Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 09 Juli 2018

Cara Jitu Agar Ban Mobil Tahan Lama

Ban mobil mempunyai masa pakai yang cukup lama, sekitar 8 hingga 10 tahun berdasarkan merek. Namun, jika Anda memperhatikan penggantian ban terkadang lebih cepat dari seharusnya. Hal ini disebabkan beberapa sebab yang membuat ban mobil Anda punya masa pakai lebih pendek dari yang seharusnya.
cara jitu membuat ban mobil tahan lama

Komponen ban mobil salah satu yang sangat penting, selain untuk membuat kenyamanan selama berkendaraan, faktor keselamatan penumpang juga dipengaruhi oleh ban. Akibat kesalahan pemakaian, ban mobil menjadi sangat cepat untuk diganti, beberapa alasan penggantian ban yang tidak dapat ditunda antara lain ban sudah gundul, banyak tambal, dan menipis di bagian sisi akibat tergesek.

Beberapa cara jitu yang perlu Anda ketahui untuk membuat ban mobil tahan lama


1. Isi tekanan angin yang disarankan untuk ban
Setiap ban mobil yang diisi dengan angin ataupun nitrogen punya standar tekanan yang harus diperhatikan. Umumnya, tekanan angin dan nitrogen dalam ban tergantung jenis penggunaan normal kendaraan dan ban mobil. Dalam kondisi umum, mobil terbaru memiliki tekanan ban depan di kisaran 30-32 psi, ban belakang tekanan sekitar 36-40 psi.

Tekanan angin dan nitrogen yang kurang kurang dan lebih pada ban akan mempengaruhi secara langsung kondisi ban, seperti cepat rusak, kehilangan grip bahkan terlepas dari velg. Oleh karena itu, periksa standar dan rekomendasi tekanan ban tubeless serta kendaraan yang anda gunakan. Anda perlu menanyakan secara langsung pada mekanik bengkel resmi untuk memperoleh informasi yang sesuai, tentang jenis mobil Anda dan jumlah angka untuk tekanan ban depan dan belakang untuk kondisi umum, dalam kondisi khusus dapat juga ditanyakan langsung.

2. Sedikit melewati jalan berlubang
Ban mobil bersentuhan langsung dengan jalan yang di lalui kendaraan, saat kondisi jalan rusak dan banyak lubang, kurangi benturan ban dengan lubang, terutama saat kecepatan tinggi. Jika Anda mengetahui lokasi jalan tidak memiliki jalan aspal, saran yang terbaik agar ban punya masa pakai yang lama adalah menjalankan mobil secara perlahan.

3. Cabut penyebab bocor saat akan menganti ban
Kondisi jalan yang tidak bersih dari benda tajam, selama perjalanan Anda beresiko mengalami ban bocor. Jangan mencabut penyebab bocor jika Anda belum ingin menganti ban serep. Saat ban mulai bocor, pengendara mobil dapat merasakan ketidaknyamanan mengendarai mobil. Selama ban tidak kempis total, jalankan mobil perlahan untuk mencari tempat aman dan melakukan penggantian. Sedangkan ban yang kondisi tertusuk benda tajam, segera lakukan penutupan lobang bocor jika mendapatkan bengkel.

4. Saat tidak digunakan untuk waktu lama
Ada kondisi tertentu yang dapat membuat Anda tidak menggunakan kendaraan. Pada situasi ini, gunakan alat mengganjal roda. Menggunakan rem tangan dalam waktu lama berpotensi membuat rem menjadi lengket dan merusak permukaan roda ban mobil karena korosi yang timbul saat kedua besi menempel dalam waktu yang lama.

5. Buang kerikil menempel
Mobil yang sering digunakan sehari-hari, tidak selalu mendapatkan rute jalan mulus dan aspal. Pilih waktu yang tepat untuk memperhatikan kondisi ban mobil. Jika Anda menemukan kerikil, batu dan benda keras menempel di sela ban, lakukan pembersihan menyeluruh. Batu dan kerikil yang keras di sela ban membuat gesekan menusuk lebih dalam yang mempengaruhi kesehatan ban.

Banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat kondisi ban mobil punya masa pakai tahan lama. Dengan membiasakan perawatan kecil pada komponen ban mobil, dapat mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan untuk menganti ban baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar