Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 11 Juli 2018

EQ-Test: Kecerdasan Emosi Yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses

Semua orang mungkin sudah pernah melakukan tes IQ, tapi apakah Anda tahu tentang tes EQ ? Tes EQ adalah tentang pengukuran untuk empati, kemampuan untuk memahami emosi dengan benar, baik pada diri sendiri atau orang lain. Jika Anda menjadi pemimpin, luangkan waktu untuk mengetahui hasil skor kepemimpinan Anda, sehingga teamwork dapat dipertahankan.
Istilah EQ pertama kali muncul pada tahun 1920

Dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang lain yang terikat erat antarpribadi. Contoh terbaik, orang yang tidak menyadari ketika mereka tidak pernah singkron dengan pikiran orang lain, atau yang menyadari hanya pasangan mereka mengeluarkan air mata karena tidak bahagia. Orang-orang ini biasanya memiliki Emotional Intelligence Quotient yang agak rendah.

Namun, mereka yang memperhatikan lingkungan mereka, dapat berpikir dengan baik, yang memiliki empatik dan sikap sosial seharusnya tidak takut untuk mengambil tes ini. Bagaimana denganmu? Ingin mendapatkan tes EQ ?

Kecerdasan Emosi Yang Wajib Dimiliki Jika Ingin Sukses

Apa sebenarnya kecerdasan emosi itu?

Pendidikan yang diperoleh seorang, selama ini hanya menitikberatkan pada kecerdasan inteligensi semata. Akibatnya, dunia pendidikan anak selalu dipenuhi sejumlah buku yang memberatkan. Namun faktor lain yang terabaikan dan sering tidak didapat anak selama belajar, tentang kecerdasan emosi.

Negara yang memiliki pendidikan lebih terukur dan maju, telah menerapkan pola pengajaran berimbang. Salah satu contoh yang dapat kita ketahui adalah negara Jepang. Anda mungkin kagum ketika menyaksikan suporter dari negara Jepang yang terbiasa hidup bersih, membersihkan sisa sampah yang berserakan di stadiun pertandingan sepakbola Piala Dunia 2018 kemarin. Faktanya ketika Anda mengunjungi Jepang, pendidikan disana sejak kecil dibuat dengan cara yang tepat, negara Jepang mampu mengajarkan kecerdasan yang berimbang. Anda akan melihat anak sekolah Jepang yang berangkat belajar tanpa membawa beban yang teramat berat.
Kecerdasan Emosional jika Anda ingin sukses.

Oleh karena itu, kecerdasan murni tidak cukup untuk digunakan menjadi bekal menjalani hidup dengan sukses dan bahagia. Penting untuk memiliki jenis kecerdasan khusus, Kecerdasan Emosional jika Anda ingin sukses.

Istilah EQ pertama kali muncul pada tahun 1920. Pada saat itu, psikolog Edward Thorndike tidak memanggilnya itu, tetapi menciptakan konsep kecerdasan sosial. Pada tahun 1990, dua psikolog Amerika John D. Mayer dan Peter Salovey mengubah istilah itu menjadi kecerdasan emosional. Menurut kedua ahli tersebut, kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk menangani perasaan seseorang dan orang lain. Namun, Edward Thorndike tidak melakukannya, tetapi menciptakan konsep kecerdasan sosial.

Mengapa kecerdasan emosional sangat penting?

Kecerdasan emosional sangat penting bagi kita dalam kehidupan sosial, dunia pekerjaan dan hubungan rumah tangga. Kecerdasan emosi tidak sekedar hanya membantu untuk memahami dan menghargai orang lain, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memahami, menangani, dan belajar dari perasaan dan perilaku kita sendiri. Menilai orang dan situasi dengan benar, mengendalikan kondisi dan mempengaruhi secara positif. Jika Anda benar-benar tidak bisa melakukan itu, Anda akan menemukan diri Anda berurusan dengan banyak kesalahpahaman dan konflik dalam hidup Anda. Sekali lagi, tes EQ dapat membantu, karena pengetahuan dikenal sebagai cara pertama untuk pemulihan.
EQ sangat bermanfaat dalam keterampilan kerja tim, keterampilan kepemimpinan

Keamanan dan kepuasan dalam hidup

Namun, mereka yang memiliki tingkat matang dengan kecerdasan emosi akan menjadi orang yang terhubung secara sosial, sukses, dan populer. Secara umum, pemilik kecerdasan emosi sering memiliki waktu yang lebih mudah dalam hidup daripada sebaliknya. Hubungan yang harmonis, teman baik, hubungan dekat - semua ini memastikan banyak kenyamanan dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dalam pekerjaan juga, EQ sangat bermanfaat dalam keterampilan kerja tim, keterampilan kepemimpinan. Anda dapat menilai, seberapa sering Anda memiliki kolega atau atasan yang sama sekali tidak mampu kerja tim dan yang keterampilan sosialnya tidak meyakinkan. Cukup berbeda jika seseorang memiliki bakat untuk berhubungan dengan rekan kerja dan karyawan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar