Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 06 Juli 2018

Berhenti Minum Air Dingin Dengan 4 Alasan Kesehatan

Ada beberapa sebab minuman air dingin menjadi favorit, salah satunya sensasi yang akan dirasakan, terlebih cuaca panas dan tidak bersahabat. Namun, kebiasaan buruk minum air terlalu dingin dapat memberikan pengaruh tidak sehat, terutama fungsi tubuh.

Ini alasan Anda perlu berhenti minum air dingin


Minuman dingin dengan percepatan proses es batu dan alat lain, merupakan cara ampuh yang banyak dicari penduduk yang mempunyai iklim tropis. Kondisi suhu yang tinggi saat cuaca panas, umumnya pilihan minuman dingin adalah pilihan teratas yang akan disebutkan sebagai menghilangkan dahaga.

Dilansir laman Liputan6, 2018, ada beberapa pengaruh yang terjadi ketika seseorang memilih minuman air dingin, terlebih jika minum air es menjadi pola sehari-hari untuk mencukupkan kebutuhan air dalam tubuh.

Berhenti Minum Air Dingin Karena Alasan Kesehatan


1. Mengganggu pencernaan
Alasan berhenti minum air dingin yang pertama adalah gangguan pencernaan. Saat Anda selalu menggunakan air dingin sebagai kebutuhan keseimbangan cairan tubuh, cara ini menghambat proses pencernaan makanan karena pembuluh darah mengerut, akibatnya adalah mobilitas pencernaan yang normal akan menjadi lambat untuk mengurai asupan makanan. Makanan tidak dicerna dengan baik memiliki resiko akan terbuang dengan percuma sehingga nutrisi dibutuhkan tubuh dalam makanan akan hilang atau tidak diserap tubuh.

Minuman dingin meningkatkan gangguan pencernaan


2. Menghilangkan nutrisi
Alasan berhenti minum air dingin yang kedua adalah menghabiskan nutrisi secara berlebihan. Dalam tubuh manusia dengan suhu tubuh normal adalah 37 derajat celsius, minum air es yang lebih dingin dibandingkan air hangat akan membuat suhu dalam tubuh menjadi rendah. Dalam asupan minuman air dingin ketika masuk ke dalam tubuh memerlukan energi mengatur suhu air agar kembali normal. Energi yang digunakan dalam proses membuat normal suhu tubuh akan hilang secara sia-sia. Akibatnya untuk beberapa proses lain yang membutuhkan energi, seperti mencerna makanan dan metabolisme mencari alternatif energi tambahan sehingga dapat membuat Anda kekurangan nutrisi.
Nutrisi sering habis untuk membuat netral suhu tubuh karena minuman dingin

3. Berisiko terkena sakit tenggorokan
Alasan berhenti minum air dingin ketiga adalah muncul sakit tenggorokan. Kebiasaan buruk minum air dingin meningkatkan penumpukan lapisan pelindung saluran pernapasan untuk menjaga tetap sehat. Salah satu gejala yang menjadi tanda penumpukan lapisan pelindung saluran tenggorokan bermasalah adalah timbul batuk.

Minuman dingin punya pengaruh besar pada tenggorokan


4. Menurunkan detak jantung
Alasan berhenti minum air dingin keempat adalah masalah jantung. Kebiasaan berlebihan minum air es atau air dingin akan menurunkan detak jantung. Studi menyebutkan, minum air es merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10, yang berperan penting pada sistem saraf otonom tubuh untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif. Saraf vagus memengaruhi penurunan detak jantung. Ketika Anda minum air es atau air dingin, suhu rendah air tersebut akan memberi stimulus ke saraf yang menyebabkan denyut jantung turun.

Air dingin berhubungan dengan detak jantung


Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar