Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Kamis, 12 Juli 2018

Cara Merawat Rambut Sehat Alami

Merawat rambut adalah rutinitas penting bagi pria dan wanita, cara ini bertujuan mendapatkan tingkat kesehatan yang baik dan kebersihan agar rambut yang tumbuh dari kulit sehat alami. Memiliki rambut indah dan terawat baik selalu membangkitkan kekaguman orang lain, karena itu banyak cara dilakukan, terutama wanita modern berusaha memperoleh rambut sehat dengan perawatan dan nutrisi tambahan.

Ciri-ciri rambut sehat

pexels.com/lucas-macario
Rambut yang sehat, kuat, dan terawat salah satu bagian pada sosok wanita tampil cantik dan menarik, selain itu cara dan perawatan yang berhasil akan memberikan kepercayaan diri lebih tinggi untuk pemiliknya. Beberapa nutrisi penting yang menjadi formula inovatif dalam perawatan dan kesehatan adalah Amino-S.

7 ciri rambut sehat

1. Glitter


Glitter adalah ciri-ciri paling mudah terlihat pada rambut yang sehat alami. Bagi semua orang, rambut berkilau adalah rambut yang sehat. Permukaan rambut yang sehat dan tidak rusak dikenali dari sisik dalam lapisan kulit. Permukaan yang halus dari kutikula memantulkan cahaya, sehingga rambut terlihat berkilau. Kutikula yang rusak membuat rambut kusam dan tidak bernyawa.

2. Elastisitas


Kerutan bukan hanya gangguan, tetapi salah satu penyebab rambut rontok. Sering menyisir, pewarna, ikatan terlalu kencang, semua adalah beberapa cara yang signifikan untuk rambut menjadi mudah rontok dan rusak, karena kebiasaan buruk pada rambut sering menyebabkan kekeringan dan kerapuhan. Karena hilangnya kemampuan untuk mempertahankan kelembaban yang dibutuhkan, rambut sering bercabang.

3. Ujung rambut sehat


Ujung rambut yang sering bercabang muncul sebagai akibat dari perawatan yang tidak tepat, kerusakan rambut bercabang paling sering terjadi pada wanita yang memiliki rambut panjang dan terlalu kering. Beberapa penyebab yang memicu rambut rusak seperti air yang tidak bersih, sering mencuci, sampo berkualitas buruk, dan berbagai kerusakan mekanis.

4. Ketebalan rambut


Rambut tebal alami mampu memberikan pesona pada setiap gaya rambut. Namun, produk perawatan yang dipilih dengan tidak benar dan dampak negatif dari lingkungan membuat rambut tipis. Akibatnya, gaya rambut terlihat tidak menarik, dan rambut menjadi lemah dan tidak terawat.

5. Jumlah kerontokan normal


Tidak ada yang lebih indah daripada rambut kuat yang sehat, volume kerontokan yang normal dan ketebalan rambut yang tetap terjaga. Namun seringkali rambut kehilangan kekuatannya dan menjadi rentan rontok berlebihan. Alasannya bisa sangat banyak, dari kebutuhan nutrisi yang tidak seimbang untuk rambut, stres, penggunaan kosmetik yang tidak tepat, semua ini memiliki efek paling negatif pada rambut.

6. Mudah diatur


Rambut sehat alami mudah terlihat dari kemudahan mengaturnya. Jika rambut memiliki struktur yang utuh dan sehat, maka mereka dengan mudah dan cocok dalam berbagai gaya modern. Jika sebaliknya, rambut yang sulit diatur dapat menjadi kurang elastis.

7. Kelembutan


Rambut kaku tidak elastis, mereka sulit di tata dan disisir, hampir tidak bisa melengkung. Seringkali disebabkan secara alami, tetapi kadang-kadang rambut menjadi kaku akibat berbagai cedera. Rambut yang keras terkadang lemah, rapuh, mudah patah dan rontok.

Makanan yang sangat baik untuk nutrisi rambut mengandung pro-vitamin formula Amino-S dengan  inovasi dalam perawatan rambut, vitamin ini mampu mengembalikan dan memperkuat rambut dari akar ke ujung helai rambut, sehingga wanita dapat memperoleh 7 ciri-ciri rambut sehat.

Memilih waktu tepat merawat rambut

pexels.com/rawpixel
Memilih waktu yang tepat untuk perawatan rambut dapat meningkatkan kesehatan helai hingga akar rambut. Salah satu cara umum yang banyak digunakan adalah keramas. Hal ini merupakan cara mudah merawat rambut tetap sehat alami.

Dilansir sindonew 2017 menjelaskan, Dermatolog asal Mount Sinai Medical Center, New York, Joshua Zeichner menjelaskan," membiarkan keringat, debu, dan minyak alami menumpuk di kulit kepala, membuat jamur tumbuh berlebih."

Lebih detail Joshua menjelaskan"Saat jamur tumbuh berlebih di kulit kepala, bisa menyebabkan peradangan. Sehingga kulit kepala jadi kemerahan, gatal, bahkan borok."

Lanjut Joshua menjelaskan, meski keramas pada hari biasa, jamur juga tetap bisa hadir di kulit kepala dengan jumlah yang tidak banyak. Jamur ini berjenis malassezia yang biasa hadir di kulit kepala semua orang.

Selain itu, rasa gatal yang muncul saat tidak keramas berhari-hari, juga bisa disebabkan karena terlalu banyak minyak alami di kulit kepala. Akibatnya, memunculkan rasa tidak nyaman hingga mengaruk-garuk kulit kepala. Oleh karena itu, Joshua pun menyarankan keramas dua hari sekali.

Cara ini membuat rambut tidak terlalu sering terkena sampo. Pasalnya, terlalu sering terkena sampo bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Namun, jika aktivitas Anda cukup tinggi atau bekerja di luar ruangan atau usai olahraga, dianjurkan keramas setiap hari. Ini akan mengusir debu dan keringat berlebih di kulit kepala dan rambut.

Bantuan profesional merawat rambut

pexels.com/pixabay
Gaya dan model rambut untuk wanita memang sangat beragam. Hal ini tentu berhubungan dengan banyak faktor, seperti bentuk muka, jenis rambut hingga bentuk badan. Beberapa cara merawat rambut yang sangat populer seperti rebonding - straightening hingga smoothing masih dianggap trendy. Melakukan perawatan rambut sesuai bentuk muka, jenis rambut dan bentuk badan yang tepat mampu meningkatkan rasa percaya diri, sebab hal ini merubah penampilan wanita semakin cantik.

Namun, melakukan perawatan rambut menggunakan bahan kimia seperti rebonding dan smoothing di bantu oleh tenaga tidak ahli, memiliki resiko merusak rambut. Sebab bahan kimia yang digunakan untuk proses rebonding, jika tidak diaplikasikan oleh penata rambut terlatih dan profesional bisa membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala. Kesalahan melakukan rebonding dapat memicu kerontokan rambut, rambut rusak, dan kebotakan.

Cara memilih tenaga ahli perawatan rambut

pixabay.com/kaleido-dp
Memilih tenaga ahli yang profesional untuk merawat rambut adalah hal penting untuk menjaga rambut semakin sehat. Banyak cara yang dapat merawat rambut wanita dengan pengalaman dan profesional, misalnya dokter, klinik kecantikan dan salon.

Dari 3 profesional yang disebutkan, umumnya salon identik dengan wanita aktif yang sering melakukan perawatan rutin. Biasanya ada waktu terjadwal yang menjadi rutinitas para wanita kembali untuk merawat rambutnya.

Dilansir laman netralnews 2017, Alfons, pemilik salon ternama di Jakarta, Salon Alfons menjelaskan, ada cara mudah untuk wanita yang bingung memilih tenaga ahli perawatan rambut, beberapa diantaranya mempertimbangkan hasil rekomendasi teman setelah menggunakannya, kebersihan dan kenyamanan saat perawatan.

Menurut Alfons, yang juga seorang Hairdresser dan Hairstylist, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat datang ke salon untuk melakukan perawatan rambut, antara lain:

1. Rekomendasi 


Rekomendasi dari salah satu teman, sahabat atau keluarga yang pernah melakukan perawatan rambut di salon yang bagus dan mendapatkan hasil memuaskan tentu akan lebih menarik. Selain rekomendasi yang didapatkan, tentunya reputasi salon yang baik menjadi pilihan untuk mencoba melakukan perawatan rambut agar mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

2. Kenyamanan 


Kenyamanan saat melakukan perawatan rambut di salon tentu menjadi pilihan. Selain memiliki lokasi yang tepat dan strategis, tentunya kenyamanan saat di salon menjadi hal yang harus didapatkan. Karena melakukan perawatan membutuhkan waktu yang lama, pasti saat berada di salon menginginkan tempat yang nyaman. Dengan kenyamanan maka tidak akan merasa bosan jika berlama-lama berada di salon tersebut.

3. Tenaga Profesional 


Dalam hal ini, tenaga profesional akan menentukan hasil terbaik. Sebagai konsumen tentu akan memilih tenaga yang sudah kompeten di bidang perawatan rambut. Terlebih jika hairstylist mempunyai reputasi yang baik dan ternama. Selain itu, pernah mendapatkan suatu penghargaan di bidang perawatan ataupun penataan rambut akan menjadi nilai lebih. Pelayanan dan keramahan juga menjadi bagian yang harus didapatkan ketika kita melakukan perawatan.

4. Produk Lengkap 


Poin yang satu ini kerap terlupakan, salon yang bagus tentu memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari alat yang digunakan sampai produk yang ditawarkan. Misalnya produk untuk creambath, hair mask, hair spa sampai potong rambut. Sebaiknya pilih produk yang jelas dan tidak sembarangan. Artinya, sudah diakui dan memiliki izin BPOM yang aman digunakan. Dari produk yang digunakan tak jarang akan menentukan hasil akhir setelah kita melakukan perawatan rambut.

5. Peralatan yang Digunakan 


Peralatan yang menunjang saat melakukan perawatan rambut di salon tentu sangat dipertimbangkan apalagi dalam hal pemakaian. Salon yang tepat dan higienis akan mengutamakan kebersihan dari alat-alat yang digunakan untuk klien. Seperti, mengganti handuk atau kain yang digunakan setelah pemakaian konsumen selanjutnya. Untuk gunting dan sisir yang telah digunakan akan langsung dibersihkan dengan cara mencuci sampai bersih atau membersihkan dengan kain atau tisu basah. Dengan begitu alat-alat yang digunakan akan steril jika dipakai kembali.

Berbeda saat peralatan tersebut dibiarkan tanpa dibersihkan ataupun diganti setelah pemakaian. Tentu akan berdampak tidak baik bagi kesehatan rambut, kulit kepala dan tubuh. Jika tidak memperhatikan mulai dari hal kecil ketika melakukan di salon kecantikan justru akan berdampak bagi kesehatan. Bahkan bisa tertular berbagai penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, virus dan parasit.

Cara merawat rambut sesuai kondisi

pixabay.com/melancholiaphotography
Cara merawat rambut agar sehat, cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang mempunyai banyak cara, selain membuat jadwal mengunjungi dokter ahli, klinik kecantikan dan salon khusus perawatan rambut, selain itu juga, wanita dapat melakukannya sendiri. Beberapa buah-buahan, sayur-sayuran dan bahan perlengkapan lain sangat mudah ditemukan dan digunakan untuk perawatan kecantikan rambut menjadi lebih sehat alami. Tentunya, semua cara perawatan yang Anda gunakan memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah wanita ketahui.

Dilansir laman samishare menjelaskan, ada beberapa cara merawat rambut agar sehat, lebih cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus keluar banyak biaya perawatan.

Cara merawat rambut tidak mudah rontok

pixabay.com/Free-Photos
Saat masa peralihan pertama kali dari kebiasaan styling rambut menggunakan bahan kimia ke perawatan alami, Anda akan merasakan sedikit keluhan seperti rambut yang mudah rontok. Hal itu wajar, itu adalah efek dari bahan kimia yang Anda gunakan. Anda tidak perlu khawatir, karena keluhan Anda bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami yang mudah Anda dapatkan.

Cobalah untuk memanfaatkan lendir lidah buaya atau aloevera. Caranya ambil satu batang lidah buaya lalu potong atau patahkan menjadi dua bagian. Oleskan lendir yang keluar dari kedua potongan lidah buaya tersebut ke pangkal rambut atau kulit kepala hingga ke ujung rambut. Lakukan secara merata ke seluruh bagian rambut. Setelah itu diamkan rambut atau bungkus dengan handuk selama kurang lebih 15 menit agar kandungan lidah buaya meresap. Baru kemudian di bilas menggunakan air bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan campuran minyak zaitun dan minyak kelapa. Campurkan dua sendok minyak zaitun yang masih asli dengan satu sendok minyak kelapa yang sudah di panaskan sebelumnya ke dalam wadah. Bisa mangkuk, piring kecil atau lainnya. Oleskan campuran kedua minyak tersebut ke rambut secara merata sambil lakukan pijatan ringan pada kulit kepala. Lalu bungkus dengan handuk atau topi mandi. Diamkan selama satu hingga dua jam. Akan lebih baik jika cara kedua ini dilakukan malam hari ketika hendak tidur. Setelah bangun, bilas rambut menggunakan shampo herbal hingga bersih.

Cara merawat rambut yang bercabang

pixabay.com/melancholiaphotography
Salah satu efek dari pemakaian bahan kimia untuk perawatan rambut adalah rambut semakin kering, terlihat kusam bahkan bercabang. Hal ini tentu mempengaruhi penampilan Anda. Rambut Anda terlihat tidak sehat seperti tidak terawat. Jika Anda tidak ingin rambut Anda semakin terlihat rusak, segeralah lakukan perawatan menggunakan bahan – bahan alami.

Oleskan minyak zaitun sebelum keramas ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan shampo herbal dan air bersih.

Cara lain adalah dengan menggunakan buah alpukat. Haluskan satu buah alpukat dan campur dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Oleskan ke rambut lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan shampo herbal dan air bersih. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu hingga rambut Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah bercabang.

Hindari juga kebiasaan menggosok rambut dengan handuk setelah keramas dan biarkan rambut kering secara alami. Lalu gunakan kondisioner.

Pergunakan sisir bergigi agak renggang untuk merapikan rambut dan hindari penggunaan sisir dengan gigi rapat.

Kalau Anda suka, Anda bisa memendekkan rambut Anda tiap enam bulan sekali dan itu lebih baik karena ujung rambut Anda yang sudah berumur lebih tua akan digantikan dengan yang lebih muda.

Cara merawat rambut agar lebih cepat panjang

pixabay.com/kudybadorota
Persoalan lain yang berhubungan dengan rambut adalah keinginan Anda untuk memiliki rambut panjang secara cepat. Ini adalah hal yang wajar bagi banyak orang termasuk Anda karena rambut panjang memang mudah di kreasi berbagai model. Untuk memiliki rambut panjang, Anda bisa mendapatkannya dengan cara instan maupun bukan instan. Cara instan adalah dengan cara menggunakan rambut palsu yang panjang. Tentu ini hanya sekedar penampilan karena Anda tidak benar – benar memiliki rambut panjang.

Ada cara lain merawat rambut Anda agar lebih cepat panjang secara alami, yaitu dengan memberikan protein pada rambut secara teratur. Beberapa makanan memang memiliki manfaat mempercepat pertumbuhan rambut seperti daging, susu, serta telur. Makanan – makanan tersebut memproduksi animo acid yang mendorong tumbuhnya kandungan keratin pada rambut. Rambut akan terangsang untuk tumbuh lebih cepat dan kuat.

Jangan sering berganti – ganti warna rambut karena efek kimia dari pewarna rambut dapat menghambat pertumbuhan rambut. Biarkanlah rambut Anda tumbuh dengan warna aslinya dan lakukan perawatan alami agar rambut Anda semakin kuat dan pertumbuhan tidak terhambat.

Penggunaan minyak zaitun seperti penjelasan di atas juga bagus untuk pertumbuhan rambut agar lebih cepat.

Bisa juga menggunakan santan kelapa. Caranya basahi rambut dan kulit kepala secara merata menggunakan santan kelapa lalu bungkus rambut dengan handuk. Diamkan kurang lebih 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar