Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 15 Juli 2018

3 Cara Alami Cerahkan Kulit Belang "Zebra" Akibat Panas



Banyak dan sedikitnya sinar matahari yang diterima kulit adalah salah satu penyebab alasan kesehatan. Seperti negara tropis dengan tingkat sinar matahari selalu bersinar sepanjang tahun, memberikan banyak kesempatan sinar matahari mengenai kulit secara langsung. Akibatnya, jika permukaan kulit tidak terjaga dengan krim khusus untuk sinar matahari dan berlangsung terus menerus, hal ini akan membuat kecerahan kulit berubah dan condong menjadi belang seperti kulit hewan zebra.

Seorang yang mempunyai aktivitas tinggi di jalan raya seperti driver online, gojek dan grabbike adalah sosok yang selalu bergelut bersama sinar matahari secara langsung. Driver gojek dan grabbike yang bekerja sepanjang hari, dengan intensitas tinggi saat siang hari, memiliki resiko tinggi pada perubahan kulit mudah belang.

Kulit awalnya warna kuning langsat atau cokelat muda pun bisa menjadi gelap atau gosong akibat setiap hari tersiram sinar panas matahari. Hampir setiap orang pernah mengalaminya, apalagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Lalu, apa yang sebenarnya menyebabkan kulit gosong kalau sering terpapar sinar matahari? Kalau sudah telanjur gosong, bisakah kulit hitam akibat sinar matahari ini kembali ke warna aslinya?

Perbedaan kulit terbakar matahari (sunburn) dan kulit hitam gosong akibat paparan matahari
Berada di bawah sinar matahari langsung bisa memberikan berbagai dampak bagi tubuh, terutama kulit yang menjadi lapisan pertama pelindung tubuh Anda. Kelamaan berada di bawah sinar matahari berisiko menyebabkan kulit terbakar matahari. Kulit yang terbakar matahari akan berubah berwarna kemerahan. Hal ini biasanya disertai dengan rasa gatal, panas, atau perih di permukaan kulit. Beberapa orang bahkan kulitnya akan melepuh. Jika sengatan mataharinya sangat kuat, Anda bisa merasa pusing, sakit kepala, gemetar, hingga demam.

Berbeda dengan kulit yang terbakar matahari, kulit gosong adalah kondisi kulit hitam yang biasanya terjadi secara berangsur-angsur. Misalnya, setiap hari Anda berangkat ke kampus atau kantor berjalan kaki atau naik sepeda motor. Meskipun Anda hanya berada di bawah sinar matahari selama beberapa menit dan sengatannya tak begitu kuat, kulit yang tak terlindungi akan tetap bereaksi. Kulit gosong biasanya tidak disertai dengan gangguan lain pada tubuh atau kulit. Namun, kulit gosong biasanya akan tampak lebih kering dan kusam dibanding bagian kulit lain yang tidak terlalu sering terkena sengatan matahari.

Mengapa kulit jadi lebih gelap jika terpapar sinar matahari?

Sinar matahari terdiri dari tiga jenis radiasi ultraviolet (UV), yaitu UVA, UVB, dan UVC. Radiasi UVC tidak bisa menembus atmosfer Bumi, sementara UVA dan UVB bisa menembus hingga lapisan kulit dan rambut manusia. Kedua radiasi tersebut berdampak buruk pada kulit dan rambut karena bisa menyebabkan mutasi DNA, menyebarkan radikal bebas, bahkan memicu kanker kulit.

Untuk melindungi tubuh dari UVA dan UVB yang berbahaya, pigmen bernama melanin akan diproduksi untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel yang terganggu oleh radiasi, khususnya dari UVA. Pigmen melanin yang diproduksi akan mengubah warna kulit Anda jadi lebih gelap dan tampak seperti gosong. Ini karena pigmen tersebut memiliki warna dasar yaitu cokelat kehitaman. Maka, sesungguhnya bukan sinar matahari yang membuat kulit Anda gosong, melainkan tubuh Anda sendiri.

Semakin sering Anda terpapar sinar matahari, semakin banyak sel kulit yang terganggu. Hal ini kian memicu produksi melanin yang akan melawan efek radiasi UVA. Proses ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Inilah mengapa kulit gosong atau belang baru bisa terlihat setelah beberapa hari, minggu, atau bulan.


Mengatasi kulit hitam dan belang akibat sinar matahari

Karena biasanya kulit Anda yang kena sengatan matahari tidak merata pada seluruh kulit tubuh, Anda pun akan tampak belang. Untuk beberapa orang, tampil dengan kulit belang bisa memengaruhi kepercayaan diri. Padahal untuk mencerahkan kembali kulit seperti warna aslinya bukanlah hal yang mudah. Perawatan yang bisa mencerahkan warna kulit biasanya tidak murah dan memakan waktu yang lama. Namun, Anda bisa merawat dan mencerahkan kembali kulit gosong dengan treatment alami di rumah. Karena berasal dari bahan-bahan alami, efeknya pun lebih cepat dan harganya juga lebih terjangkau daripada membeli berbagai produk kecantikan.

Cara Mencerahkan Kulit Belang 

1. Masker timun dan lemon

Bahan yang dibutuhkan

  1. 1 bh Mentimun ukuran sedang
  2. 2 sdm air lemon
  3. 1 bh kunyit ukuran sedang
  4. Wadah penampung
  5. Waktu penggunaan yang baik saat malam akan tidur


Cara menggunakan

  • Hancurkan mentimun dan kunyit sampai lembut dalam blender dan campurkan dengan kira-kira 2 sendok air perasan lemon. Aduk sampai rata. Oleskan pada area kulit gosong atau yang sering terpapar sinar matahari. Diamkan selama 20 menit dan bilas bersih dengan air sesudahnya. 

2. Masker lidah buaya

Bahan yang diperlukan

  1. 1 bh lidah buaya ukuran sedang
  2. Wadah penampung
  3. Waktu penggunaan yang cocok saat malam akan tidur
Cara menggunakannya
  • Potong bagian batang lidah buaya untuk endapatkan gel yang keluar, jika gel cukup untuk mengoleskan pada permukaan kulit, oleskan getah lidah buaya pada kulit gosong Anda dan diamkan selama semalaman. Bilas bersih di pagi hari.

3. Masker susu dan oatmeal

Bahan yang diperlukan
  1. susu cair segar
  2. oatmeal
  3. wadah penampung
  4. Waktu penggunaan yang cocok saat malam
Cara menggunakannya
  • Campur bubuk oatmeal dan susu cair segar secukupnya sampai adonannya dapat digunakan untuk masker di kulit. Jangan terlalu encer untuk menghindari berjatuhan di lantai, juga jangan terlalu padat, agar bisa digunakan pada area kulit lebih luas.
  • Oleskan pada kulit belang dan diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum Anda bilas bersih. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar