Ponsel Terbaru

Blog info singkat ponsel terbaru, berita kesehatan dan gaya hidup kekinian

Minggu, 01 Juli 2018

12 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak manfaat buah pepaya yang dapat digunakan sebagai bahan perawatan dan kesehatan, beberapa kelebihannya seperti melancarkan pencernaan. Lebih dari itu, pepaya menyimpan manfaat lainnya. Jenis tanaman buah pepaya banyak disekitar kita, hal ini disebabkan buah pepaya sering menjadi menu yang dinikmati dalam suasana apapun. Dari pepaya yang masih muda yang dijadikan rujak dan asinan, ketika kondisi matang pun pepaya dapat dimakan langsung.

Komposisi Kandungan Lengkap Gizi Buah Pepaya
Dalam 1 buah pepaya yang memiliki ukuran sedang, diperkirakan mengandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, 18 gram gula, dan 2 gram protein. Selain itu, pepaya adalah buah sumber vitamin C seperti jeruk. Kandungan pepaya secara lengkap terdiri dari :
folat
vitamin A
magnesium
tembaga
asam pantotenat
fiber.3
vitamin B
alfa
beta karoten
lutein
zeaxanthan
vitamin E
kalsium
kalium
vitamin K
lycopene

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Konsumsi pepaya secara teratur bagi kesehatan akan meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Seperti kita tahu, konsumsi buah-buahan dan sayuran dari berbagai jenis, telah lama dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit akibat perubahan gaya hidup. Sejumlah penelitian menunjukkan, peningkatan konsumsi makanan nabati seperti pepaya, akan mencegah risiko gangguan kesehatan, lebih dari itu Anda akan mendapatkan kecantikan kulit.

Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan

1. Anti inflamasi
Manfaat papaya sangat disarankan untuk penderita arthritis, osteoporosis, edama, buah pepaya dapat menghilangkan rasa sakit karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat mencegah kanker.

2. Menguatkan sistem imun
Komposisi vitamin C dan vitamin A terdapat dalam pepaya, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.

Manfaat Pepaya Untuk Tulang

3. Menyehatkan tulang
Makan pepaya salah satu cara mencegah kekurangan asupan vitamin K. Masalah yang dapat muncul ketika seseorang kekurang vitamin K antara lain patah tulang. Dengan konsumsi buah pepaya secara teratur untuk mencukupi kebutuhan vitamin K, secara langsung akan membuat tulang lebih berisi akibat protein matriks tulang dan penyerapan kalsium yang lebih lancar.

4. Pengobatan Penderita Diabetes
Penelitian menunjukkan penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid dan insulin. Dengan 1 buah pepaya ukuran sedang, menyediakan sekitar 4,7 gram serat.

5. Mencegah Penyakit jantung
Dalam buah pepaya yang memiliki kandungan serat, kalium dan vitamin membantu tubuh untuk mencegah penyakit jantung. Buah pepaya yang meningkatan asupan kalium dengan penurunan asupan natrium, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

Manfaat Pepaya Untuk Pencernaan

6. Pencernaan
Seperti yang banyak diketahui, buah pepaya adalah salah satu cara efektip untuk melancarkan proses pembuangan akhir. Hal ini karena pepaya memiliki enzim yang baik membantu pencernaan yaitu papain,. Beberapa fungsinya membantu pencernaan, juga untuk melunakkan.

7. Mencegah Degenerasi Makula
Senyawa eaxanthin antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar cahaya biru berbahaya.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka
Proses penyembuhan luka dengan pepaya memiliki kelebihan untuk mencegah infeksi daerah luka bakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep.

9. Pencegahan Asma
Gangguan saluran pernapasan seperti asma dapat menggunakan pengobatan tradisional dengan pepaya. Lakukan secara rutin dengan konsumsi pepaya mampu membantu meningkatkan nutrisi.

Manfaat Pepaya Untuk Berat Badan

10. Mengurangi Berat Badan
Mendapatkan tubuh ideal dengan menjaga berat badan seimbang dapat menggunakan pepaya muda. – Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

11. Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan
Selain memberikan efek yang baik terhadap kesehatan fungsi tubuh, terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan seperti berikut :

12. Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat. Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Artikel ini bukan karya jurnalistik atau bentuk penelitian dan merupakan pendapat pribadi. Untuk informasi detail, silahkan melakukan konsultasi dengan tenaga ahli agar mendapatkan bantuan lebih lanjut. =========

Tidak ada komentar:

Posting Komentar