Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 18 Juli 2018

Hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker Dapat Dicegah Dengan Cukup Antioksidan



Perubahan zaman yang semakin modern memberi banyak manfaat pada semua aspek kehidupan manusia. Peningkatan pengetahuan ilmu kedokteran untuk pencegahan dan pengobatan penyakit secara dini dan tepat, sehingga meningkatkan harapan hidup manusia semakin panjang. Seperti beberapa penyakit yang sering dialami akibat perubahan zaman, seperti hipertensi,  diabetes, penyakit jantung dan kanker, mulai menjadi bagian pada diri manusia karena gaya hidup tidak sehat akibat perubahan yang semakin mengutamakan cara praktis.

Cukupkan Antioksidan Sejak Dini

Pola hidup yang tidak sehat dengan kebiasaan buruk dalam sejumlah hal, berangsur-angsur mulai membuat tubuh kekurangan nutrisi penting. Vitamin, protein, mineral dan zat penting lain diketahui sebagai sumber nutrisi, memberi banyak manfaat pada kesehatan manusia untuk menghindarkan beragam penyakit yang dapat terjadi. Salah satunya adalah antioksidan. Antioksidan dapat didefinisikan beragam zat substansi dengan kandungan kadar rendah dalam antisipasi kontra pada proses oksidasi yang menjadi salah satu sumber penyebab penyakit hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Cukupnya antioksidan melalui makanan dapat mencegah serta memperlambat laju terjadinya oksidasi. Oksidaso adalah proses terjadi pengurangan atau pemindahan jumlah elektron dalam reaksi kimia, dengan pengambilan secara sengaja oleh radikal bebas. Untuk mencegah hal tersebut, antioksidan merupakan senyawa penting untuk menghambat hingga menghentikan perpindahan reaksi kimia dalam tubuh karena proses oksidasi. Bagi manusia, senyawa antioksidan diperlukan untuk mencegah terjadinya oksidasi yang berlebihan sehingga dapat mencegah penyakit degeneratif.

Salah satu senyawa antioksidan yang dapat diperoleh secara alami adalah golongan fenolik. Fenolik dapat berfungsi sebagai salah satu system antibodi untuk melindungi diri dari serangan mikroba. Kegunaan antioksidan lainnya dalam tubuh adalah melindungi zat yang berlemak agar terhindar munculnya penyebab rasa dan aroma tidak sedap.

Perlindungan maksimal untuk tubuh dari serangan radikal bebas yang tercukupi dari asupan makanan sehat, dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan, seperti kandungan tinggi beta-karoten, vitamin E, vitamin C, zinc dan selenium.

Makanan sehat alami yang kaya beta-karoten dapat Anda jumpai dalam wortel, apricot, peach, bayam, brokoli, serta asparagus. Vitamin E banyak terdapat pada biji-bijian, terutama pada  biji berkecambah, ikan, daging serta sayur dan buah  buahan.

Fungsi penting lain dalam antioksidan dapat berfungsi sebagai salah satu system antibodi untuk melindungi diri dari serangan mikroba.

Antioksidan untuk kesehatan manusia dalam mencegah penyakit


Mekanisme yang digolongkan antioksidan dari golongan kerja, difenolik dapat berfungsi sebagai salah satu system antibodi untuk melindungi diri dari serangan mikroba. agi dalam 3 kelompok, yaitu :
Antioksidan primer (antioksidan endogen atau antioksidan enzimatis). Contohnya enzim superokside dismutase, katalase dan glutation peroksidase. Enzim-enzim ini mampu menekan atau menghambat pembentukan radikal bebas dengan cara memutus reaksi berantai dan mengubahnya menjadi produk lebih stabil.

Antioksidan sekunder (antioksidan eksogen atau antioksidan non enzimatis). Contoh antioksidan sekunder ialah vitamin E, vitamin C, β-karoten, isoflavon, asam urat, bilirubin, dan albumin. Senyawa-senyawa ini dikenal sebagai penangkap radikal bebas kemudian mencegahamplifikasi radikal.

Antioksidan tersier, misalnya enzim DNA-repair, metionin sulfoksida reduktase, yang berperan dalam perbaikan biomolekul yang disebabkan oleh radikal bebas.

Munculnya penyakit zaman modern dalam hidup masyarakat maju dan sangat populer antara lain hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung dan kanker. Secara umum, penyakit ini tidak muncul dengan waktu singkat. Sebagian besar penyakit dapat bersarang dalam tubuh secara cepat dan menunjukan respon yang mudah dikenali, misalnya : jika kesehatan tubuh yang menurun akibat stres dan kelelahan, maka penyakit ringan seperti pilek, kurang fokus dan kehilangan kemampuan kognitif dalam jumlah kecil segera terjadi. Selain itu juga, ada sebagian penyakit akan terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Hipertensi

Hipertensi adalah lonjakan yang terjadi dalam darah dengan tingkat kenaikan yang tidak normal. Selain itu, beberapa penyebab yang dapat muncul pada seseorang mengalami hipertensi berkaitan peningkatan umur, kegemukan dan kebiasaan merokok. Pola makan tidak sehat dan berlebihan yang diterima tubuh melalui asupan natrium dalam jumlah besar, terutama dalam bentuk natrium klorida menyebabkan gangguan keseimbangan cairan tubuh. Penumpukan kandungan natrium klorida menyebabkan hipertensi.

Survey yang sering dilakukan dalam negara maju menunjukkan,  penyakit hipertensi dalam hubungan genetik memiliki korelasi dekat dan saling mempengaruhi, disamping itu juga pertambahan umur yang semakin tua menjadi risiko tersendiri pada orang tua rentan terserang hipertensi.

Diabetes

Diabetes adalah penumpukan zat tidak baik dalam tubuh karena beberapa penyebab. Salah satunya gaya hidup tidak sehat pada makanan yang kaya pemanis, sehingga mengalami peningkatan kadar gula darah dan tidak memberikan kesempatan organ tubuh mengeluarkannya melalui keringat dan urine, akibatnya terjadi pengurangan hormone insulin.

Perkembangan penyakit diabetes pada diri seseorang, selain pengaruh asupan makanan, juga memiliki hubungan dengan faktor keluarga secara genetik. Genetik dalam 1 keluarga yang memiliki riwayat diabetes, merupakan sebagian kecil resiko yang di alami keturunannya lebih meningkat di bandingkan keluarga tanpa riwayat diabetes.

Kegemukan

Kebiasaan makan tanpa kontrol dan berlebihan, selain meningkatkan kegemukan juga menjadi alasan penyakit diabetes dapat dialami. Kegemaran asupan makanan yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk umumnya karena kekurangan makanan serat dan konsumsi terlalu banyak lemak. Dalam kegemukan yang dialami, mempunyai peluang 3 kali lebih besar untuk terserang diabetes dibandingkan orang dengan berat badan normal.

Jantung

Penyakit jantung yang menyerang seseorang tidak terdektesi banyak diakibat kesinambungan pola gaya hidup kurang sehat. Proses serangan jantung terjadi karena kemampuan jantung tidak normal dan cenderung menurun untuk menjalankan fungsinya. Jantung sebagai penyalur sirkulasi darah, menyebabkan sesak nafas, rasa lelah dan rasa sakit didaerah jantung.

Umumnya, penyakit hipertensi selalu terkait dengan masalah jantung. Pria berisiko menderita penyakit jantung 2.6 kali lebih tinggi dari pria normal, sedangkan pada wanita yang mengalami masalah hipertensi berisiko 6 kali lipat dibanding dengan wanita normal. Dalam hal lain, penderita diabetes mempunyai risiko 2 kali untuk terserang penyakit jantung.

Kanker 

Penyakit kanker adalah pembelahan dan pertumbuhan sel secara abnormal, umumnya terjadi akibat tubuh tidak mampu melakukan kontrol sehingga proses penyebaran berlangsung sangat cepat. Penyebaran sel-sel dalam jumlah besar merusak jaringan tubuh sehingga mengganggu fungsi organ tubuh yang di serang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar