Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 04 Juli 2018

7 Penyebab Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah

Gangguan kaki yang sering terjadi pada beberapa orang adalah tumit kering dan pecah. Meski penyakit bagian kaki yang kering dan pecah adalah penyakit yang tidak terlalu serius, jika dibiarkan tanpa pengobatan, lambat laun dapat menyebar dan menimbulkan peradangan.

Beberapa penyebab tumit kaki kering dan pecah-pecah sering terjadi karena kebiasaan sehari-hari. Salah satu yang menyebabkan tumit kaki pecah dan kering diantaranya kelebihan berat badan, penggunaan bagian kaki untuk berjalan yang meningkat. Selain itu, pemakaian sepatu yang tidak sesuai dan cocok dengan situasi dimungkinkan juga membuat telapak tumit menjadi kering.

Mengutip grid.id 2017 menyebutkan, ada beberapa penyebab tumit kaki menjadi kering dan pecah-pecah, diantaranya :

Penyebab tumit kaki sering mengalami pecah-pecah dan kering


1. Kulit kering, kekurangan cairan akibat asupan air yang kurang dikonsumsi, menjadi faktor utama yang sering terjadi pada penderita. Selalu hidup teratur untuk minum air putih sesuai saran ahli kesehatan.

2. Tekanan berlebihan pada kaki, ketika penggunaan kaki berlebihan, hal ini akan membuat kekeringan pada bagian tumit menjadi pecah-pecah. Gejala dan ciri-ciri kaki yang digunakan berlebihan bisa menjadi salah satu tanda pertama bahwa kaki berada dalam masalah. Hal ini dapat memberi tekanan ekstra pada kedua kaki, sehingga menyebabkannya pecah-pecah.

3. Athlete's Foot, muncul gangguan tumit kaki yang menjadi kering dan pecah dapat karena infeksi jamur. Jamur berkembang pesat di area hangat dan lembab seperti bagian bawah kaki menyebabkan dan luka dan infeksi. Secara umum, penyakit ini menular dan timbul melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi atau kontak tidak langsung dengan hal-hal seperti kaus kaki, sepatu, dan sebagainya.

Sel Kulit Mati Menyebabkan Tumit Kaki menjadi Kering


4. Psoriasis, suatu kondisi terjadi akibat penumpukan sel kulit mati menjadi kerak, lapisan bisa menyebabkan pecah-pecah level sedang pada bagian tumit kaki.

5. Eksim: Kondisi ini digunakan untuk menggambarkan pembengkakan kulit dari berbagai jenis. Eksim menyebabkan kulit kering, merah, gatal dan pecah-pecah. Faktor-faktor seperti stres, sabun, alergi makanan dan cuaca bisa menjadi pemicu untuk kondisi ini.

6. Juvenile Plantar Dermatosis gangguan masalah kulit dominan terjadi pada kaki tumit anak. Beberapa gejala ketika anak memiliki masalah kulit kaki dengan kondisi kulit mengkilap, kaki berkeringat dan menyenangi alas kaki sandal terbuka. Menggunakan sandal terbuka yang tidak berjalan dengan sempurna meningkatkan gesekan dengan permukaan lain sehingga kaki kering dan pecah.

7. Sinar matahari, paparan sinar ultra-violet lebih umum menyebabkan gangguan kulit. Kebiasaan di luar ruangan yang tidak menggunakan tabir surya, menjadi penyebab bkan kulit merah dan sakit hingga kulit kaki terkelupas setelah beberapa hari, sehingga menyebabkan tumit pecah-pecah.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar