Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 05 Juli 2018

Kenali 9 Tanda dan Gejala Ketika Tubuh Kekurangan Air

Suatu kebiasaan dari beberapa orang sering lupa minum air, umumnya kebanyakan mereka tidak minum sesuai kebutuhan untuk mencukupkan kebutuhan air yang diperlukan tubuh. Pada periode tertentu, kekurangan cairan air untuk tubuh akan membuat tanda dan gejala yang sering terlihat. Beberapa sinyal tubuh untuk Anda saat kekurangan air dengan beberapa tanda ini mungkin dapat membuat perubahan dengan mulai memperhatikan pola hidup yang lebih sehat.

Tanda dan Gejala Ketika Tubuh Kekurangan Air


Tubuh orang dewasa rata-rata terdiri antara 55-60 persen air , yang merupakan indikasi tentang sangat pentingnya untuk mengisi dan menyegarkan tubuh dengan air. Kekurangan air dalam tubuh akan membuat Anda mengalami dehidrasi tubuh, seperti kendaraan, mengirimkan tanda peringatan yang jelas bahwa perlu memeriksa tingkat cairan yang normal.

Beberapa tanda tubuh Anda saat tidak cukup minum air


1. Kulit menjadi kering
Perubahan yang normal bagi kulit berubah seiring dengan pergantian musim. Ketika masuk musim dingin, kita sering melihat kulit tampak kusam dan peningkatan sel kulit mati. Gejala kulit kering akibat kekurangan cairan harus di respon menggunakan produk untuk memberi nutrisi minyak. Namun, jika perawatan tidak berfungsi dengan tanda kulit tetap kering dan pecah-pecah meskipun menggunakan lotion, Anda perlu menambah minuman air sebagai pengobatan. Ketika kulit mengalami dehidrasi, yang sangat dibutuhkan dalam pengobatan kulit kering adalah minum air.

2. Mulut dan bibir menjadi pecah dan kering
Fakta yang mudah dilihat ketika Anda belum minum cukup air adalah penurunan kesehatan mulut dan bibir. Mulut, lidah dan bibir akan menjadi lebih kering dan terrasa lengket.Tanda-tanda tubuh kurang air disertai haus berlebihan. Gejala dehidrasi lain terutama bagian mulut Anda mulai muncul bau mulut.

Mulut kering dan dahaga yang meningkat bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius . Jika gejala mulut kering, bibir pecah dan haus tidak sembuh setelah beberapa hari minum air, disarankan untuk konsultasi dengan dokter.

Gejala sakit kepala Ketika Tubuh Kekurangan Air


3. Mudah Sakit kepala
Gejala sakit kepala salah satu penyakit umum yang dapat terjadi saat tubuh kekurangan air. Kepala yang berdenyut setiap menit. Akibat sakit kepala pada situasi lain, tentu berakibat Anda sulit berkonsentrasi pada apa pun, dan kesabaran Anda mulai menipis. Segera minum lebih banyak air untuk mencegah hal buruk lain yang dapat terjadi.

Menurut National Headache Foundation , sakit kepala sebenarnya adalah tanda umum bahwa seseorang mengalami dehidrasi ringan hingga sedang. Bahkan, asupan air yang tidak memadai dapat memicu migrain. NHF menyarankan hanya minuman air ketika mengalami sakit kepala dan menghindari minuman dengan tambahan rasa seperti gula, asin yang dapat memperparah sakit kepala.

4. Mudah lelah
Perhatikan rutinitas Anda untuk memastikan Anda cukup tidur setiap malam. Jika Anda beristirahat dengan baik tetapi masih merasa lemas dan lelah sepanjang waktu, Anda mungkin mengalami dehidrasi .

Keletihan dan kelelahan dapat mempengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi, dan itu dapat membuat Anda masuk dalam situasi berbahaya terhadap kecelakaan jika mengendarai kendaraan.

5. Peningkatan berat badan
Percaya atau tidak, meningkatnya berat badan bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang minum air yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa minum air dengan jumlah sedikit sekitar 500 ml dapat meningkatkan metabolisme hingga 30%. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bahwa banyak ahli kesehatan dan kebugaran mengatakan, peningkatan konsumsi air di antara usaha mereka untuk menjaga berat badan sangat berpengaruh.

Banyak ahli kesehatan percaya bahwa dehidrasi ringan dapat mengirim sinyal ke otak dan membuat Anda berpikir Anda lapar, padahal yang Anda butuhkan adalah air. Minum satu hingga dua gelas sebelum waktu makan dapat membuat kenyang dan mencegah Anda makan ketika tubuh Anda hanya membutuhkan air.

Muncul kesulitan buang air Ketika Tubuh Kekurangan Air


6. Sulit buang air kecil dan besar
Kekurangan air pada proses pembuangan akhir akan terjadi. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar dan air kecil, mungkin perlu meningkatkan asupan air. Berbicara secara biologis, tubuh Anda membutuhkan cairan untuk membuang kotoran melalui saluran pencernaan, selain itu dehidrasi merupakan penyebab utama sembelit kronis.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membiasakan minum banyak air sepanjang hari untuk mencegah gangguan pencernaan. Setelah meningkatkan asupan air yang diperlukan tubuh, Anda harus memperhatikan peningkatan aktivitas pembuangan akhir Anda. Jika tidak ada perubahan,  tanyakan kepada dokter untuk mencegah hal lain yang terjadi.

7. Gejala infeksi saluran kemih
Siapa pun yang pernah mengalami infeksi saluran kemih mungkin akan mengatakan bahwa itu adalah salah satu pengalaman yang paling tidak nyaman dan tidak menyenangkan dalam hidup mereka. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi sering muncul setelah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Salah satu penyebab utama infeksi saluran kemih  adalah dehidrasi. Minum air membantu menyuling bakteri dari kandung kemih, sehingga mencegah infeksi. Beberapa tanda asupan air untuk tubuh kita terlalu rendah termasuk air kencing berwarna gelap dan cenderung kuning. Selain itu dapat menyebabkan menurunkan kebiasaan buang air kecil.

Anda mudah tersinggung dan cepat marah Ketika Tubuh Kekurangan Air


8. Mudah Marah dan tersinggung
Mungkin jarang Anda sadari hubungan kurang air dalam tubuh berhubungan dengan seseorang mudah marah dan tersinggung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan perubahan neurologis, yang memengaruhi kemampuan kita untuk fokus dan dapat menyebabkan iritabilitas.

9. Gangguan otot
Memiliki penyakit kram otot bisa mengganggu, membuat frustrasi, dan menyakitkan. Biasanya, orang akan mencoba melakukan peregangan atau menggunakan teknik pemijatan untuk meredakan gejala yang muncul karena gangguan otot.

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara dehidrasi dan kram otot. Diketahui, sirkulasi darah melambat ketika konsumsi air tidak cukup. Sehingga tubuh berusaha mengimbangi kurangnya hidrasi, cairan dipindahkan dari otot-otot kita sebagai upaya untuk melindungi organ vital yang lebih penting.

Minum air adalah kebutuhan vital untuk semua makhluk hidup. Aktivitas padat dan gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu penyebab kadar natrium dan kalium berubah tubuh kering akibat air yang tidak cukup.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar