Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Jumat, 13 Juli 2018

Bayi:Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir Perlu Ibu Ketahui



Setelah melewati masa kehamilan panjang sekitar 9 bulan, ibu masih berperan penting dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan. Bayi memerlukan perhatian terus menerus dari ibu seperti saat hamil, namun bukan dari dalam kandungan, tetapi dari luar. Ibu memberi makan bayi tidak melalui plasenta, tetapi dengan payudara, dan umumnya berlangsung hingga trimester keempat kehamilan. oleh karenanya, Anda perlu mempelajari dan mempercayai naluri keibuan dalam perhatian khusus. Pastikan bahwa pengetahuan naluri tentang cara merawat anak terus berkembang dan bertambah meskipun bisa memakan waktu.

Untuk merawat bayi yang baru lahir berarti mengelilinginya dengan cinta, memberi makan, menjaga kebersihan selain mengamati pernapasan dan suhunya. Pemeriksaan bayi Anda dan reaksinya terhadap Anda biasanya merupakan cara terbaik untuk mengendalikan kondisinya. Ketika Anda belajar memahami bayi, maka Anda akan mulai merasakan semua kebutuhannya. Untuk anak pertama, tanyakan kepada dokter atau orang tua Anda tentang apa yang seharusnya menjadi standar normal suhu tubuh, tentang pernapasan, atau hal lain yang muncul dalam pikiran Anda. Saran dan informasi dari buku tentang bayi akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan dan menentukan dengan jelas merawat dan menjaga kesehatan bayi.

Merawat bayi yang baru lahir dengan menyusui

Menyusui adalah tindakan alami yang luar biasa, yang mengandung misteri luar biasa untuk kesehatan bayi. Salah satu pekerjaan utama bayi yang baru lahir adalah menyusui payudara ibu. Anak-anak yang lahir secara alami dan merespon makanan ASI ibu, pertama menjilat, dan dalam kecepatan menghisap payudara. Ingat bahwa refleks mengisap memiliki kekuatan terbesar dalam sekitar 20-30 menit setelah lahir. Jika anak tidak melekat pada dada, maka refleks hisapan menurun tajam atau menghilang sama sekali. Semakin cepat bayi mulai mengisap, semakin cepat ASI yang sesungguhnya akan datang.

Dalam dua atau tiga hari pertama, susu Anda akan berwarna kuning muda. Kolostrum atau susu pertama mengandung banyak protein dan sangat bergizi. Kolostrum mengandung antibodi dan melindungi bayi dari infeksi. ASI pertama juga membantu meningkatkan kemampuan belajar bayi Anda. Pemberian ASI adalah pencegahan yang baik dari penyakit kuning pada bayi baru lahir. Kolostrum adalah makanan pertama yang ideal untuk bayi. Kolostrum sangat penting untuk kehidupan baru.

Pemberian ASI awal diperlukan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisiologis anak dan melindunginya dari penyakit. Pemberian makan ASI ibu membantu mengembangkan ikatan awal yang sangat penting antara ibu dan anak. Pada gilirannya, hubungan erat antara ibu dan bayi. Pemberian makanan awal ini juga memberikan keterampilan mengisap bayi dan menstimulasi munculnya ASI dari ibu.

Bahkan jika Anda secara pasti memutuskan untuk tidak menyusui, cobalah setidaknya memberi makan bayi baru lahir dengan kolostrum pertama. Hal ini sangat penting untuk kesehatan bayi Anda dan memberikan efek penyembuhan untuk beberapa penyakit yang sering dialami bayi hingga masa kedewasaannya. Hampir setiap wanita dapat menyusui, satu-satunya pengecualian adalah kasus TB, AIDS, demam tifoid dan malaria, dan kondisi tertentu lainnya sangat jarang terjadi pada ibu.

Selama hari-hari pertama, dan lebih sering pada hari keempat - hari kelima menyusui, puting dapat terasa sakit. Beberapa wanita mempersiapkan puting mereka dengan memijat dengan jari-jari atau menggosok dengan handuk dalam beberapa minggu terakhir kehamilan. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Pertama, puting tidak menyakiti semua wanita. Kedua, beberapa studi menunjukkan bahwa jumlah wanita yang mengalami sakit hampir sama di antara mereka yang sudah "siap" memberikan puting mereka.

Ketika bayi mengisap, dia harus membuka lebar mulutnya tidak hanya memegang puting, tetapi juga bagian di dekat cangkir dot. Anda tidak perlu memaksakan dada Anda ke mulut bayi. Anak dengan sendiri akan mengambilnya . Cobalah untuk mengelitik puting dengan bibir atau pipinya, dan ketika dia membuka lebar mulutnya, dekatkan pada anak, dan dia akan mulai mengisap. Dekati bayi dengan tubuh Anda, jangan terlalu condong ke arahnya. Cara yang sederhana dengan duduk tegak dan rileks saat menyusui. Sebagian besar kesulitan dalam memulai pemberian ASI selesai begitu ibu belajar untuk menawarkan payudara, dan bayi yang baru lahir akan dilatih untuk mengambilnya.

Ingat, Anda harus memberi makan bayi dari kedua payudara saat menyusui. Pertama cobalah memberi makan tujuh hingga sepuluh menit di satu sisi dan sedikit lebih lama di sisi lain. Secara bertahap, itu bisa meningkat menjadi sepuluh hingga lima belas menit di setiap sisi. Jangan lupa untuk mengubah konsistensi payudara dengan setiap menyusui.

Beberapa ibu perlu memastikan bahwa bayi mereka bernafas normal saat menyusui. Kecemasan ini sering tidak memiliki dasar. Namun, jika payudara sangat penuh atau posisi bayi salah, lubang hidungnya dapat tertutup. Sambil memegang bayi dengan tangan,  tekan dada sehingga napas bayi tidak terhalang dan bebas.

Setiap kali menyusui, pastikan mulut bayi berada di atas pusat puting. Mengisap salah satu ujung dapat menyebabkan penyempitan duktus susu. Selain itu, pastikan susu terbenam di mulut bayi bersama puting. Mengisap hanya bagian atas sangat tidak efisien dan dapat menyebabkan masalah untuk ibu.

Kadang-kadang, ketika ibu dan anak yang sehat mengalami kesulitan pada awal menyusui, alasannya adalah bahwa refleks susu yang kurang. Ini tidak ada hubungannya dengan produksi susu. Ada banyak susu, hanya saluran susu yang belum terbuka. Stres ibu adalah hambatan terbesar untuk pengeluaran susu, ketika ibu akan menyusui, selalu menjaga ketenangan dan relaksasi. Banyak wanita merasakan bagaimana susu diekskresikan. Anda bisa merasakan ini sebagai kontraksi di dada. Dalam varian paling jelas sensasi ini mengingatkan kebahagiaan yang menyatu dengan cinta kepada anak. Kondisi aneh ini dialami oleh wanita hanya selama menyusui.

Jika Anda tidak merasakan sekresi susu, jangan khawatir. Jika Anda mendengarkan bagaimana bayi itu menelan, maka itu hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk merangsang pelepasan susu. Menyusui seharusnya menjadi sumber kebahagiaan bagi ibu dan bayinya. Dan meskipun pada awalnya agak sulit, jangan meninggalkannya. Ketika hormon datang menyeimbangkan, yang sering terjadi pada bulan ketiga pemberian makan, dan tubuh Anda akan menentukan dengan pasti berapa banyak susu yang dihasilkan, itu akan menjadi mudah, dan Anda akan menemukan bahwa mengantisipasi setiap pemberian makan.

Dua minggu pertama setelah melahirkan adalah periode kritis ketika ASI sebagai sumber makan untuk bayi. Ibu menyusui pada saat ini sangat membutuhkan dukungan fisik, emosional dan praktis.

Ada jumlah susu dari ASI yang diperlukan untuk nutrisi yang cukup untuk anak. Dan tidak jarang bayi yang baru lahir membutuhkan menyusui setiap setengah jam. Rata-rata, kebutuhan alami anak untuk makanan adalah sebagai berikut:

  1. 6 kali di hari pertama;
  2. 7 kali di hari kedua;
  3. 8 kali pada hari ketiga;
  4. 9 kali di hari keempat;
  5. 8,5 kali di hari kelima;
  6. 8 kali pada hari ketujuh.


Dengan kata lain, frekuensinya cenderung meningkat dalam beberapa hari pertama, kemudian berhenti dan berangsur menurun. Spesialis modern sekarang lebih suka memberi makan untuk kebutuhan bayi yang baru lahir. Pemberian ASI secara rutin meningkatkan produksi susu secara maksimal yang berkontribusi untuk menambah berat badan anak dan mengurangi stagnasi di dada, dan juga dapat mengurangi rasa sakit pada puting. Makan malam di minggu-minggu pertama sangat penting, sehingga ibu memproduksi lebih banyak susu, serta mencegah pembesaran payudara.

Lingkungan rumah

Bayi Anda telah melakukan perjalanan panjang dari masa kehamilan hingga proses kelahiran. Lingkupi dia dengan cinta dan perlindungan. Lingkungan yang aman dan bebas stres bagi seorang bayi. Sistem saraf nya yang belum matang dan jiwa yang polos menyerap kesan di sekitarnya seperti buku gambar putih.

Jika Anda masih tidak dapat sepenuhnya meninggalkan TV, paling tidak dalam beberapa bulan pertama, hindari bayi Anda darinya. Biarkan bayi mendengarkan musik lembut ibu bernyanyi, memainkan alat musik. Bayi menyukai suara Anda dan bermain lah bersama bayi dengan menggunakan suara Anda. Selain itu, suasana tenang yang tenang di rumah akan membuatnya lebih berhasil untuk memulai menyusui. Laktasi (produksi ASI) langsung tergantung pada ibu yang tenang dan santai.

Hari-hari pertama setelah kelahiran

Hari-hari pertama setelah kelahiran - ini adalah waktu transisi untuk anak. Tubuh anak menyerap sisa-sisa cairan ketuban yang tersisa di paru-paru, di telinga, dll, dan semua hal yang terkumpul selama sembilan bulan di ususnya. Ketika Anda menggunakan susu asli ASI kolostrum, mekonium secara bertahap pada hari keempat - kelima hari setelah kelahiran akan menjadi sesuatu yang menyerupai dadih kuning. Bayi belum dapat menerima makanan pendamping.

Tubuh kecil bayi yang baru lahir menahan air dan zat dan menggunakannya dengan sangat rasional. Enam atau delapan popok, yang kemungkinan dibasahi anak selama sehari, menunjukkan ahwa dia mendapatkan cukup cairan. Urin pertamanya biasanya berwarna gelap, itu akan terjadi di hari pertama, tetapi yang ketiga - hari keempat, urin harus menjadi transparan atau sedikit kekuningan. Ketika banyak susu ASI datang, peningkatan jumlah popok basah menjadi 10-20 per hari.

Ganti popok

Mengganti popok sangat penting, Anda harus selalu menjaga kelembaban kulit bayi. Harus dicuci setiap kali dengan air hangat atau dingin dan secara menyeluruh membersihkan lipatan kulit dari sisa-sisa kotoran. Jangan membersihkan menggunakan krim, minyak, bubuk, sampo, dan sabun dengan bahan kimia tambahan. Hindari produk dengan minyak mineral, bedak dan bau apapun. Sebelum menggunakan pada bayi, lakukan konsultasi dokter atau bertanya pada orang tua untuk mendapatkan saran.

Segala sesuatu yang ada di kulit halus anak Anda diserap ke dalam tubuhnya. Terutama perlu berhati-hati terhadap produk yang terbukti secara klinis berlebihan mengandung zat berbahaya. Krim terbaik untuk intertrigo adalah ASI. Semprotan mereka pada intertrigo dan biarkan area ini terbuka. Mandi air sangat baik untuk perawatan ruam popok dan profilaksis mereka, jadi biarkan bayi Anda telanjang selama mungkin.

Ganti popok adalah waktu paling tepat untuk berkomunikasi dengan bayi, bermain dengannya. Secara umum, bayi laki-laki yang baru lahir tidak membutuhkan kebersihan khusus. Hanya dengan mencuci, cucilah bagian vital dari luar, seperti semua bagian tubuh yang lain. Kesalahan perawatan bagian vital dapat menyebabkan iritasi, gatal dan bahkan gangguan jaringan di antara kulit dan alat vital yang dihasilkan dari infeksi.

Biarkan bayi memiliki lebih banyak waktu tanpa popok. Jika rumah cukup hangat, Anda bisa tidak menggunakannya sama sekali. Gunakan pelapis khusus bayi di tempat kasur agar tetap kering dan tidak menimbulkan bau.

Merawat bayi yang baru lahir menggunakan lampin

Di AS dan Eropa Barat, penggunaan lampin tidak digunakan, karena tidak fisiologis. Pada anak setelah lahir memakai pakaian khusus dalam ukuran slider, blus atau terusan, seperti yang direkomendasikan oleh WHO. Namun, di Indonesia, lampin sangat umum, yang dapat dijelaskan oleh iklim yang lebih dingin, kurangnya pakaian yang nyaman, dan ketidaktahuan psikologi bayi.

Tentu saja, lebih mudah untuk membedung seorang anak, menaruhnya di tempat tidur bayi dan melakukan hal-hal lain sampai ia perlu diberi makan atau diubah. Tetapi harus diingat bahwa psikologi lampin dirasakan oleh balita sebagai pembatasan terhadap kepribadiannya, pembatasan dalam kebebasan bergerak dan manifestasi alam.

Bayi memiliki indera perasa dan sentuhan yang paling cepat berkembang, perkembangan mental dan fisiknya akan tertunda.

Memandikan bayi

Jangan terburu-buru untuk membersihkan bau bayi yang baru lahir. Biasanya tubuh bayi terdapat pelindung alami selama beberapa hari untuk melindungi kulit bayi yang baru lahir, secara bertahap diserap ke dalam tubuhnya. Ini adalah krim memiliki sifat bakterisida dan melindungi bayi dari infeksi.

Bayi yang baru lahir hanya dilap dengan kain halus dengan tingkat basah terukur. Ingat bahwa anak Anda tidak kotor dan setiap hari mencuci dengan sabun hanya mengeringkan kulit, membersihkan lemak kulit alami. Hingga satu tahun anak umumnya tidak dianjurkan untuk mencuci dengan sabun atau sampo, agar tidak merusak kulit. Tetapi prosedur mandi, jika menyenangkan bagi anak dan ibu, membantu relaksasi dan komunikasi, dapat menjadi sumber kesenangan bersama sejak hari pertama kehidupan anak.

Di beberapa negara, ada tradisi ketika seorang anak tidak mandi sebelum tali pusat lepas dan pusarnya benar-benar sembuh. Di lain negara, bayi mulai mandi sejak lahir, tanpa menunggu tali pusat kering, tetapi hanya dengan melakukan perawatan tambahan setelah mandi masing-masing. Jika Anda dan bayi merasa nyaman di dalam air, Anda dapat dengan aman menjalankan prosedur air.

Jangan sekali pun meninggalkan anak sendirian di dalam air! Semua hal yang diperlukan untuk mandi, harus dipersiapkan sebelumnya dan berada dalam jangkauan tangan. Air tidak boleh dingin dan tidak panas, tetapi sedikit lebih hangat daripada tubuh. Anda bisa memeriksa suhu tubuhnya dengan siku Anda. Ruangan harus hangat. Selalu bersihkan bayi dengan handuk katun. Kulit bayi bisa terkelupas, tetapi jangan khawatir tentang itu. Beberapa tetes minyak zaitun, dipijat dengan cinta, adalah semua yang dia butuhkan.

Perawatan pusar bayi

Sisa tali pusat harus tetap kering dan bersih. Lebih baik biarkan telanjang. Popok tidak menyentuh tali pusat. Antara tiga hari dan tiga minggu setelah lahir, sisa tali pusar akan lepas dengan sendirinya. Biasanya ini terjadi pada 6 - 7 hari setelah lahir. Selama bulan pertama sampai penyembuhan sempurna, mungkin ada sedikit keluarnya cairan dari pusar dengan darah - ini adalah norma. Tangani pusar setiap hari dengan hidrogen peroksida dan larutan potassium permanganat atau antiseptik lainnya. Hindari mendapatkan antiseptik berwarna pada kulit di sekitar cincin umbilical, karena mereka dapat menyebabkan luka bakar pada kulit, serta kemerahan dan memungkinkan peradangan. Jika area pusar menjadi merah, panas atau menjadi berotot, segera hubungi dokter atau bidan.

Setiap saat yang dibutuhkan bayi adalah susu ASI Anda merupakan obat yang sangat baik dan bersifat pencegahan. Jika mata bayi tiba-tiba berubah menjadi merah, beberapa tetes susu ASI akan menghilangkan peradangan. Ada beberapa kasus konjungtivitis epidemi akut, anak yang pulih dengan ASI ibu lebih cepat pulih daripada mereka yang menggunakan antibiotik yang diresepkan untuk penyakit yang sama.

Penyakit kuning pada bayi baru lahir

Penyakit kuning pada bayi baru lahir adalah kejadian yang cukup umum. Biasanya, dimulai dengan hari ketiga kehidupan, kondisi ini terjadi karena hati bayi yang baru lahir terbatas dalam kemampuannya untuk memproses kelebihan bilirubin, produk dari penghancuran sel darah merah. Ikterus ini lewat dengan sendirinya, ketika bayi disusui, dan dikeluarkan dari bilirubin melalui tinja. Sedikit sinar matahari adalah obat terbaik dan pencegahan penyakit kuning pada bayi baru lahir.

Penyakit kuning jangka panjang yang abnormal atau tidak normal akibat ketidaksesuaian darah ibu dan bayi (perbedaan dalam golongan darah atau faktor Rh) merupakan penyebab kekhawatiran. Jika anak Anda tidak makan dengan baik, memiliki pola makan yang tidak teratur, dapat menyebabkan penyakit kuning dari ujung kepala hingga ujung kaki, hubungi dokter.

Biasanya detak jantung bayi baru lahir adalah antara 110-150 denyut per menit. Jantung tergantung pada apakah bayinya terjaga atau tertidur. Anda dapat merasakan dan mengontrol denyut nadi dengan lembut menyentuh dada bayi dengan jari-jari Anda.

Hubungan mimpi dengan bayi yang baru lahir

Seorang bayi yang baru lahir, terutama dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran, menghabiskan banyak waktu dalam mimpi. Total durasi tidur dan jumlah mimpi dalam tidur berkurang secara bertahap. Pada minggu keenam kebanyakan bayi memiliki tidur malam enam jam dan istirahat beberapa kali lebih pendek pada hari itu. Paling sering, tidur panjang terjadi pada waktu dari tengah malam hingga enam pagi.

Dari enam minggu hingga tiga bulan, jadwal sangat jelas memberi makan . Bayi akan bangun ketika dia ingin makan. Bayi baru lahir sangat membutuhkan makan malam. Mereka yang pendiam dan yang lebih terjaga di siang hari, mungkin mulai tidur sepanjang malam delapan jam atau lebih. Anak-anak yang aktif atau banyak tidur di siang hari, akan membutuhkan lebih banyak makan malam. Jika pada awal masa bayi Anda membutuhkan makan malam, maka mereka diperlukan untuk tubuhnya. Jangan menolaknya. Jika ini tidak berhenti secara alami sebelumnya, maka di antara enam dan sembilan bulan, ketika tidak ada keraguan bahwa anak itu dapat tinggal selama delapan jam tanpa makan, Anda dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan ini.

Beberapa perdebatan di antara spesialis untuk waktu yang lama tentang posisi bayi di bulan-bulan pertama kehidupan. Pendapat resmi terbaru di negara Eropa mengatakan, bahwa bayi yang baru lahir harus diletakkan di punggung atau di sisi mereka. Namun, banyak bidan negara lain percaya bahwa bayi tidur lebih baik di perut mereka. Anda harus menyelesaikan masalah ini sebelum bayi menemukan posisi yang nyaman untuk dirinya sendiri. Sebagian bayi tidur paling baik di sisi dengan bantal, diletakkan di bawah punggung untuk kenyamanan. Setidaknya setelah memberi makan bayi, lebih baik tidur di samping atau di perutnya. Dalam hal ini, jika seorang bayi memuntahkan sebagian susu, itu hanya mengalir keluar dari mulut, dan tidak ada risiko bahwa susu akan masuk ke saluran pernapasan.

Jika bayi tidur tengkurap, jangan meletakkannya di permukaan yang lembut, karena para peneliti menyebutkan, kadang-kadang menyebabkan akumulasi karbon dioksida dalam darah, yang dapat menyebabkan terhentinya pernapasan.

Di malam hari, tidak diragukan lagi, tempat yang paling nyaman untuk bayi di perut ibu atau ayah . Di sebagian besar budaya di dunia, tempat tidur keluarga umumnya diterima, ketika bayi tidur dengan orang tua. Tetapi di beberapa negara, misalnya, di Eropa, sebuah tradisi telah berkembang untuk tidur secara terpisah. Ini sepertinya lebih cocok untuk beberapa ibu. Tapi, pada dasarnya, cara tidur yang baik dengan bayi terhubung langsung dengan rumah sakit bersalin. Staf medis dari rumah sakit bersalin menetapkan memperkenalkan cara-cara berdasarkan pengalamannya sebelum ibu akan memiliki kesempatan untuk mendengarkan intuisi.

Untuk bayi yang baru lahir tentu sulit untuk kehilangan kedekatan intim bersama ibu. Anda dan bayi Anda dapat tidur lebih nyenyak jika Anda tidur di ranjang yang sama. Bayi yang tidur dengan Anda di dada atau bahu Anda, memenuhi kebutuhan sentuhan dan kasih sayang ibu. Ketika seorang anak berada di tempat tidur Anda, maka Anda dapat mendengar dengan sangat baik dan cepat memenuhi semua kebutuhannya.

Ibu menyusui dan tidur dengan bayi, biasanya dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak dan bernafas lebih berirama ketika dia mendengar detak jantung ibu. Kadang-kadang, sebelum kelahiran ibu yang lahir pertama, sulit membayangkan bahwa menempatkan anak di tempat tidur dengan dirinya dan dengan suaminya. Lalu dia juga tidak bisa membayangkan apa yang bisa berbeda. Namun dalam kasus tertentu, terkadang ada waktu ibu dan ayah membutuhkan sedikit ruang pribadi.

Jika Anda memilih tempat tidur keluarga, maka itu harusnya besar. Seorang anak kecil membutuhkan ruang. Kejatuhan bayi dari tempat tidur juga harus dicegah atau diamankan. Agar tempat tidur menjadi rendah, bantal,diletakkan di lantai dekat tempat tidur.

Untuk tidur bersama atau secara terpisah dengan anak, putuskan, dipandu oleh intuisi Anda. Tapi, setidaknya, jangan menempatkan anak di ruangan terpisah, itu tidak alami dan bahkan berbahaya, bayi yang baru lahir tidak suka kesepian.


Hubungan bayi yang baru lahir dan ibu itu unik

Selama dengan bayi yang baru lahir, banyak ibu merasa bahwa mereka mengenali anak mereka. Mereka melihat kemiripan aktivitas pranatal dan perilaku pascanatal. Meskipun semua bayi yang baru lahir adalah individu unik seperti ibu juga unik. Dengan demikian, hubungan setiap ibu si anak akan menjadi istimewa.

Merawat kembar
Menjadi ibu dari lebih dari satu bayi yang baru lahir Anda akan merasa bahagia. Satu anak itu banyak pekerjaan. Anda tidak akan cukup tidur, dan tuntutan yang diberikan pada Anda akan jauh lebih besar daripada rata-rata untuk seorang wanita pada periode pascapartum.

Permintaan bantuan dari bayi kepada ibu mutlak diperlukan. Setelah beberapa hari pertama, ingatkan teman-teman dekat Anda bahwa Anda memerlukan dukungan. Membayar semua perawatan yang diperlukan untuk anak-anak Anda, jangan lupa bahwa Anda adalah wanita yang baru lahir dan juga butuh perawatan.

Karena peregangan rahim yang kuat mengandung lebih dari satu anak, Anda mungkin mengalami pendarahan yang lebih parah, dan kontraksi postpartum dapat berlangsung lebih lama daripada wanita lain yang melahirkan satu anak.

Berjalan-jalan
Berjalan dengan bayi yang baru lahir adalah salah satu kegiatan paling menakjubkan. Selama beberapa hari pertama setelah kelahiran anak, Anda mungkin akan merasakan kebutuhan untuk jalan-jalan. Setelah kelahiran bayi yang baru lahir, disarankan untuk mengambil beberapa menit di jalan pada hari pertama, sehingga bayi dapat menyerap energi vital alam. Jalan yang menyenangkan tapi bukan mendaki sangat cocok untuk ibu dan bayinya. Seluruh keluarga bisa jalan-jalan denganmu. Jika Anda membawa suami Anda bersama Anda dan bayinya, maka berjalan saat matahari terbenam akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk memperbaharui kasih sayang.

Cara termudah dan alami untuk berjalan bersama seorang anak adalah dengan membawanya di lengan Anda. Bayi diletakkan di bagian depan agar mudah diawasi. Nyaman baik bagi Anda dan untuk anak, karena ia merasakan kehangatan ibu dan perlindungannya di tempat yang asing. Pastikan untuk memasang bayi dengan tali pengaman dengan benar untuk mencegah merangkak keluar atau jatuh.

Cara merawat bayi yang baru lahir perlu ibu ketahui sangat penting untuk membandingkan beberapa kemajuan pesat perkembangan anak. Lebih dari itu, kebutuhan bayi lainnya yang sangat penting adalah vaksinasi dan mengurus segala surat keterangan kelahiran bayi. Simpan no telpon dokter untuk antisipasi jika membutuhkan pertolongan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar