Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 25 Juli 2018

Alasan Nyamuk Suka Menggigit Orang Tertentu, Anda Perlu Tahu

Nyamuk yang berada dalam suatu ruangan, ternyata tidak sembarangan memiliki mangsanya. Mungkin Anda pernah mengalami ketika berada di suatu tempat bersama orang lain, hanya tubuhmu yang sering dikeroyok nyamuk daripada orang lain. orang lainnya. Ada beberapa penjelasan, nyamuk cenderung mengincar orang tertentu.

Mengutip laman hipwee.com menyebutkan, kedatangan nyamuk pada orang tertentu dipengaruhi beberapa alasan, salah satunya adalah aroma tubuh seseorang yang khas. Berikut orang yang memiliki ciri khusus yang menjadi nyamuk cenderung menggigit.

Alasan Nyamuk Suka Menggigit Orang Tertentu

1. Ukuran badan

Nyamuk ternyata menyenangi seseorang yang memiliki ukuran badan yang besar daripada ukuran lain. Karbon dioksida yang dikeluarkan dari tubuh ukuran besar menjadi radar nyamuk untuk mendekatinya. Kehebatan nyamuk saat mendeteksi manusia dengan karbon dioksida yang dikeluarkan berjarak 160 kaki atau 50 meter melalui organ khusus disebut maxillary palp. Semakin banyak seseorang melepas karbon dioksida, maka kawan lain dari nyamuk tersebut semakin banyak menghampiri.

2. Golongan darah

Tubuh manusia yang memiliki golongan darah berbeda-beda, menjadi salah satu penyebab nyamuk menggigit. Individu dengan golongan darah O lebih disukai nyamuk karena jenis protein dalam darahnya dianggap paling baik. Dalam penelitian Journal of Medical Entomology 2004 mengatakan, nyamuk lebih sering menggigit manusia yang memiliki golongan darah O. Terlebih lagi untuk nyamuk betina membutuhkan serum protein yang terkandung di dalam darah untuk menghidupi telurnya.

3. Keringat

Kegiatan seseorang yang melakukan pekerjaan, sering meninggalkan keringat yang tidak dibersihkan dengan mandi. Bakteri dan senyawa yang muncul dari keringat, lelah dan efek stres, membuat tubuh bereaksi mengeluarkan senyawa kimia residu selama metabolisme dan pembentukan energi. Beberapa senyawa yang dihasilkan dari keringat, seperti asam laktat, amoniak dan jenis senyawa residu lainnya memicu tubuh menjadi lebih mengeluarkan aroma. Semakin tebal lapisan senyawa residu yang menempel di permukaan kulit, semakin kuat nyamuk untuk datang menggigit.

4. Suhu dan Cuaca

Lokasi seseorang menjadi salah satu penyebab nyamuk menggigit. Nyamuk tidak menyukai suhu rendah dan memiliki minat pada tubuh yang mengeluarkan suhu tubuh lebih tinggi karena aktivitas fisik. Suhu tubuh yang tinggi memancarkan efek radiasi panas di sekitar tubuh. Oleh karena itu, pada kondisi suhu sangat tinggi seperti penyakit demam, nyamuk tidak memiliki keinginan mendekati.

5. Warna

Nyamuk mampu membedakan warna untuk dijadikan sasarannya. Oleh karena itu, warna rambut gelap, ruangan gelap dan pakaian warna gelap lebih cenderung mengundang kedatangan nyamuk.


6. Wanita hamil

Beberapa penyebab wanita hamil menjadi sasaran yang disukai nyamuk dibandingkan yang lain adalah kadar karbon dioksida. Wanita hamil mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida karena terdapat janin yang bernafas. Faktor lainnya yang membuat wanita hamil menjadi sasaran nyamuk, peningkatan metabolisme yang dialami ketika mudah berkeringat sehingga mengeluarkan residu metabolisme seperti asam laktat dan amoniak dalam jumlah lebih besar.

Ada beberapa penyebab yang menjadi ciri khusus seseorang mudah di gigit nyamuk. Untuk mengatasinya, Anda perlu memiliki kebiasaan menjaga kebersihan tubuh secara teratur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar