Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 22 Juli 2018

6 Cara Memberi Makanan Untuk Bayi, Bunda Perlu Baca

Memberi makan untuk bayi sering meciptakan kelucuan kecil dan terkadang membuat ibu sedikit mengelus dada, terlebih sudah berusaha dengan berbagai cara, namun tidak berhasil. Saat bayi menginjak usia 6 bulan lebih, umumnya proses pengenalan makanan tambahan sudah diterapkan.

Mengutip laman theasianparent.com menyebutkan, ASI sebagai asupan penting untuk bayi harus tetap berjalan seperti biasa. Proses memperkenalkan makanan padat pendamping selain ASI, selain untuk memberi manfaat tambahan, juga proses belajar untuk merasa jenis rasa makanan.

6 Cara Memberi Makanan Untuk Bayi

6 cara yang perlu Bunda ketahui saat memberi makanan padat untuk bayi, sehingga acara makan bersama buah hati semakin menyenangkan.

1. Bunda perlu memperkenalkan tentang makanan yang ada di sendok menggunakan kosa kata simpel, tujuannya untuk memberitahu makanan yang akan di makan.

2. Saat menyuap makanan ke mulut bayi, Bunda perlu memberi kesempatan pada bayi untuk merasakan makanan tersebut. Caranya dapat dimulai dengan menyentuhkan makanan di ujung sendok pada bibir bayi.

3. Rasa yang di sukai bayi saat makan makanan yang Bunda berikan, maka dapat memberi suapan berikutnya dengan mendekatkan makanan ke bibir bawah bayi, lalu masukkan perlahan dengan gerakan sisi kiri atau kanan mulut bayi.

4. Selama acara makan berlangsung, Bunda dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dengan bermain atau bercakap-cakap dengan bayi. Sehingga proses makan tidak monoton.

5. Bayi yang sudah kenyang akan memberi respon penolakan pada suapan makanan berikut. Meski makanan masih banyak, jangan memaksa membuka mulut bayi atau menjejalkan makanan secara paksa. Hal ini beresiko pada psikologis bayi menjadi trauma untuk makan.

6. Pada kondisi tertentu, Bunda dapat mengajarkan bayi untuk makan  sendiri. Biasanya dapat dilakukan saat bayi mampu duduk dengan baik. Meski cara makan bayi membuat tempat menjadi berantakan, cara melatih makan bayi seperti ini akan membuat mereka nyaman untuk makan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar