Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Senin, 02 Juli 2018

6 Mitos Yang Banyak Dikatakan Pada Ibu Hamil

6 Mitos Yang Banyak Dikatakan Pada Ibu Hamil - Mitos yang berhubungan dengan ibu hamil di Indonesia cukup banyak, hal ini tentu terkait dengan adat, budaya dan yang pernah dikatakan orang tua sebelumnya, selain itu, beberapa mitos sering diperoleh dari pembicaraan dengan orang lain.

Banyak mitos-mitos berkembang di Indonesia yang secara garis besar adalah larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil dengan karena alasan dan terkadang tidak disertai alasan. Misalnya dalam suatu pertemuan dan melihat ibu hamil, sering ada orang hanya mengatakan jangan begini atau jangan begitu tanpa memberikan alasannya. Mungkin beberapa mitos tertentu sering diperdengarkan ketika menjumpai ibu hamil.

Ibu Hamil Sering Mendengar Beberapa Mitos, Ketahui Faktanya


Mitos Yang Perlu Ibu Hamil Ketahui


Dilansir dari laman www.bbc.com Jan 2, 2018, menyebutkan mitos yang berhubungan dengan ibu hamil adalah :

1. Ibu hamil dilarang creambath

Nasihat yang sering dikatakan beberapa orang ketika melihat ibu hamil adalah tentang larangan melakukan creambath.

Creambath adalah perawatan rambut menggunakan krim. Krim yang digunakan dalam creambath berasal dari bahan yang mengandung nutrisi untuk kepala dan kulit kepala. Selain menambah gizi untuk kesehatan rambut, creambath juga dapat melembutkan rambut dan memberikan efek enteng pada rambut dan kulit kepala.

Jika ibu hamil ingin melakukan perawatan rambut selama bahan yang digunakan aman dan alami, tentu bukan sesuatu yang harus dihindari.

2. Hubungan intim dapat menyebabkan keguguran

Melakukan hubungan intim dengan pasangan sering dilarang untuk ibu hamil. Menurut beberapa sebab dan akibatnya, hal ini berpotensi menyebabkan keguguran.

Mengutip laman hellosehat.com saat menjelaskan hubungan intim pada masa ibu hamil mempunyai penjelasan yang berbeda, seperti berhubungan intim saat hamil mempunyai banyak manfaat psikologis dan fisik. Berhubungan intim di masa kehamilan juga tidak akan membuat ibu hamil mengalami kelahiran prematur. Bahkan beberapa peneliti menyebutkan, bahwa wanita yang berhubungan seks secara teratur saat hamil mungkin dapat mengurangi kemungkinan untuk melahirkan prematur. Jika ibu hamil mendapatkan titik puncak saat melakukan hubungan menyebabkan kontraksi rahim, gejala ini bersifat sementara, tetapi tidak berbahaya. Selain itu disebutkan ketika ibu hamil medapatkan titik puncak, sangat berhubungan dengan peluang yang lebih rendah untuk melahirkan lebih awal.

4. Jika masa hamil senang daging artinya bayi yang dikandung laki-laki, sebaliknya kalau suka makan sayur bayinya perempuan

Mungkin ibu hamil pernah mendengar tentang konsumsi makanan tentang daging dan sayuran ketika positif mengandung. Ternyata mitos ini sama sekali tidak benar, karena jenis kelamin janin dalam perut ibu hamil dari kromosom X dan Y saat sperma dan sel telur bertemu. Jadi makanan yang ibu hamil makan daging dan sayuran selama kehamilan tidak dapat merubah jenis kelamin yang ada dalam kandungan.

6. Minum air kelapa muda saat hamil untuk mendapat bayi putih bersih

Nasehat yang mengatakan tentang anjuran ibu hamil untuk minum air kelapa agar mendapat bayi putih bersih kurang tepat. Pada masa ibu hamil yang sudah mengandung bayi, perubahan kulit putih bersih tidak diperoleh dari makanan dan buah-buahan. Jenis dan warna kulit tergantung dari gen orang tua.

Di Indonesia ada banyak mitos yang bercampur aduk dengan fakta, namun tidak jarang beberapa mitos yang sering diperdengarkan kepada ibu hamil tidak berkaitan sama sekali untuk masa mengandung. Selama ibu hamil tetap menjaga kesehatan dan rutin melakukan pemeriksaan dalam masa hamil, hal ini akan mempermudah deteksi kelainan dan membuat kelahiran aman.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar