Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Selasa, 17 Juli 2018

8 Cara Hidup Ini Berhubungan Erat Dengan umur Panjang Seseorang


Pernah dengar kalimat ini, "Saat kecil disayangi banyak orang, masa muda selalu sukses, masa tua hidup bahagia", kalimat ini mungkin pernah Anda dengar. Memperoleh umur yang panjang dengan kebahagiaan, tidak selalu identik dengan kaya raya, ada yang lebih penting daripada itu. Meski tidak ada seorangpun di dunia ini yang tahu persis lamanya mereka hidup, dengan melakukan cara yang penulis tuliskan, salah satu upaya yang diinginkan banyak orang, untuk mempunyai hidup bahagia dan panjang umur.

Mengutip laman kompas.com 2018 menyebutkan, banyak cara yang dapat di peroleh seseorang untuk hidup panjang. Namun secara umum, dari beberapa cara yang mudah dilakukan itu, justru menyokong Anda memperoleh hidup lebih lama. Apa saja itu ?

Cara Hidup Berhubungan Erat Dengan umur Panjang

1. Tidur

Menggunakan istirahat dengan baik saat tidur adalah kebutuhan yang vital. Jam tidur ideal untuk orang dewasa, umumnya membutuhkan antara 7-8 jam setiap malam. Namun, waktu tidur ini sering di sepele kan sebagian orang sehingga terjadi penurunan daya tahan tubuh untuk meredakan stres dan membuat tubuh tidak mempunyai stamina. Memperoleh tidur yang cukup adalah salah satu upaya kita untuk mendapatkan umur panjang, karena berbagai macam risiko penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, dan mencegah penuaan dini.

2. Sosialisasi dan berolahraga bersama

Hari gini, masih tidak punya teman untuk curhat ? Kemana aja lu, bro. Kemajuan teknologi memang memberi banyak manfaat pada semua bidang, namun tidak dipungkiri lagi, ada juga penurunan kualitas dan kuantitas seorang akibatnya. Salah satunya adalah kamu menjadi malas bertemu dengan orang lain secara langsung, lebih suka curhat dan bercakap-cakap dengan media sosial. Seorang yang mempertahankan gaya hidup sehat dengan intensitas tetap dalam sosialisasi, kegiatan olahraga bersama adalah bagian penting agar panjang umur.

Sosialisasi sehat dan olahraga meredakan stres dan menjauhkan dari risiko gangguan mental depresi, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu memperbaiki postur tubuh supaya terhindar dari cedera dan pegal linu.

3. Minum kopi

Memulai aktivitas pagi memang perlu persiapan yang cukup untuk tubuh sebelum Anda masuk "arena peperangan", tidak mengherankan jika beberapa orang memulai harinya dengan minum secangkir kopi hitam dan makanan ringan sebelum berangkat beraktivitas. Secangkir kopi hitam ternyata bisa bikin awet muda, antioksidan dalam biji kopi dapat membantu memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Studi yang dimuat dalam Journal of American Medical Association tahun 2000 menyebutkan, kopi membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Lebih jauh juga penelitian dari National Institutes of Health mengungkapkan, minum 2-3 cangkir kopi hitam sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis hingga sebesar 10%. Ketika Anda minum kopi hitam, sebaiknya tidak menggunakan tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsi nya pun tidak boleh berlebihan, agar tidak berbalik justru merugikan kesehatan.

4. Menghabiskan waktu bersama orang tercinta

Makin tua seseorang adalah masa yang menakut bagi beberapa manula, karena dalam ilmu sosial menyebutkan, manusia tidak bisa hidup tanpa sesamanya. Itulah interaksi sosial dan hubungan dekat dengan orang-orang sekitar bisa membuat kita lebih awet muda. Menjaga interaksi dengan orang yang Anda cintai mencegah perasaan kesepian sehingga gangguan depresi tidak muncul. Ada baiknya, jika Anda memiliki orang tua, luangkan waktu saat akhir pekan bersama. Pilih waktu santai seperti ngobrol sambil menonton TV di sofa ruang keluarga  sama bermanfaat untuk membantu orang lanjut usia mendapatkan umur panjang.

5. Makan makanan pedas

Makanan dengan rasa pedas memang punya sensasi sendiri ketika di konsumsi, namun tidak sedikit juga orang menghindari rasa pedas karena kondisi kesehatan. Seseorang yang senang makan makanan pedas adalah satu cara mendapatkan panjang umur, ungkap sejumlah penelitian internasional. Dalam penelitian dari Amerika Serikat dan Tiongkok, menemukan kelompok orang yang hampir tiap hari makan makanan pedas mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kronis hingga 13-14 persen daripada orang yang tidak suka makan cabe.

Umumnya makanan pedas ini digemari oleh wanita, manfaatnya ketika wanita hobi makan pedas, dilaporkan pada penelitian diatas akan menghindarkan mereka dari risiko kematian akibat kanker dan gangguan pernapasan. Semua manfaat makanan pedas ini datang dari kandungan capsaicinnya.

6. Isi TTS, atau main puzzle dan sudoku

Bingung memilih jenis permainan saat waktu senggang ? Mungkin Anda perlu mempertimbangkan TTS, puzzle dan sudoku. Memainkan permainan otak ini membutuhkan kejelian tingkat tinggi. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa TTS, sudoku, dan puzzle melatih otak untuk terus berpikir, menganalisis, melatih kecerdasan emosional, hingga menguji daya ingat, manfaat ketika Anda gemar bermain jenis permainan ini juga mencegah pikun sehingga mengurangi risiko demensia dan Alzheimer.

7. Hubungan Dengan Pasangan

Makin tua sering kali hubungan dengan pasangan mulai berkurang, ternyata hal ini menjadi faktor mengapa menjadi penyebab umur lebih pendek. Dilansir laman Verywell Health, seks dan sentuhan bagian penting dari kesehatan. Hubungan dengan pasanangan membantu melepaskan hormon bahagia oksitosin. Dalam tubuh, oksitosin bekerja mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, hingga mengurangi risiko kanker prostat.

8. Banyak senyum dan tertawa

Senyum menjadi cara yang mudah dilakukan, selain itu murah karena bebas melakukan di berbagai kegiatan sosial Anda. Manfaat sering tersenyum dan tertawa memiliki fungsi seperti relaksasi selama meditasi, tersenyum juga bisa menangkal efek stres. Seseorang yang sering tersenyum dan tertawa, membantu tubuh secara tidak langsung dengan melepaskan hormon endorfin dan meningkatkan mood, sehingga melancarkan aliran darah untuk kesehatan jantung.

Seberat-beratnya kesusahan yang Anda alami, jika menjalaninya seperti air yang mengalir adalah salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. Mulailah melakukan perbaikan cara hidup yang lebih baik agar Anda mendapatkan umur panjang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar