Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 31 Juli 2018

9 Kebiasaan Buruk Penyebab Ginjal Anda Bermasalah



Kebiasaan sehari-hari sering Anda dilakukan, umumnya dipilih karena lebih praktis dan rasa malas, tidak jarang kebiasaan tersebut akibat pengaruh gaya-gayaan yang salah. Sehingga perubahan yang mulanya tidak rutin menjadi suatu kebiasaan. Salah satu contoh dalam perubahan pola makan dan gaya hidup selain memengaruhi kesehatan jantung, pencernaan dan ginjal yang bekerja dipaksakan untuk mengembalikan fungsi utama di tubuh.

Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang menjadi penyebab utama munculnya gangguan dan penyakit ginjal. Beberapa tanda yang mudah Anda amati ketika ginjal bermasalah diantaranya :

  1. Selera makan tidak stabil
  2. Kelelahan dan kelemahan
  3. Gangguan tidur
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Gangguan buang air kecil
  7. Berkurangnya kemampuan kognitif
  8. Sering mengalami otot berkedut dan kram
  9. Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  10. Gangguan gatal terus menerus
  11. Tekanan darah tinggi
  12. Sakit dada
  13. Sesak napas.

9 Kebiasaan Buruk Penyebab Ginjal Anda Bermasalah


Selain itu, beberapa kebiasaan sehari-hari Anda yang akan memicu gangguan dan penyakit ginjal disebutkan juga, antara lain :

1. Malas minum air putih

Malas minum air putih yang menjadi kebiasaan sehari-hari mungkin belum Anda rasakan saat ini. Namun kekurangan cairan yang di butuhkan tubuh dengan sedikit minum air, akan mempengaruhi fungsi ginjal secara signifikan sehingga mengarah ke batu ginjal dan penyakit ginjal kronis.

2. Merokok

Merokok mempengaruhi pembuluh darah yang berperan dalam proses metabolisme tubuh. Jika aliran darah yang menuju ginjal terganggu, maka proses terbentuknya urine atau proses penyaringan darah di ginjal akan terhambat sehingga meningkatkan risiko kerusakan ginjal atau penurunan fungsi ginjal.

3. Terlalu banyak protein

Kebiasaan seseorang dalam menjaga berat badan tanpa pertimbangan keseimbangan seperti diet akan menganggu ginjal. Ketika melakukan diet tinggi protein dapat menyebabkan hiperfiltrasi ginjal.

4. Terlalu banyak gula

Komsumsi penambah rasa manis melalui gula adalah salah satu cara untuk membuat makanan dan minuman menjadi lebih enak. Namun saat jumlah gula yang tinggi tidak dapat Anda kontrol, hal ini dapat merusak ginjal secara serius.

5. Banyak minum soft drink

Minuman soft drink dapat memberikan rasa kesegaran. Namun ketika Anda menggunakan soft drink sebagai minuman utama untuk asupan cairan, ginjal dapat menderita dari banyaknya konsumsi soft drink, seperti soda kaya fruktosa-glukosa, dan aditif dalam diet soda. Minuman-minuman ini dapat merusak organ-organ penting dan risiko penyakit ginjal kronis.

6. Obat penghilang rasa sakit

Obat yang di jual bebas di banyak tempat memang memberikan kemudahan untuk pengobatan penyakit tertentu, namun Anda harus memperhatikan waktu yang disarankan dalam penggunaannya. Studi telah menemukan bahwa penggunaan jangka panjang obat penghilang rasa sakit meningkatkan risiko kanker ginjal.

7. Kekurangan Magnesium

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan kerusakan ginjal. Akibat makan yang tidak teratur, Anda beresiko tidak mencukupkan kebutuhan magnesium, untuk mencukupkan mangnesium yang di butuhkan tubuh, beberapa makanan yang kaya kandungan ini seperti almond, bayam, jenis kacang-kacangan dan produk gandum serta sereal.

8. Latihan ekstrim

Latihan ekstrim sering dilakukan seseorang untuk alasan tertentu, umumnya dapat dikarenakan penurunan berat badan. Saat Anda mulai mencoba cara ini, sebaiknya jangan menjadi kebiasaan olahraga, secara normal enzim otot dan mioglobin untuk orang normal adalah kisaran 100 dan 200. Latihan ekstrim dapat merusak ginjal secara serius saat serabut otot menjadi mati dan mengalirkan isinya ke dalam aliran darah.

9. Kurang tidur

Kebiasaan kurang tidur sering di sepelekan banyak orang. Ada banyak alasan yang menyebabkan mereka menunda jam tidur, seperti tugas, sulit tidur dan bermain game. Namun, ketika kurang tidur menjadi kebiasaan sehari-hari, gangguan penyakit hiperfiltrasi ginjal akan dirasakan sebagai tanda peringatan awal penyakit ginjal.

Mendapatkan kesehatan tidak harus di lakukan dengan pengeluaran yang mahal, mengubah kebiasaan sehari-hari menjadi lebih sehat adalah hal yang sangat mudah dan tidak perlu biaya mahal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar