Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 27 Juli 2018

Jangan anggap sepele, ternyata asam urat bisa menyebabkan kematian



Asam urat menjadi penyakit yang sangat populer dalam perkembangan jaman saat ini. Hal disebabkan pola hidup yang tidak seimbang sering menjadi kebiasaan sehari-hari. Disamping itu, tekanan stres yang menjadi pemicu eksternal makin menambah buruk gangguan kesehatan.

Mengutip laman depkes.go. id 2017 menyebitkan, penyakit asam urat berada di tingkat kedua di Indonesia setelah penyakit osteoartriti. Penelitian dari Tjokroprawiro menerangkan lebih jauh, Indonesia di perkirakan 1,6-13,6/100.000 orang berhubungan dengan asam urat yang semakin meningkat seiring meningkatnya usia.

Meningkatnya asam urat menjadi penyakit akibat kelebihan zat purin yang tidak dapat di keluarkan dengan baik oleh tubuh. Dalam kondisi normal, seseorang yang mempunyai zat purin dalam kadar batas wajar, sebetulnya tidak memicu gangguan tubuh.

Proses pembuangan sisa zat purin yang menumpuk berlebihan dalam tubuh, bekerja menggunakan ginjal dalam bentuk urin. Kondisi zat purin yang terlalu banyak, membuat ginjal tidak maksimal menjalankan fungsinya, akibatnya adalah terjadi penumpukan dalam tubuh.

Apakah asam urat bisa menyebabkan kematian ?

Pertanyaan seperti ini mungkin saja timbul dalam pikiran Anda, terutama jika Anda atau orang terdekat memiliki riwayat penyakit asam urat. Berbagai penelitian banyak mengungkapkan, asam urat tidak sebabkan kematian. Umumnya komplikasi yang disebabkan penyakit asam urat yang menyebabkan seseorang kehilangan nyawa. Hal ini mirip dengan penyakit diabetes atau kelebihan zat gula dalam tubuh.

Beberapa jenis penyakit yang menimbulkan komplikasi bersumber penyakit asam urat


1. Jantung koroner

Riwayat seseorang yang mempunyai penderita asam urat, cenderung mengalami resiko yang tinggi terserang penyakit jantung koroner. Saat semakin banyak penimbunan kadar asam urat di pembuluh darah, dapat menyulitkan organ jantung memompa darah ke jaringan dan organ dalam tubuh. Oleh karena itu, pada kondisi tertentu, penderita asam urat dapat mengalami jantung yang berdebar lebih cepat dan keras di banding kondisi normalnya.

2. Gagal ginjal

Riwayat seseorang yang mempunyai asam urat, memiliki kecenderungan lebih tinggi pada gagal ginjal. Penumpukan asam urat dalam batas normal yang selalu tinggi dalam tubuh, selain membawa dampak ginjal dipaksa bekerja lebih kuat, juga dapat membuat penyakit lainnya seperti batu ginjal dan serangan gagal ginjal. Seperti yang sudah diketahui tentang fungsi ginjal yang mengola kadar zat purin berlebihan dengan cara di buangnya, secara tidak langsung saat terjadi penurunan fungsinya, membuat seseorang lebih beresiko kehilangan nyawanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar