Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 Juli 2018

Cara Mengusir Tikus di Kabin Mobil

Kabin kendaraan sering menjadi tempat persembunyian tikus. Kedatangan tikus yang selalu masuk ke dalam ruang mesin, umumnya menjadi tempat favorit ketika malam berdiam dalam ruang mesin mobil.

Cara mengusir tikus dalam kabin membutuhkan keseriusan agar komponen tidak rusak


Tikus yang menjadi langganan ketika sering berdiam dalam bagian mesin mobil, bukan tanpa sebab. Beberapa kemungkinan yang membuat mobil tidak dalam pengawasan seperti lahan parkir yang membuat pemilik parkir kendaraan mobil pada sembarang tempat.

Cara Mengusir Tikus Masuk di Kabin Mesin Mobil

pexels.com/pixabay
Masuknya tikus ke dalam kabin mobil sering dikenali dari beberapa sisa makanan dan kotoran yang tertinggal dalam kendaraan. Dilansir dari laman viva.com menyebutkan, beberapa cara efektif untuk mencegah tikus masuk ke ruang mesin adalah sebagai berikut :

1. Sebar kapur barus kamper didalam ruang mesin

Kapur barus atau kamper adalah cara tradisional yang banyak digunakan untuk mengusir tikus dari area yang ingin terbebas kedatangannya, hal ini dapat juga Anda terapkan di ruang mesin dan beberapa tempat yang menjadi favorit tikus. Mengusir tikus yang masuk ke kabin menggunakan cara penggunaan kapur barus atau kamper cukup jitu karena aroma bau dari kapur barus.

Tikus hewan yang tidak menyukai aroma menyengat seperti yang muncul dari kapur barus. Sehingga ketika tikus hendak memasuki ruang mesin, tikus akan kembali lagi karena mencium aroma kapur barus.

Cara menggunakan kapur barus sangat sederhana, Anda taburkan kamper atau kapur barus ke seluruh bagian mesin yang sering menjadi tempat tinggal tikus, misalnya terdapat kotoran dan sisa makanan. Pastikan cara menabur secara merata untuk mencegah tikus berpindah tempat namun masih di area kabin mobil.

2. Semprotkan cairan anti tikus didalam ruang mesin

Penggunaan kapur baru untuk mengusir tikus sering tidak digunakan jika Anda memiliki alergi terhadap bau-bauan kapur barus. Alternatif lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir tikus dari kap mesin adalah memanfaatkan sprayer pengusir tikus. Anda bisa menggunakan bahan-bahan cairan untuk pengusir tikus. Tikus merupakan hewan yang tidak menyukai aroma wangi yang menyengat. Kekurangannya adalah  penggunaan semprotan pengusir tikus adalah sementara. Aroma yang Anda semprotkan dapat hilang dan menguap oleh beberapa sebab, seperti penguapan dan kendaraan berjalan.

3. Pasang alat ultrasonik pengusir tikus

Alat khusus untuk pengusir tikus menggunakan gelombang ultrasonik. Anda dapat membelinya pada beberapa tempat yang menjual secara khusus. Menggunakan alat pengusir tikus dengan memanfaatkan ultrasonik adalah salah satu cara yang cukup cepat dan efektif. Cara kerjanya alat ultrasonik yang mengusir tikus.dengan mengeluarkan suara frekuensi rendah.

Jika Anda berminat menggunakan alat pengusir tikus ini, caranya dengan menghubungkan kabel positif ke baterai dan kabel negatif ke masa. Letakan didalam ruang mesin kabin dengan posisi yang aman dan pastikan jauh dari sumber panas. Saat malam mobil akan tidak digunakan, parkir kendaraan di lokasi yang jauh dari sarang tikus, kemudian hidupkan alat pengusir dengan menekan sakelar.

Alat pengusir tikus bekerja memakai tenaga arus listrik aki selama Anda aktifkan. Anda harus menggunakan aki mobil yang sehat dengan tujuan aki tidak tekor, sehingga kendaraan mobil bisa dihidupkan secara normal.

4. Pasang lampu LED low voltage didalam ruang mesin

Untuk penggunaan tenaga listrik yang lebih hemat, Anda dapat menggunakan lampu LED. Penggunaan alat elektronik pengusir tikus yang Anda anggap terlalu boros energi. Lampu LED ultra low voltage selain hemat dengan pemakaian energi mobil sekitar 1 watt, kelebihan lain dari lampu pengusir tikus dapat mencegah tikus untuk kembali masuk ke kap mesin.

5. Selalu panaskan mesin mobil tiap hari

Kebiasaan parkir di sembarang tempat dapat membuat tikus mudah menjangkau mobil Anda, terlebih jika mobil di parkir dalam garasi atau di pinggir jalan selama lebih dari dua hari. Suhu dalam kabin yang cocok untuk tikus, menyebabkan hewan ini sering masuk ke kap mesin.

6. Lakukan pembersihan kabin mesin mobil

Menjaga kebersihan kap ruang mesin sangat penting. Ketika Anda malas membersihkan, hal ini akan mengundang kedatangan tikus lainnya melalui aroma kotoran dan sisa makanan yang tertinggal dalam kap kabin. Tikus lain sering datang akibat bau kotoran tikus yang tertinggal dalam mobil.

Ketika melihat kotoran tikus, segera bersihkan dan hilangkan aroma yang masih tertinggal dalam mobil.

7. Jangan parkir mobil di lokasi tikus

Lokasi yang kotor, gelap dan lembab merupakan tempat yang banyak didatangi tikus. Kebiasaan pemilik mobil yang sembarangan parkir mobil menjadi salah satu sebab banyaknya tikus datang.


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar