Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Rabu, 04 Juli 2018

7 Makanan dan Minuman Merusak Kesehatan Gigi

Makanan dan minuman ketika dikonsumsi, sering berhubungan erat pada kesehatan. Sama seperti pada gigi Anda, banyak orang akan menjaga kesehatan gigi untuk alasan penampilan dan kepercayaan diri.

Penampilan gigi sehat selalu menjadi prioritas ketika Anda terhubung dengan banyak orang, mulai dari kebersihan gigi dan mulut hingga menggunakan obat kumur anti kuman khusus gigi. Selain itu, makanan dan minuman yang menjadi konsumsi sehari-hari, memberikan pengaruh yang sangat besar pada tampilan gigi sehat alami.

Mengutip laman Mouth Healthy mengatakan , dari banyak sumber makanan dan minuman, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman memiliki resiko merusak gigi. Terlebih lagi, makanan dan minuman ini sering menjadi pilihan beberapa orang. Jenis makanan dan minuman yang perlu Anda hindari untuk memperoleh gigi sehat dan kuat.

Kenali Makanan dan Minuman Merusak Kesehatan Gigi


1. Es batu
Es batu sering menjadi pelengkap saat minum, walau dalam segelas es batu tidak mengandung kalori, beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mengunyah es batu. Keinginan mengunyah es batu dapat memicu kerusakan gigi. Bentuk es batu yang keras dan dingin ketika masuk kedalam mulut akan merusak enamel atau email yang melapis gigi. Kebiasaan yang merusak gigi akibat es batu  dapat membuat gigi sensitif dan berlubang.

2. Jeruk
Jeruk adalah buah-buahan yang populer dalam masyarakat. Dengan rasa manis dan campuran asam dalam buah jeruk, dapat mengikis enamel gigi. Konsumsi jeruk secara menganggu kesehatan gigi sehingga rentan terhadap pembusukan. Selalu menetralisir konsumsi jeruk, baik yang dimakan secara langsung maupun dengan bentuk jus. Caranya : kombinasi makanan jeruk dengan kebiasaan penggunaan air putih sebagai pembersih gigi dan gusi saat selesai makan jeruk.

Lonjakan kafein yang menempel pada gigi 


3. Kopi
Popularitas kopi sangat luas sebagai minum kafein tinggi. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita sering bertemu dengan banyak orang yang suka minuman kopi. Namun jika Anda ingin kesehatan  gigi selalu terjaga dengan baik, batasi minuman kopi sesuai anjuran pakar kesehatan. Rusaknya gigi dari kebiasaan minuman kafein tinggi akan memengaruhi penampilan gigi. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan setelah minum kopi, selalu berkumur dengan air putih dengan tujuan menghilangkan sisa-sisa kafein yang menempel pada gigi dan gusi. Orang yang malas membersihkan penumpukan kafein dapat membuat gigi menjadi warna kekuning-kuningan.

4. Buah-buahan kering
Buah-buahan kering secara umum telah mengalami proses pengolahan dan ditambah pemanis lain. Dalam penjualan buah kering yang sering ditemukan memiliki tekstur yang lembek dan lengket, akibatnya makanan ini menempel pada sela-sela gigi, sehingga bila tidak dibersihkan akan membuat gigi berlubang dan membentuk plak atau karang gigi. Cara yang ampuh ketika Anda selesai makan buah olahan, segera berkumur atau bersihkan dengan benang gigi.

Makanan tidak sehat selain merusak kesehatan gigi, harus seimbang dengan air putih.


5. Keripik kentang
Jenis makan ringan seperti keripik kentang, banyak digunakan sebagai konsumsi gurih, camilan satu ini menjadi teman sejati ketika Anda sedang menonton televisi hingga larut malam. Keripik kentang kaya kandungan pati sehingga mudah menempel pada gigi.

6. Minuman soda
/kesegaran dan sensasi unik ketika Anda minum minuman soda. Namun, beberapa  bakteri dan kuman pemicu plak berkembang biak dan menyerang enamel gigi.

7. Minuman energi
Minuman penambah energi sering membantu meningkatkan kebutuhan yang diperlukan energi.  Menurut The American Academy of Pediatrics, minuman energi memang dapat membantu atlet agar tetap segar dan berenergi. Namun pada beberapa kasus, minuman jenis ini juga dapat memperburuk pengikisan pada enamel gigi.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar