Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Sabtu, 14 Juli 2018

5 Bahaya Sendal Jepit Untuk Kesehatan


Alas kaki seperti sandal jepit ini memang sangat populer di gunakan di Indonesia. Selain praktis saat akan dipakai, menggunakannya juga lebih cepat dibandingkan dengan sepatu. Perlengkapan untuk alas kaki jenis sandal, mungkin hampir dimiliki semua orang, umumnya di gunakan untuk berjalan santai. Tujuan penggunaan sandal selain untuk menjaga telapak kaki dari kotoran atau kemungkinan terinjak benda tajam, fungsi lainnya ketika Anda menggunakan sandal dapat mencegah kadas kurap jika sering menginjak tanah lembap. Namun, dalam dunia kesehatan, terlalu sering menggunakan sandal, ternyata membawa beberapa resiko kesehatan. Apa saja gangguan kesehatan yang dapat muncul dengan menggunakan sandal terlalu lama.

Bahaya menggunakan sandal pada kesehatan kaki


Dilansir dari laman hellosehat menjelaskan, beberapa bahaya yang muncul ketika Anda menggunakan sandal sebagai alas kaki terlalu sering.

1. Kaki terkilir
Pernah mendapatkan kaki terkilir atau keseleo dalam perjalanan ? Ketika alas kaki menggunakan sandal, ternyata dapat membuat faktor pegal dan terkilir atau keseleo meningkat. Ketika sol sandal jepit yang mempunyai permukaan datar dan rata, salah satu penyebab struktur ini tidak mendukung lengkungan kaki Anda. Ini akan menyebabkan bagian depan kaki refleks mencengkeram ke tengah tubuh daripada tetap lurus supaya posisi sendal tetap mantap selama dipakai berjalan. Akibatnya, ada perpindahan tekanan pada kaki dan tingkat keseleo lebih besar karena pergelangan kaki cenderung memutar ke dalam atau keluar.

2. Tumit dan telapak kaki sakit
Permukaan rata yang ada pada bagian bawah, seperti sol sandal membuat tumit sakit. Tumit tidak disangga dengan alas kaki yang tepat akan merangsang bagian urat-urat tendon telapak kaki tertarik dan menyebabkan peradangan. Peradangan inilah akan terasa sakit dibagian tumit ketika Anda menapakkan kaki di lantai. Bagian kaki lain yang sama beresiko jika penggunaan sandal berlebihan adalah telapak kaki atas rentan nyeri dan membengkak.

3. Rentan terluka
Bahan dasar karet yang digunakan sebagai sol sandal lebih mudah menipis karena gesekan pada permukaan tanah dan aspal. Semakin tipis sol sandal akan memudahkan obyek tajam menembus menusuk telapak kaki.

Tingkat cengkeram antara alas kaki dan sandal biasanya lebih licin, terlebih lagi jika terkena air dan keringat. Hal ini dapat menyebabkan lecet pada tumit atau ujung-ujung jari.

4. Risiko kecelakaan mobil
Mengendarai kendaraan seperti mobil, bagian kaki membutuhkan ketepatan untuk menginjak gas dan rem dengan sempurna. Hindari menggunakan sandal ketika Anda menyetir mobil atau kendaraan lainnya. Permukaan sol sandal yang cenderung memiliki tingkat licin lebih besar dibandingkan sepatu dapat membuat kaki tidak sempurna saat menginjak pedal gas atau rem.

5. Mengubah postur tubuh dan gaya jalan Anda
Penelitian tahun 2008, para peneliti dari Universitas Auburn menemukan bahwa memakai sandal jepit benar-benar bisa mengubah gaya dan postur berjalan manusia. Perubahannya bahkan bisa permanen. Sol sandal datar dan tidak mengikuti lekuk alami kaki membuat telapak kaki rata.

Bahaya menggunakan sandal untuk waktu lama bukan hanya dialami diri sendiri, namun dapat berefek pada orang lain. Terutama mengendarai kendaraan di keramaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar