Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 07 Juli 2018

Anak dan Musik, Manfaat Penting Musik Pada Perkembangan Otak Anak hingga Remaja

Manfaat musik dan permainan musik memiliki pengaruh yang tidak dapat dihindarkan pada perkembangan otak anak. Menyanyi dan memainkan musik untuk anak adalah bagian sangat penting dalam upaya meningkatkan tumbuh kembang otak anak Anda. Anda akan menemukan musik yang hadir dalam banyak aspek kehidupan kita, beberapa pertunjukan yang menggunakan musik diantaranya: teater, televisi, film, ibadah, liburan, perayaan, dan upacara pemerintah dan militer. Di rumah, musik dapat menjadi bagian dari budaya keluarga kita, selain cara yang cerdas menjadi pengalaman balita hingga anak- anak.

Musik dan Perkembangan Otak Manusia

Sejak lahir, orang tua secara naluri menggunakan musik untuk menenangkan anak-anak, untuk mengekspresikan cinta dan kegembiraan mereka, dan untuk terlibat dan berinteraksi. Orangtua dapat membangun naluri alami ini dengan mempelajari bagaimana musik dapat memengaruhi perkembangan otak anak, meningkatkan keterampilan dalam hubungan sosial, dan memberi manfaat bagi anak-anak dari segala usia.

Musik dan Kecerdasan Otak: Manfaat Musik dalam Kehidupan Anak 

Sebuah studi 2016 di Institut Otak dan Kreativitas Universitas Southern California menemukan bahwa pengalaman musik di masa kecil dapat mempercepat perkembangan otak lebih tinggi dibanding anak yang tidak pernah mendapat terapi musik, terutama di bidang akuisisi bahasa dan keterampilan membaca. Menurut National Association of Music Merchants Foundation ( Yayasan NAMM), belajar memainkan instrumen dapat meningkatkan pembelajaran matematika dan bahkan meningkatkan nilai akedemis.

Tetapi prestasi akademik bukanlah satu-satunya manfaat dari pendidikan dan terapi menggunakan musik. Musik mengangkat semua potensi penting semua bidang perkembangan anak dan keterampilan untuk kesiapan sekolah. Beberapa hal yang dapat Anda lihat dalam intelektual, sosial dan emosional , motorik, dan bahasa secara keseluruhan. Musik membantu tubuh dan pikiran bekerja menjadi teratur dan sinkron. Mengekspos anak-anak ke musik selama perkembangan awal membantu mereka mempelajari bunyi dan makna kata-kata. Kegiatan menari yang diiringi musik, membantu anak-anak membangun keterampilan motorik. Lebih dalam lagi, selama kegiatan musik menjadi bagian hidup anak-anak, memungkinkan mereka untuk berlatih ekspresi diri. Jika musik diketahui baik untuk bayi dan anak, remaja dan orang dewasa yang memiliki mendengarkan musik membantu memperkuat kemampuan ingatan.

Satu alasan mengapa manfaat musik punya pengaruh yang sedemikian besar, mengapa musik itu penting? Teori psikologis sangat sederhana, musik memberi kita rasa sukacita.

Game musik untuk Anak yang sesuai

Pertumbuhan gawai sedemikian pesat, namun banyak aplikasi game yang beredar bebas diperuntukkan orang dewasa secara umum. Anda akan melihat begitu banyak game yang bertema kurang sesuai untuk anak-anak, dan saya kira itu tidak perlu disebutkan satu per satu, Anda dapat mencari lebih hebat dari saya.

Anak-anak dari segala usia mengekspresikan diri melalui musik. Bermain musik untuk bayi membuktikan peningkatan inteligensi dan motorik,bahkan pada usia dini, anak-anak dapat bergoyang, berjoget atau menggerakkan tangan mereka sebagai respons terhadap musik yang mereka dengar. Banyak anak-anak pra sekolah membuat lagu secara naluri dan tanpa sadar melantunkan irama musik untuk diri sendiri, bernyanyi sendiri saat mereka bermain. Anak-anak di sekolah dasar belajar bernyanyi bersama sebagai kelompok dan mungkin belajar memainkan alat musik. Anak-anak yang lebih tua menari mengikuti musik band-band favorit mereka dan menggunakan musik untuk membentuk persahabatan dan berbagi perasaan. Cobalah aktivitas dan permainan musik bersama anak-anak Anda untuk mengalami kesenangan dan pembelajaran yang menggunakan musik.

Bayi dan Musik

Bayi mengenali melodi lagu jauh sebelum mereka memahami kata-kata. Mereka sering mencoba meniru suara dan mulai bergerak ke musik yang disukai setelah mereka mampu bergerak secara fisik. Musik bisa menenangkan hati untuk bayi, terutama saat tidur. Musik yang keras dapat merangsang seorang bayi menjadi tidak suka. Nyanyikan lagu-lagu pendek yang sederhana untuk bayi dengan suara lembut. Cobalah membuat satu atau dua baris tentang kebiasaan mandi yang baik, cara berpakaian, atau cara makan dengan bernyanyi bagi mereka.

Balita dan Musik

Balita suka bergerak untuk menunjukan ekspresi menari dan keinginan berpindah mendekati musik yang disukai. Jika Anda memiliki balita dan ingin mendendangkan lagu, cari jenis musik untuk balita yang punya pengulangan lagu dan tidak terlalu rumit. Tujuannya memberi pendidikan dasar mengenali dan penggunaan kata-kata dan hafalan. Biarkan mereka mereproduksi irama dengan bertepuk tangan atau mengetuk benda untuk ekspresi.

Anak-anak prasekolah dan Musik
Anak-anak pra-sekolah suka bernyanyi. Mereka tidak sadar tentang kemampuan mereka dan sebagian besar ingin memperdengarkan suara mereka yang seperti mengaum sebagai ekspresi. Mereka menyukai lagu yang mengulangi kata-kata dan melodi, menggunakan irama dengan ketukan yang pasti dan meminta mereka untuk melakukan sesuatu. Anak-anak pra sekolah menikmati lagu anak-anak dan tentang hal yang akrab seperti mainan, binatang, aktivitas bermain, dan orang-orang. Mereka juga suka memainkan jari dan irama dengan atau tanpa iringan musik.

Anak Usia Sekolah dan Musik

Sebagian besar anak-anak usia sekolah tertarik dengan lagu-lagu yang lebih populer, anak-anak yang melibatkan cara berhitung, pengejaan, atau mengingat urutan kejadian. Anak-anak usia sekolah mulai mengekspresikan kesukaan dan ketidaksukaan mereka terhadap berbagai jenis musik. Mereka mungkin menyatakan minatnya dalam pendidikan musik, seperti pelajaran musik untuk anak-anak.

Remaja dan Musik

Remaja dapat menggunakan pengalaman musik untuk membentuk persahabatan dan memisahkan diri dari orang tua dan anak-anak yang lebih muda. Mereka sering nongkrong dan mendengarkan musik sepulang sekolah bersama sekelompok teman. Ingatlah untuk orang tua, pada masa-masa ini, remaja mulai mencari identitas untuk jati diri. Mereka memiliki minat yang kuat dalam mengambil pelajaran musik atau bermain di sebuah band. Tidak ada kerugian untuk membawa anak-anak dan musik melalui kegiatan yang menyenangkan .

Musik adalah suara pertama yang menjadi tempat bayi belajar, selain suara orang tua yang memanggil lembut dan kakak bayi yang menyatakan kasih sayangnya pada adiknya.  Manfaat musik sejak saat dilahirkan dengan menenangkan bayi dan merangsang perkembangan otak anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar