari pemilik jantung normal. Aritmia terjadi apabila impuls elektrik tidak berfungsi. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami aritmia adalah detak jantung lambat atau cepat, munculnya debaran kuat di dada, nyeri dada, sesak napas, pusing, berkeringat, pingsan, detak jantung seperti terlewat dan berdebar), hentakan pada dada, sesak napas, nyeri dada hingga kelemahan atau kelelahan.

Kenali serangan jantung fibrilasi atrium


3. Fibrilasi atrium 
Atrial fibrillation atau fibrilasi atrium adalah merupakan gangguan yang persis seperti aritmia dengan kondisi pada bagian ruang jantung bawah atau ventrikel memompa lebih cepat dari normal yang mengakibatkan detak jantung menjadi tidak teratur, kadangkala jantung seperti hilang timbul atau dapat tidak kunjung menghilang. Jika tidak mendapat perawatan dengan cepat oleh tenaga medis, risiko komplikasi seperti stroke, serangan jantung atau gagal jantung akan bertambah besar. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami penyakit jantung fibrilasi atrium antara lain jantung sering berdebar, gangguan pernapasan menjadi sesak, tubuh menjadi lemas tanpa tenaga, nyeri dada, pusing atau pingsan, hingga menjadi linglung.

4. Penyakit katup jantung 
Penyakit katup jantung adalah keadaan tubuh yang tidak normal dengan kondisi salah satu atau beberapa katup jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kerusakan pada katup jantung dapat menyebabkan banyak gangguan jantung lainnya, seperti hipertensi dan gagal jantung. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami penyakit katup jantung adalah sesak napas, gangguan pernapasan sesak, kelelahan, rasa nyeri tidak nyaman di dada, pusing, pingsan, sakit kepala, batuk, berat badan meningkat dengan cepat, serta pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, atau perut.

Gangguan kesehatan dari penyakit gagal jantung


5. Gagal jantung 
Gagal jantung memiliki beberapa perbedaan dengan serangan jantung, ketika seseorang gagal jantung adalah suatu keadaan dalam tubuh yang terkait dengan jantung tidak bisa berfungsi baik dan tidak mampu untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini menyebabkan darah lebih lambat untuk bergerak ke seluruh tubuh. Akibat dari kurangnya darah memompa oksigen menuju jantung akan membuat resiko lebih tebal pada bilik jantung. Semakin lama, otot jantung akan makin melemah. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami gagal jantung adalah sesak napas selama beraktivitas atau istirahat, kelelahan yang ekstrem, serta pembengkakan kaki, pergelangan kaki, perut, atau daerah punggung bawah.

6. Perikarditis 
Perikarditis adalah pembengkakan dan iritasi pada perikardium. Perikardium adalah selaput kantung di sekitar jantung yang berfungsi untuk menahan jantung di tempatnya. Peradangan akibat pembengkakan yang terjadi pada jantung menyebabkan luka dan membuat dinding tebal pada perikardium, sehingga jantung bisa mengerut. Ini berisiko menyebabkan komplikasi lain seperti berkurangnya aliran darah dari jantung hingga menyebabkan kematian. Ciri-ciri umum ketika seseorang mengalami penyakit jantung ini antara lain nyeri dada yang menusuk, demam, jantung berdebar, serta sesak napas.

Pada umumnya, ada satu tanda yang mudah dikenali ketika jantung bermasalah, secara umum ketika gangguan jantung muncul seperti oleh beberapa penderita keluhkan adalah nyeri dada (juga disebut angina). keadaan tertekan dan perasaan terbakar, nyeri.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar