Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 15 Juli 2018

Cara Perawatan Luka Bakar di Rumah


Setiap kegiatan yang Anda lakukan, tentunya menginginkan lancar tanpa timbulnya resiko atau bahaya. Namun sering tanpa terduga, munculnya kecelakaan akibat keteledoran dan faktor lain, dapat terjadi setiap saat. Misalnya saja, Anda mendapat luka bakar karena sumber panas seperti api dan sinar matahari mengenai kulit. Dengan membaca tulisan ini, tentu Anda mendapat antisipasi cara perawatan luka bakar di rumah jika dialami diri sendiri atau keluarga.

Ketika mengalami luka bakar walau derajat kecil, bukan suatu peristiwa yang menyenangkan. Luka yang terjadi akibat panas membuat kulit sangat sensitif bila kena sentuhan, selain itu, ada bahaya infeksi yang memerlukan pecegahan secepatnya.

Mengalami golongan luka bakar kecil masih bisa sembuh tanpa pertolongan medis, berbeda jika tingkat luka bakar sudah masuk golongan menengah hingga berat, segera cari pertolongan untuk melakukan perawatan khusus dengan tenaga ahli dokter.

Jenis Luka Bakar Yang Perlu Anda Ketahui

1. Luka bakar ringan

Luka bakar golongan ringan biasanya disebut luka bakar derajat satu. Seseorang yang berada dalam jenis luka bakar derajat satu sangat banyak dan umum karena tidak menggunakan pencegahan dini dan keteledoran. Contoh luka bakar ringan dalam kehidupan manusia seperti percikan air panas, bersentuhan benda panas dengan kulit, paparan sinar matahari. Tingkat kerusakan luka bakar ringan akan berdampak bagian permukaan luar kulit.

Ciri-ciri umum luka bakar ringan - golongan 1


  1. Permukaan kulit berubah dari normal menjadi kemerahan
  2. Tampilan kulit terlihat membengkak akibat peradangan ringan
  3. Kulit mengelupas dan terlihat mengering
Luka bakar ringan sebagai luka bakar minor harus mendapatkan perawatan yang sesuai. Seperti luka terbakar sinar matahari di seluruh tubuh, tetapi, luka tidak memerlukan pertolongan medis dan dapat Anda obati di rumah. Luka minor akan sembuh dalam tiga hingga 5 hari setelah melakukan perawatan dirumah.

Cara mengobati luka bakar ringan di rumah

Bahan yang diperlukan

  • Air bersih dan dingin (jangan menggunakan es  pada permukaan kulit)
  • Obat salep dan krim khusus kulit untuk meredakan nyeri akibat luka bakar
  • Tanaman Lidah buaya
  • Perban penutup luka.

Cara menggunakannya

  1. Gunakan air dingin dan bersih yang sudah disiapkan, rendam bagian tubuh terkena luka bakar sekitar lima menit.
  2. Oleskan salep atau krim khusus kulit yang berfungsi untuk meredakan nyeri pada kulit dan infeksi kulit, jika situasi tidak memungkinkan mendapatkan salep, gunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar. Bersihkan lidah buaya dan potong dagingnya, gunakan gel pada permukaan kulit yang terbakar. Bungkus menggunakan perban dengan ikatan tidak terlalu kuat.

2. Luka bakar menengah

Tingkat kerusakan kulit akibat luka bakar menengah atau disebut derajat dua, memungkinan beberapa perubahan kulit menjadi tampak pecah-pecah dan lapisan kulit membengkak. Jenis luka ini dapat terjadi karena tersentuh benda yang sangat panas dan air mendidih dalam jumlah besar serta paparan sinar matahari secara terus menerus.

Secara umum, luka bakar derajat 2 berdampak di bagian tangan, kaki, selangkangan, atau wajah, rawatlah luka itu sebagai luka bakar minor. Namun untuk permukaan kulit melepuh, Anda di larang untuk memecahkannya, gunakan salep atau krim khusus untuk pengobatan luka bakar.

Pada kondisi tertentu, saat gelembung kulit pecah, Anda perlu menjaga kebersihannya untuk mencegah infeksi kuman dan bakteri. Lakukan pengobatan dengan salep dan krim khusus kulit luka bakar.

Pengobatan luka bakar di rumah pada golongan derajat 2 yang lebih dari 2 minggu atau luas area lebih dari 7,5 cm, Anda harus segera menghubungi dokter untuk menndapatkan pertolongan medis.

3. Luka bakar derajat 3

Jenis luka bakar derajat 3 adalah kecelakaan yang serius dan membutuhkan pertolongan medis segera. Ciri-ciri seseorang yang termasuk golongan ini saat kulit terpapar benda panas hingga menembus permukaan kulit ketiga, dan pada tingkat berbahaya beresiko kerusakan otot, lemak, dan tulang. Segera mencari pertolongan dokter dan tenaga ahli untuk mendapatkan perawatan luka bakar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar